Tips Berlindung dari Godaan Belanja di Sosmed, Layak Dicoba!

Dinar | Senin, 19 Maret 2018 07:39
Tips Berlindung dari Godaan Belanja di Sosmed, Layak Dicoba!

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Media sosial tak jarang menggoda kita untuk lebih boros.

Dream – Sahabat Dream, selain tagihan kartu kredit dan kontrak rumah, ternyata berselancar di jejaring sosial juga bisa membuat kantong makin tipis. Foto barang-barang cantik berharga miring yang bertebaran di jejaring sosial seperti Instagram dan Facebook, tak jarang “ menggoda iman” untuk boros.

Terus, bagaimana caranya agar tidak mudah tergoda dari godaan medsos?

Dilansir dari CNBC. Senin 19 Maret 2018, penulis keuangan dan mantan host CNBC, Suze Orman, mengatakan caranya cukup mudah. Kamu cukup menanyakan kepada diri sendiri apakah harus mengeluarkan uang untuk membeli barang/jasa yang “ ditawarkan” jejaring sosial?

“ Apakah itu kebutuhan atau keinginan?” kata Orman.

Jika keinginan, dia menyarankan untuk menahan diri supaya tidak kalap belanja spontan. Ini akan mencegah kamu tidak menyesal di kemudian hari.

Selain itu, kamu juga harus membuat anggaran belanja dan usahakan mematuhinya. Jika pengeluaran itu berada di luar anggaran, itu berarti ada anggaran lain yang harus dipangkas. Hal ini diungkapkan oleh penulis buku Rich Kids: How to Raise Our Children to Be Happy and Successful in Life.

Kamu juga bisa menerapkan pola pikir CEO Virgin Group, Richard Brandson, yaitu fokus untuk hal-hal yang menunjang karier. Di media sosial, pemikiran ini bisa diterapkan. Kamu sebaiknya tak membeli sesuatu untuk memberikan kesan menyesuaikan diri dengan tren.

Vice President Consumer Insight Allianz, Paul Kelash, mengungkapkan, studi yang dilakukan oleh Allianz Life Insurance Company, menunjukkan generasi milenial, pada dasarnya, mampu memposisikan diri untuk keuangan yang lebih baik.

Kelash mengatakan ada 80 persen generasi milenial yang percaya diri secara finansial, 58 persen menyisihkan uang untuk tabungan pensiun, dan 41 persen untuk menabung. Meskipun ada godaaan media sosial, generasi ini bisa menemukan cara inovatif untuk membangun kekuatan finansial.

“ Mereka menjadi lebih percaya diri karena tindakan ini,” kata dia.

(Sah)

 

Potret Aktifitas Prisia Nasution Saat Jelajahi Alam
Join Dream.co.id