Impian BJ Habibie Tentang Indonesia Maju dan Unggul

Dinar | Kamis, 12 September 2019 11:45
Impian BJ Habibie Tentang Indonesia Maju dan Unggul

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Sosok ini berperan penting dalam pengembangan industri strategis di Indonesia.

Dream – Kepergian Presiden ke-3 Indonesia, B. J. Habibie, menyisakan duka mendalam bagi maayarakat Indonesia dan dunia. Tak sedikit kenangan dan pesan yang diberikan dari sosok yang tengah merancang pesawat karya anak bangsa, R-80.

Salah satu pesan yang diberikan adalah memprioritaskan industri, seperti yang diutarakan oleh Menteri Badan Perencanan Pembangunan Nasional, Bambang P. S. Brodjonegoro. Habibie berpesan agar industri dalam negeri bisa maju.

Dia juga berpesan agar konektivitas di sektor perhubungan udara ditingkatkan.

" Beliau berpesan agar Indonesia selalu prioritaskan industri bernilai tambah tinggi dan berbasis teknologi, serta membangun konektivitas antar pulau via udara,” kata mantan menteri keuangan Liputan6.com, dikutip Kamis 12 September 2019.

Bambang menilai Habibie sebagai sosok negarawan yang demokratis.

2 dari 6 halaman

Role Model

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, turut berbela sungkawa atas meninggalnya Habibie. Budi Karya menyebut suami Alm. Hasri Ainun Habibie ini patut jadi role model.

“ Duka mendalam atas wafatnya putra terbaik bangsa Bapak BJ Habibie. Atas karya dan legacy Beliau sangat patut sebagai role model,” kata dia.

Budi Karya menilai sosok ini wajib dikagumi generasi milenial. Alasannya, kejeniusannya dalam menciptakan karya membuatnya dikenal sampai luar negeri. Habibie pun juga berperan banyak dalam kemajuan industri strategis di Indonesia.

" Banyak jasa almarhum di beberapa perusahaan industri strategis, seperti INKA, PAL, INTI. Beliau banyak memberi sumbangan pada industri transportasi," kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Bawono Yadika)

3 dari 6 halaman

Jenazah BJ Habibie Dimakamkan Pukul 13.30 WIB

Dream - Jenazah almarhum Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie dijadwalkan akan diberangkatkan dari rumah duka di kawasan Patra, Kuningan, Jakarta Selatan pukul 13.30 WIB setelah dilakukan proses serah terima dari keluarga ke negara.

Setelah itu, jenazah akan dibawa dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, tepat di samping makam istri, Ainun Habibie.

Saat membawa jenazah almarhum Habibie, akan ada Iring-iringan kendaraan. Polisi nantinya akan menutup sementara jalan yang akan dilalui rombongan pengantar jenazah BJ Habibie.

 Jenazah BJ Habibie Dimakamkan Pukul 13.30 WIB

Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP M. Nasir mengatakan, ada dua opsi rute yang disiapkan.

Rute perjalanan dari rumah duka ke TMP Kalibata opsi pertama,

- Jalan Taman Patra Kuningan
- Jalan Patra Kuningan Utara
- Jalan Rasuna Said
- Jalan Gatot Subroto
- Jalan Raya Pasar Minggu
- Jalan Raya Kalibata
- TMP Kalibata

Rute alternatif di sepanjang jalan dari rumah duka ke TMP Kalibata opsi kedua,

- Jalan Taman Patra Kuningan
- Jalan Patra Kuningan VII
- Jalan Dukuh Patra
- Jalan Mandala Raya
- Jalan Rasamala Raya
- Jalan Gatot Subroto
- Jalan Raya Pasar Minggu
- Jalan Raya Kalibata
- TMP kalibata

4 dari 6 halaman

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Makam Ibu Ainun

Dream - Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, menyatakan pemerintah menyiapkan segala kebutuhan pemakaman Presiden Ketiga, Baharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie.

BJ Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, tepat di samping pusara sang istri tercinta, Ainun Habibie.

" Kami koordinasi dengan Garnisun, sudah disiapkan slot di sebelah almarhumah Ibu Ainun Habibie dan seingat saya di 120 dan 121," ujar Pratikno, dikutip dari Liputan6.com.

Pratikno mengatakan persiapan upacara pemakaman terus disiapkan. Nantinya, upacara akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

" Tolong mohon doanya supaya persiapan bagus, dan juga berdoa untuk almarhum, semoga husnul khotimah," kata Pratikno.

Habibie meninggal dalam usia 83 tahun di RSPAD Gatot Subroto pukul 18.05 WIB. Habibie mengalami gagal jantung disebabkan fisik yang sudah menua.

Sumber: Liputan6.com/Lizsa Egeham

5 dari 6 halaman

Sebelum Wafat, BJ Habibie Pesan Lahan di Samping Makam Ainun

Dream – Presiden ke-3 Indonesia, Baharuddin Jusuf Habibie, meninggal dunia pada Rabu 11 September 2019. Jenazah akan disemayamkan di rumah duka di Kuningan, Jakarta.

Lalu, di manakah Habibie akan dimakamkan?

Ada kemungkinan Habibie akan dimakamkan di samping pusara sang istri, Hasri Ainun Habibie. Mendiang istri dimakamkan di Taman Makan Pahlawan Kalibata.

 Ada lahan kosong di samping makan Hasri Ainun Habibie (yang ada vas bunga)

Di antara makam Ainun dan Widjojo, ada lahan makan yang telah dipesan khusus. Siapakah gerangan yang nantinya akan dimakamkan di sana?

Ternyata, pemesannya adalah Habibie.

“ Pak Habibie ingin dekat dengan makam istrinya,” kata pengurus lahan TMP Kalibata, Lani, kepada Dream, pada 4 Juni 2015.

6 dari 6 halaman

Dipesan Sendiri

Wakil Kepala Bagian Kantor TMP Kalibata ini mengatakan lahan kosong tersebut dipesan sendiri oleh Habibie. Sebagai mantan presiden, Habibie memang berhak menentukan sendiri di mana dia akan dimakamkan.

Lani merupakan salah satu PNS yang bertugas mengurusi lahan pemakaman khusus milik negara itu, Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Lahan kosong tersebut sengaja dipilihnya, sebagai perwujudan cinta sejatinya kepada wanita pujaannya. Rasa cinta Habibie itu juga tertuang dalam sajak untuk mengenang sang pujaan hati.

Sekadar informasi, lokasi makam Ainun terletak di beberapa pusara tokoh besar nasional. Makam Jenderal Besar Abdul Haris Nasution berada di sisi utara Ainun. Sisi barat, ada makam diplomat ulung mantan Menteri Luar Negeri era orde baru, Ali Alatas.

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie
Join Dream.co.id