Bacaan Niat Zakat Fitrah dan Doa saat Menerimanya, Penentu Sah atau Tidaknya Zakat Fitrah

Dinar | Selasa, 22 Februari 2022 14:13

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Membaca niat zakat fitrah adalah wajib, bahkan lebih penting daripada ijab-qabul.

Dream – Saat bulan Ramadan tiba, selain wajib menjalankan puasa selama satu bulan penuh, kewajiban lainnya bagi setiap umat Islam adalah membayar zakat fitrah. Zakat fitrah ini wajib dibayarkan oleh Muslim laki-laki maupun perempuan, dewasa, anak-anak, merdeka, dan juga hamba sahaya.

Hal ini pun telah dijelaskan dalam sebuah hadis tentang kewajiban membayar zakat fitrah, Rasulullah saw bersabda yang artinya sebagai berikut:

Rasulullah telah mewajibkan mengeluarkan zakat fitrah (pada bulan Ramadan kepada setiap manusia).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Seperti dikutip dari islam.nu.or.id, menurut Muhammad bin Qasim Al-Ghazi dalam Fathul Qarib, ada tiga kondisi di mana seseoran wajib membayar zakat fitrah. Yakni beragama Islam, menjumpai waktu wajibnya zakat pada akhir Ramadan dan awal Syawal, serta memiliki makanan pokok yang lebih dari kebutuhannya dan keluarganya di saat hari raya atau pun malam harinya.

Bagi sahabat Dream yang memenuhi ketiga persyaratan tersebut, maka wajib untuk segera membayarkan zakat. Dan tak lupa juga untuk membaca niat zakat fitrah. Di mana niat ini sangatlah penting yang akan menentukan sah atau tidaknya suatu amalan.

Nah, berikut adalah beberapa keutamaan zakat fitrah serta bacaan niat zakat fitrah yang harus diketahui sebagaimana telah dirangkum dari merdeka.com dan islam.nu.or.id.

Bacaan Niat Zakat Fitrah dan Doa saat Menerimanya, Penentu Sah atau Tidaknya Zakat Fitrah
Bacaan Niat Zakat Fitrah (Foto Ilustrasi: Shutterstock.com)
2 dari 4 halaman

Keutamaan Membayar Zakat Fitrah

 Keutamaan Membayar Zakat Fitrah© Shutterstock.com

Sebelum membahas tentang bacaan niat zakat fitrah, alangkah baiknya jika sahabat Dream mengetahui terlebih dahulu apa saja keutamaan dari membayar zakat fitrah. Karena dengan mengetahui keutamaannya, hal ini bisa membuat kita bisa menunaikan kewajiban tersebut dengan penuh keikhlasan dan tentunya bisa menyempurnakan puasa kita selama sebulan penuh di bulan Ramadan.

Berikut adalah beberapa keutamaan membayar zakat fitrah yang penting kamu ketahui seperti dikutip dari merdeka.com:

Diampuni Dosa-dosanya

Setiap manusia yang hidup di dunia ini tidaklah luput dari adanya dosa. Meski begitu, sebagai umat Islam ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar dosa-dosa tersebut dapat diampuni oleh Allah SWT. Salah satunya adalah dengan menunaikan membayar zakat fitrah. Janji Allah SWT ini pun adalah dalam firman-Nya surat Al-Maidah ayat 12 berikut ini:

۞وَلَقَدْاَخَذَاللّٰهُمِيْثَاقَبَنِيْٓاِسْرَاۤءِيْلَۚوَبَعَثْنَامِنْهُمُاثْنَيْعَشَرَنَقِيْبًاۗوَقَالَاللّٰهُاِنِّيْمَعَكُمْۗلَىِٕنْاَقَمْتُمُالصَّلٰوةَوَاٰتَيْتُمُالزَّكٰوةَوَاٰمَنْتُمْبِرُسُلِيْوَعَزَّرْتُمُوْهُمْوَاَقْرَضْتُمُاللّٰهَقَرْضًاحَسَنًالَّاُكَفِّرَنَّعَنْكُمْسَيِّاٰتِكُمْوَلَاُدْخِلَنَّكُمْجَنّٰتٍتَجْرِيْمِنْتَحْتِهَاالْاَنْهٰرُۚفَمَنْكَفَرَبَعْدَذٰلِكَمِنْكُمْفَقَدْضَلَّسَوَاۤءَالسَّبِيْلِ

Artinya: Dan sungguh, Allah telah mengambil perjanjian dari Bani Israil dan Kami telah mengangkat dua belas orang pemimpin di antara mereka. Dan Allah berfirman, “ Aku bersamamu.” Sungguh, jika kamu melaksanakan salat dan menunaikan zakat serta beriman kepada rasul-rasul-Ku dan kamu bantu mereka dan kamu pinjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, pasti akan Aku hapus kesalahan-kesalahanmu, dan pasti akan Aku masukkan ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Tetapi barangsiapa kafir di antaramu setelah itu, maka sesungguhnya dia telah tersesat dari jalan yang lurus.” (QS. Al-Maidah: 12).

Jembatan Menuju Surga

Setiap umat Islam tentunya menginginkan agar kelak bisa masuk surga dan berkumpul bersama orang-orang yang sholeh. Nah, dengan membayar zakat fitrah hal ini bisa menjadi jembatan bagi sahabat Dream untuk menuju surganya Allah SWT. Hal ini pun dijelaskan dalam surat An-Nisa ayat 162 berikut:

لٰكِنِالرَّاسِخُوْنَفِىالْعِلْمِمِنْهُمْوَالْمُؤْمِنُوْنَيُؤْمِنُوْنَبِمَآاُنْزِلَاِلَيْكَوَمَآاُنْزِلَمِنْقَبْلِكَوَالْمُقِيْمِيْنَالصَّلٰوةَوَالْمُؤْتُوْنَالزَّكٰوةَوَالْمُؤْمِنُوْنَبِاللّٰهِوَالْيَوْمِالْاٰخِرِۗاُولٰۤىِٕكَسَنُؤْتِيْهِمْاَجْرًاعَظِيْمًاࣖ

Artinya: Tetapi orang-orang yang ilmunya mendalam di antara mereka, dan orang-orang yang beriman, mereka beriman kepada (Al-Qur'an) yang diturunkan kepadamu (Muhammad), dan kepada (kitab-kitab) yang diturunkan sebelummu, begitu pula mereka yang melaksanakan salat dan menunaikan zakat dan beriman kepada Allah dan hari kemudian. Kepada mereka akan Kami berikan pahala yang besar.” (QS. An-Nisa: 162).

Harta Jadi Lebih Berkah

Dengan membayarkan zakat fitrah sesuai waktunya, maka hal ini bisa membuat harta yang sahabat Dream miliki menjadi lebih berkah. Karena harta yang dimiliki akan sia-sia saja jika tidak mendapatkan berkah dari Allah SWT. Apalagi dalam harta tersebut bukan sepenuhnya milik kita, tetapi ada hak orang lain di dalamnya yang haruskita berikan. Seperti yang dijelaskan dalam hadis riwayat Muslim berikut ini:

Sedekah (zakat) tidak akan mengurangi harta.” (HR. Muslim).

3 dari 4 halaman

Bacaan Niat Zakat Fitrah

 Bacaan Niat Zakat Fitrah© Shutterstock.com

Saat membayar zakat fitrah, maka hal yang tidak boleh sampai dilupakan adalah membaca niat zakat fitrah. Ini sangatlah penting karena berhubungan dengan sah atau tidaknya amalan tersebut. Bahkan niat sendiri lebih penting daripada ijab-qabul. Di mana zakat sendiri adalah pemberian secara searah dari orang yang wajib membayar zakat fitrah pada orang yang berhak mendapatkannya.

Berikut adalah niat zakat fitrah yang bisa sahabat Dream baca sebagaimana dikutip dari islam.nu.or.id:

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri

ﻧَﻮَﻳْﺖُأَﻥْأُﺧْﺮِﺝَﺯَﻛَﺎﺓَﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْﻧَﻔْسيْﻓَﺮْﺿًﺎِﻟﻠﻪِﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Artinya: Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri, fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

Niat Zakat Fitrah untuk Istri

ﻧَﻮَﻳْﺖُﺃَﻥْﺃُﺧْﺮِﺝَﺯَﻛَﺎﺓَﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْﺯَﻭْﺟَﺘِﻲْﻓَﺮْﺿًﺎِﻟﻠﻪِﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Artinya: Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk istriku, fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

Niat Zakat Fitrah untuk Anak Laki-laki

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻭَﻟَﺪِﻱْ ... ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Artinya: Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak laki-lakiku…. (sebutkan nama), fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

Niat Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺑِﻨْﺘِﻲْ ... ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Artinya: Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak perempuanku…. (sebutkan nama), fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga 

ﻧَﻮَﻳْﺖُﺃَﻥْﺃُﺧْﺮِﺝَﺯَﻛَﺎﺓَﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَنِّيْﻭَﻋَﻦْﺟَﻤِﻴْﻊِﻣَﺎﻳَﻠْﺰَﻣُنِيْﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْﺷَﺮْﻋًﺎﻓَﺮْﺿًﺎِﻟﻠﻪِﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Artinya: Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku, fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

Niat Zakat Fitrah untuk Orang yang Diwakilkan

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ (..…) ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Artinya: Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk… (sebutkan nama spesifik), fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

4 dari 4 halaman

Doa saat Menerima Zakat Fitrah

Setelah menerima zakat fitrah, maka ada doa yang disunahkan untuk membacanya. Doa tersebut berisi harapan agar pahala dan keberkahan diberikan pada orang yang sudah menyerahkan zakatnya. Berikut adalah bacaan doanya yang bisa dihafalkan:

ﺁﺟَﺮَﻙﺍﻟﻠﻪُﻓِﻴْﻤَﺎﺍَﻋْﻄَﻴْﺖَ،ﻭَﺑَﺎﺭَﻙَﻓِﻴْﻤَﺎﺍَﺑْﻘَﻴْﺖَﻭَﺟَﻌَﻠَﻪُﻟَﻚَﻃَﻬُﻮْﺭًﺍ

Artinya: Semoga Allah memberikan pahala atas apa yang engkau berikan, dan semoga Allah memberikan berkah atas harta yang kau simpan dan menjadikannya sebagai pembersih bagimu.”

Itulah penjelasan tentang beberapa keutamaan yang bisa didapatkan setelah menunaikan kewajiban membayar zakat fitrah. Dan niat zakat fitrah pun jangan sampai ditinggalkan karena hal ini sangatlah penting sebagai penentu sah atau tidaknya amalan tersebut.

Join Dream.co.id