Trik Mengatasi Kantuk Luar Biasa saat Bekerja

Dinar | Selasa, 4 Mei 2021 18:47
Trik Mengatasi Kantuk Luar Biasa saat Bekerja

Reporter : Ahmad Baiquni

Saat puasa, rasa kantuk sering datang.

Dream - Kantuk adalah reaksi tubuh yang membutuhkan istirahat. Apalagi saat puasa Ramadan, kita kekurangan waktu tidur karena perlu bangun untuk sahur dan sholat malam.

Mencegah kantuk saat puasa dapat dilakukan dengan memajukan jam tidur malam lebih awal. Tidur siang sekitar 10-15 menit juga sudah efektif mencukupi kekurangan tidur malam.

Selain itu, rasa kantuk juga disebabkan aliran oksigen yang tak lancar pada otak. Minum air putih untuk melancarkan peredaran darah tapi tak mungkin dilakukan saat kita berpuasa.

Melakukan tidur juga tak boleh karena masih jam kerja. Untungnya, masih ada solusi lain untuk mengusir kantuk saat bekerja.

 

2 dari 3 halaman

Berjalan kaki

Ketika kantuk menyerang waktu kerja, segera bangun dari kursi dan berjalanlah sejenak keluar tempat kerja. Hirup udara segar di luar dan nikmati pemandangan sejenak di luar.

Aktivitas ini membantu sirkulasi darah mengalir ke otak dan membuat pernafasan menjadi lebih longgar. Alhasil, kantuk dan rasa malas menyingkir.

Tidur siang

 Hijab Tidur
© Shutterstock.com

Jam istirahat kerja biasanya digunakan untuk makan dan sholat di hari biasa. Saat Ramadan, gunakan jam istirahat untuk sholat dhuhur dan tidur siang barang sebentar.

Tidur siang disebut dengan power nap karena meski sebentar bisa setara dengan tidur malam. Sejumlah penelitian juga menyebutkan tidur siang mencegah stres dan membuat tubuh lebih produktif bekerja.

 

3 dari 3 halaman

Cuci muka

Ketika mengantuk dan wajah mulai kaku, cucilah muka. Jangan lupa gunakan pelembap dengan memijat ringan wajah setelah mencuci muka. Cara ini membuat wajah terlihat lebih segar.

Penggunaan face mist juga bisa mencegah kantuk. Semprotkan ke wajah lalu pijat ringan. Tak hanya mengusir kantuk, perawatan wajah ini juga membuat kulit lebih sehat dan ternutrisi.

Menyemprotkan pengharum ruangan

Pengharum ruangan yang tepat bisa membuat kerja kita lebih semangat. Saat mengantuk, semprotkan pengharum ruangan agar suasana lebih segar. Pilih aroma buah-buahan, kayu, atau bunga untuk mengusir kantukmu.

Berbicara santai dengan rekan kerja

Berbicara topik ringan bersama teman mengalihkan kita dari kantuk dan stres saat bekerja. Apalagi bila teman kerja terkenal humoris, ngobrol menjadi hiburan seru di sela ketegangan kerja. Tapi ingat, jangan membicarakan kekurangan orang lain alias berghibah saat puasa.

Join Dream.co.id