Baru Dilantik, Ini Besaran Gaji Anggota DPR Periode 2019-2024?

Dinar | Selasa, 1 Oktober 2019 12:48
Baru Dilantik, Ini Besaran Gaji Anggota DPR Periode 2019-2024?

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Ratusan wakil rakyat siap mengemban tugas selama lima tahun ke depan.

Dream - Anggota DPR periode 2019-2024 resmi dilantik, Selasa 1 Oktober 2019. Sebanyak 575 anggota DPR diambil sumpah jabatan untuk mengemban tugasnya selama lima tahun.

Sebagi lembaga kelengkapan negara, penghasilan dan tunjangan anggota DPR didapat dari alokasi anggaran yang masuk ke APBN. Berapa gaji pokok yang diterima oleh anggota DPR?

Besaran gaji pokok anggota DPR tertuang dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 75 Tahun 2000 tentang Gaji Pokok Pimpinan Lembaga Tertinggi/Tinggi Negara dan Anggota Lembaga Tinggi Negara serta Uang Kehormatan Lembaga Tertinggi Negara.

Peraturan itu memuat upah pimpinan dan anggota lembaga tertinggi, seperti Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), serta Mahkamah Agung (MA).

Gaji pokok yang diterima oleh ketua MPR, DPR, DPA, BPK, dan MA sebesar Rp5,04 juta.

Gaji wakil ketua MPR, DPR, DPA, BPK serta wakil ketua MA dan wakil ketua majelis sebesar Rp4,62 juta.

Ketua muda MA akan mendapatkan gaji pokok sebesar Rp4,41 juta per bulan.

2 dari 6 halaman

Bagaimana dengan MPR?

Untuk anggota DPR, gaji pokok yang diterima sebesar Rp4,2 juta. Angka ini sama dengan anggota DPA, BPK, dan hakim anggota MA.

 Bagaimana dengan MPR?

Anggota MPR akan mendapatkan uang kehormatan sebesar Rp1,75 juta per bulan. Uang ini akan diberikan kepada anggota MPR yang tak merangkap sebagai anggota DPR. 

3 dari 6 halaman

575 Anggota DPR RI Resmi Dilantik, Ini Daftarnya

Dream - Sebanyak 575 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) terpilih menjalani pengucapan sumpah jabatan. Prosesi ini dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung, Hatta Ali.

" Apakah saudara-saudara bersedia disumpah atau berjanji menurut agama saudara?" tanya Hatta dalam sidang Pengambilan Sumpah Anggota DPR RI di Komplek Senayan, Jakarta, Selasa 1 Oktober 2019.

Seluruh anggota DPR terpilih serentak menjawab " bersedia" . Hatta kemudian memimpin pengucapan sumpah yang salah satunya berisi komitmen mengatakan kepentingan negara.

" Mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara daripada kepentingan pribadi, seseorang dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan, aspirasi rakyat yang saya wakili, untuk mewujudkan tujuan nasional, demi kepentingan bangsa, dan menjaga kesatuan Republik Indonesia," ucap Hatta diikuti seluruh anggota DPR yang dilantik.

Usai pengucapan sumpah, para anggota DPR menjalankan secara simbolik prosesi penandatanganan sumpah janji. Berkas tersebut juga ditandatangani oleh Ketua MA dan rohaniwan masing-masing agama.

Usai pengucapan sumpah ini, para anggota DPR terpilih resmi menjalankan tugas sebagai wakil rakyat. Mereka akan bertugas dalam masa bakti 2019-2024.

4 dari 6 halaman

Ini Anggota DPR Termuda dan Tertua

Dream - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) terpilih dalam Pemilu 2019 menjalani prosesi pelantikan hari ini, Selasa 1 Oktober 2019. Prosesi pelantikan dilaksanakan dalam rapat yang dipimpin oleh pimpinan sementara.

Dikutip dari Liputan6.com, pimpinan DPR sementara diisi oleh Abdul Wahab Dalimunthe selaku Ketua. Sedangkan bertindak sebagai Wakil Ketua sementara yaitu Hillary Brigitta Lasut.

Abdul Wahab Dalimunthe merupakan anggota DPR terpilih tertua untuk periode 2019-2024. Anggota parlemen dari Partai Demokrat Daerah Pemilihan Sumatera Utara 1 ini berusia 80 tahun.

 Abdul Wahab Dalimunthe

Abdul Wahab Dalimunthe, anggota DPR RI tertua (Foto: demokrat.or.id)

Abdul Wahab memiliki rekam jejak panjang dalam dunia politik. Dia duduk di kursi parlemen pada 2009-2014 dari Fraksi Demokrat Dapil Sumut 1.

Pada 2017-2019, Abdul Wahab kembali ke Senayan setelah tidak terpilih. Dia berkiprah lagi di DPR menggantikan Ruhut Sitompul.

Sedangkan Hillary Brigitta Lasut adalah anggota DPR terpilih termuda pada periode 2019-2024. Hillary merupakan politisi Partai Nasdem Daerah Pemilihan Sulaesi Utara, berusia 23 tahun.

 Hillary Brigitta Lasut

Hillary Brigitta Lasut, anggota DPR RI termuda (Foto: Instagram/@hillarylasut)

Hillary cukup muda namun tidak asing dengan dunia politik. Dia adalah putri dari Bupati Kepulauan Talaud periode 2004-2009 dan 2009-2012, Elly Enggelberd Lasut.

Sumber: Liputan6.com

5 dari 6 halaman

Dilantik Jadi Anggota DPR, Penampilan Mulan Jameela Jadi Sorotan

Dream - Mulan Jameela menjalani pelantikan sebagai anggota DPR, Selasa 1 Oktober 2019. Dia terpilih dari Partai Gerindra.

Mulan tiba di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, pukul 07.45 WIB. Dia ditemani asisten dan anak perempuan sulungnya, Tiara.

Mulan terlihat mengenakan Baju Adat Bugis, Sulawesi Selatan, karya Didiet Maulana. Tema baju yang digunakan bernuansa kekuningan.

" Ini kan semua pake baju nasional kan. Kebetulan pakai baju bodo, karena konsepnya juga sesuai, ini kan bajunya gombrong-gombrong," kata Mulan, dikutip dari .

Saat ditanya awak media, Mulan Jameela enggan berbicara banyak. Dia hanya mengaku siap untuk dilantik.

" Insyaallah (siap)," kata istri Ahmad Dhani tersebut.

6 dari 6 halaman

Mulan Jameela Teleponan Saat Wawancara, Pewarta: Mba, Teleponnya Mati

Dream - Mulan Jameela baru saja mengikuti Pembekalan Materi 4 Pilar anggota MPR RI 2019-2024 di Gedung Nusantara IV MRP RI, Minggu 29 September 2019 kemarin. 

Mulan tampak hadir dengan gamis merah muda dan hijab berwarna kuning keemasan. Saat keluar ruangan, awak media sudah menunggu Mulan untuk melakukan sesi wawancara.

Namun istri Ahmad Dhani sibuk menelepon di depan awak media. Uniknya, saat bertelepon itu salah satu pewarta mendapati ponsel ibu empat anak itu mati.

 mulan jameela

Foto : Merdeka.com

" Mba, itu teleponnya sudah mati," kata salah satu pewarta, dikutip Dream dari Merdeka.com, Senin 30 September 2019.

Mulan langsung menjawab sambil tersenyum. " Ya, Allah," ucapnya.

Diketahui Mulan Jameela menjadi anggota DPR menggantikan dua koleganya dari Partai Gerindra, Ervin Luthfi dan Fahrul Rozie, mewakili Dapil Jabar XI. 

(Sumber: Merdeka.com)

Terkait
Reaksi Mainaka yang Bikin Nia Ramadhani Menangis
Join Dream.co.id