Baru Terima Warisan? Begini Cara Simpan Biar Awet

Dinar | Selasa, 27 Maret 2018 08:15
Baru Terima Warisan? Begini Cara Simpan Biar Awet

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Jangan sampai menguap percuma.

Dream – Sahabat Dream, pasti pernah mendengar istilah Orang Kaya Baru alias OKB. Mereka kaya mendadak setelah mendapatkan segepok uang karena sesuatu yang tak terduga. 

Durian runtuh itu biasanya muncul lewat berbagai salah. Ada yang mendapat uang karena jadi korban penggusuran, yang lain mendapat tambahan rezeki dari warisan.

Biasanya “ barang” yang diwariskan orang tua kepada anak itu bermacam-macam. Ada uang, tanah, rumah, apartemen, bisnis, sampai saham.

Materi warisan yang banyak, kalau tidak dikelola dengan benar, akan ludes dalam sekejap. Misalnya, kamu mendapatkan warisan sebesar Rp100 juta dari orang tua, tapi uang ini dihabiskan untuk jajan di resto sebesar Rp1 juta per hari. Dalam waktu seratus hari, kalau kamu terus menghabiskan Rp1 juta per hari, uang itu akan lenyap.

Terus bagaimana, dong, supaya warisan tidak cepat habis?

Ada tiga cara yang bisa kamu ikuti supaya uang warisan tidak menguap begitu saja.

Bayar Utang Konsumtif

Kenyataannya, banyak oran memiliki utang konsumtif daripada produktif. Kalau kamu dapat warisan dan kebetulan punya utang konsumtif, misalnya cicilan kartu kredit, mending uangnya dipakai untuk bayar utang. Ingat, jangan berutang lagi setelah kamu membayar semua utang.

Investasi

Kalau belum punya investasi, ini saat yang tepat untuk memilih investasi. Kamu bisa memilih saham, reksa dana, atau emas. Tak perlu yang besar-besar atau ikut-ikutan tren. Pilihlah yang sesuai dengan kondisi kamu. Kalau sudah punya investasi, tambah deh porsi investasi supaya tujuan keuangan bisa segera tercapai.

Beli Aset

Selain menambah investasi dan bayar utang, uang warisan juga bisa digunakan untuk membeli aset. Apalagi kalau asetnya bisa memberikan penghasilan pasif. Kamu bisa juga membeli rumah yang bisa digunakan untuk kos-kosan atau dikontrakkan.

 (Sah, Sumber: Duit Pintar, Finansialku)

 

Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup
Join Dream.co.id