Ilham Habibie Kuasai Bank Muamalat dengan `Mahar` Rp3,2 Triliun?

Dinar | Kamis, 6 Februari 2020 09:48
Ilham Habibie Kuasai Bank Muamalat dengan `Mahar` Rp3,2 Triliun?

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an

Rencananya perusahaan akan mengeluarkan saham baru (right issue) sebanyak 32 miliar lembar saham.

Dream - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk memperkirakan konsorsium dibawah pimpinan Ilham Habibie yang akan menjadi investor baru perusahaan akan menyuntikan modal sekitar Rp3,2 triliun. Besaran investasi ini lebih besar dari perkiraan awal Rp2 triliun.

Untuk menampung dana tersebut, bank syariah pertama di Indonesia rencananya akan menerbitkan saham baru sekitar 32 miliar lembar. 

Chief Executive Officer (CEO) Bank Muamalat, Achmad K. Permana, mengatakan kepastian rencana penerbitan saham baru tersebut akan dimintakan persetujuannya dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

Dalam rapat tersebut juga akan dibawa agenda tentang konsorsium Al-Falah Investment Pte. Ltd yag direncanakan menjadi salah satu investor yang masuk ke Bank Muamalat.

“ RUPS yang baru itu Rp3,2 triliun nanti akan kombinasi bisa saja. Nanti administrasi akan diselesaikan struktur penyelesaiannya seperti apa, sedang diselesaikan,” kata dia.

Menurut Permana, nilai Rp3,2 triliun tersebut baru merupakan taksiran jika para pemegang saham menyetujui harga saham baru ditetapkan senilai Rp100 per lembar.

Jika disetujui, nantinya Ilham Habibie melalui konsorsium Al-Falah diperkirakan akan menguasai saham sebanyak 77 persen. Sementara kepemilikan pemegang saham lama akan terdilusi.

Permana mengatakan, dalam jangka pendek Bank Muamalat juga masih berfokus untuk menggaet investor baru.

2 dari 6 halaman

Yusril Ihza Mahendra Digandeng Bank Muamalat

Dream - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menunjuk Yusril Ihza Mahendra menjadi pengacara perusahaan. Yusril diharapkan bisa membantu mengatasi masalah yang ada di perusahaan.

“ Pak Yusril akan membantu Bank Muamalat, terutama aspek hukum. Bank Muamalat sangat membutuhkan pendampingan dari sisi aspek hukum,” ujar CEO Bank Muamalat, Achmad K. Permana, di Jakarta, Rabu 5 Februari 2020.

Permana berharap pengacara baru ini bisa menciptakan atmosfer yang baik. Dengan begitu, kinerja positif perusahaan bisa meningkat.

 

 Yusril Ihza Mahendra Digandeng Bank Muamalat© Dream



“ Pak Yusril akan mempercepat recovery Muamalat karena Bank Muamalat adalah icon,” kata dia.

Yusril mengatakan banyak nasabah yang bermasalah dengan Bank Muamalat selama sembilan tahun. Mantan Ketua Hukum Jokowi-Ma'ruf ini bertekad, untuk memperbaiki masalah hukum yang ada di Bank Muamalat.

“ Saya masuk tim hukum Muamalat akan mencari solusi yang terbaik. Bisa dengan imbauan, somasi, perundingan atau hukum,” kata dia.

3 dari 6 halaman

Bank Muamalat Sebentar Lagi Jadi Milik Ilham Habibie Cs

Dream - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan restu kepada Ilham Habibie dan mitranya yang tergabung dalam konsorsium Al Falah Investment Pte. Ltd menjadi pemilik baru Bank Muamalat. Proses pembelian bank syariah pertama di Indonesia itu sudah memasuki tahap melengkapi persyaratan administrasi.

" OJK telah menerima komitmen konsorsium Al-Falah dengan anggota lainnya yang saat ini sedang memproses dan melengkapi administratif," kata juru bicara OJK, Sekar Putih Djarot, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Rabu 5 Februari 2020.

Menurut Sekar, konsorsium Al-Falah melaporkan sedang menyediakan escrow account untuk kebutuhan pembelian Bank Muamalat.

 

 Bank Muamalat Sebentar Lagi Jadi Milik Ilham Habibie Cs© Dream



Tahap selanjutnya, OJK akam meminta Bank Muamalat dan investor baru untuk menyampaikan pernyataan kepada publik setelah proses suntikan modal selesai.

Sekadar informasi, Al Falah merupakan perusahaan yang didirikan oleh Ilham Habibie. Putra sulung Alm. B. J. Habibie ini kini menjabat sebagai komisaris utama di PT Bank Muamalat Indonesia Tbk.

Dari sejumlah investor yang menyatakan minatnya menjadi investor baru Bank Muamalat, Al Falah dianggap calon yang paling siap menyuntikkan modal.

4 dari 6 halaman

Ilham Habibie Siap Suntik Duit ke Bank Muamalat

Dream - Ilham Habibie siap menyuntikkan dana ke Bank Muamalat. Komisaris PT Bank Muamalat Tbk itu membentuk konsorsium sebagai investor bank syariah ini.

Ilham memimpin konsorsium investor yang terdiri dari dirinya sendiri, Arifin Panigoro, Lynx Asia, dan SSG Capital.

Putra B.J. Habibie ini ingin mempertahankan keberadaan Bank Muamalat. Apalagi, bank ini merupakan bank syariah pertama di Indonesia.

 

 Ilham Habibie Siap Suntik Duit ke Bank Muamalat© Dream

 

“ Bank Muamalat sebagai bank pertama murni syariah yang memiliki nilai historis dan emosional bagi umat Islam di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk mempertahankan keberadaannya," kata Ilham di Jakarta, dikutip dari Liputan6.com, Kamis 4 Oktober 2018.

Dia mengatakan salah satu cara yang dilakukan oleh konsorsium adalah menyuntikkan dana segar melalui penerbitan saham baru (right issue).

5 dari 6 halaman

Dana Segar Bantu Bisnis Bank

Direktur Utama Bank Muamalat, Achmad K. Permana, mengatakan kepastian investor ini akan membantu bank syariah ini. Plus, akan membantu bisnis bank ke depannya.

Kehadiran Ilham dan konsorsium akan memberikan keyakinan bagi nasabah dan stakeholder Bank Muamalat.

Rencananya, pada 11 Oktober 2018, akan diadakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Salah satu agendanya adalah right issue.

“ Ke depannya, perseroan optimis bahwa permodalan Bank Muamalat akan semakin kuat dan stabil, sehingga upaya perseroan untuk melakukan ekspansi pembiayaan dapat berjalan dengan baik,” kata Permana.

6 dari 6 halaman

Siapa Pun Boleh Jadi Investor

Juru Bicara Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Sekar Putih Djarot, mengatakan siapa pun boleh menjadi investor Bank Muamalat. Asal, dia memiliki kredibel dan dana segar.

Pernyataan ini disampaikan menanggapi kabar investor dalam rangka penambahan modal Bank Muamalat.

Investor tersebut harus menempatkan sejumlah uang dalam escrow account di Bank Muamalat sesuai kesepakatan dengan otoritas.

Terakhir, bank harus segera melakukan RUPS untuk menetapkan investor tersebut.

(Sumber: Liputan6.com/Bawono Yadika)

Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak
Join Dream.co.id