BI: Rupiah Jadi Mata Uang Terbaik Asia

Dinar | Selasa, 7 Desember 2021 12:36

Reporter : Alfi Salima Puteri

Alami depresiasi yang kecil, membuat rupiah jadi mata uang terbaik di antara negara emerging market di Asia

Dream - Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Dody Budi Waluyo, menyampaikan bahwa saat ini rupiah menjadi salah satu mata uang terbaik di antara negara emerging market di Asia.

Menurut Dody, rupiah menjadi mata uang terbaik karena depresiasi yang dialami masih kecil dibandingkan dengan negara tetangga.

“ Jauh di bawah kita ada Thailand, Malaysia, hingga Singapura yang memiliki depresiasi nilai tukarnya hingga belasan persen, sedangkan kita hanya di kisaran 1,3 persen sampai 1,6 persen," ujar Dody, dikutip dari Merdeka.com, Senin 6 Desember 2021.

Nilai tukar rupiah terus menunjukkan pelemahan pada dua pekan terakhir. Pada Senin, 6 Desember 2021 pukul 15.00 WIB, rupiah melemah dengan mencatatkan koreksi 22,5 poin atau 0,16 persen menjadi Rp14.442 perdolar AS.

BI: Rupiah Jadi Mata Uang Terbaik Asia
© MEN
2 dari 2 halaman

Meski demikian, Dody mengatakan bahwa depresiasi nilai tukar rupiah hingga saat ini masih dalam level yang terkendali.

Dody berharap perubahan nilai tukar rupiah yang signifikan tidak terjadi dan bank sentral bisa terus menjaga stabilisasi mata uang Garuda.

Selama ini, Indonesia bisa menunjukkan kepada pasar bahwa seluruh pihak bisa menstabilkan nilai tukar rupiah.

" Jangan dilihat dari levelnya dulu di Rp13.000 sekarang di Rp14.000, tetapi tolong lihat volatilitas dan dari sisi pergerakan nilai tukar rupiah," kata Dody.

Dody menambahkan, BI akan terus memantau perkembangan global dan berupaya menjaga stabilitas nilai tukar rupiah melalui bauran kebijakan bank sentral.

Join Dream.co.id