Bantu Pemakaman Massal, Tim Dompet Dhuafa Ikut Turun Tangan

Dinar | Jumat, 5 Oktober 2018 14:45
Bantu Pemakaman Massal, Tim Dompet Dhuafa Ikut Turun Tangan

Reporter : Ayu Siti Rachma

Dalam pemakaman masal ini, pihak TNI dan Polri, dibantu para relawan dari beragam organisasi, termasuk tim Dompet Dhuafa.

Dream - Bencana yang melanda Kota Palu, Kabupaten Donggala dan sekitarnya di Sulawesi Tengah (Sulteng), terus mendapatkan perhatian. Terlebih, bencana gempa bumi 7,4 SR yang turut memicu tsunami setinggi 1,5 meter tersebut banyak menelan korban jiwa, di samping infrastruktur yang rusak parah.

Dompet Dhuafa© dream.co.id

Hal ini pun berdampak pada sulitnya pencarian korban. Terlebih jumlah korban terus bertambah, sebagaimana yang diungkapkan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, pada Rabu (3/10). Menurut Sutopo hingga saat ini jumlah korban meninggal dunia bertambah menjadi 1.407 orang.

Dompet Dhuafa© dream.co.id

Tidak berhenti di situ, Sutopo juga menjelaskan jika masih ada 113 orang yang dinyatakan hilang, serta 152 orang dilaporkan tertimbun. Adapun jumlah pengungsi yang tercatat, hingga saat ini sebanyak 70.821 orang. Mereka tersebar di 141 titik pengungsian yang sudah disiapkan oleh pemerintah.

Dompet Dhuafa© dream.co.id

Sementara untuk jenazah korban gempa bumi dan tsunami yang ditemukan dan diidentifikasi di Rumah Sakit Bhayangkara Palu, hari ini telah dimakamkan secara masal di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Poboya. Dalam pemakaman tersebut, pihak TNI dan Polri, dibantu para relawan dari beragam organisasi, termasuk tim Dompet Dhuafa. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Koordinator Lapangan Tim Relawan Dompet Dhuafa untuk Gempa Bumi dan Tsunami Sulteng, Narwan.

"Hari ini, sebagian tim relawan Dompet Dhuafa membantu proses pemakaman korban di TPU Poboya. Mengingat kondisi jenazah yang sudah mulai mengeluarkan bau menyengat, maka dilakukan pemakaman masal," ungkap Narwan.

Dompet Dhuafa© dream.co.id

Demi meringankan duka korban gempa bumi dan tsunami di Sulteng, Dompet Dhuafa pun membuka donasi kemanusiaan #LoveSulawesi. Donasi tersebut dibuka lewat rekening atas nama Yayasan Dompet Dhuafa Republika, yaitu 340.350.666.5 (BNI Syariah), 237.304.7171 (BCA), 101.000.647.5733 (Mandiri). Masyarakat yang ingin membantu sekaligus berbagi kebaikan, dapat langsung menyetorkan donasinya ke rekening-rekening tersebut.

Join Dream.co.id