AP I Layani 7.931 Penerbangan Selama Larangan Mudik Lebaran

Dinar | Kamis, 4 Juni 2020 06:36
AP I Layani 7.931 Penerbangan Selama Larangan Mudik Lebaran

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Penerbangan kargo yang mendominasi.

Dream – PT Angkasa Pura I (Persero) melayani 7.931 penerbangan selama H+1 hingga H+6 pada masa larangan mudik Lebaran 2020. Angkutan kargo selama periode itu tercatat sebanyak 34,7 juta kg.

Dikutip dari keterangan tertulis AP I, Rabu 3 Juni 2020, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar tercatat menjadi yang tertinggi melayani penerbangan pesawat dengan 1.266 pergerakan pesawat dan melayani 3,95 juta kg angkutan kargo. Kemudian, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan menjadi bandara tersibuk kedua di periode 25-31 Mei 2020 dengan melayani total 857 pergerakan pesawat dan melayani hingga 3,59 juta kg angkutan kargo.

Berdasarkan data rencana operasional penerbangan pada 1 Juni 2020 terdapat 361 jadwal penerbangan di mana sebanyak 234 jadwal merupakan penerbangan reguler, 89 penerbangan angkutan kargo dan 39 penerbangan pengecualian/khusus.

Tujuan rencana penerbangan terbanyak yaitu sebanyak 60 rencana penerbangan dari dan menuju Bandara Juanda Surabaya, 39 rencana penerbangan dari dan menuju Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, 35 rencana penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Yogyakarta, 31 rencana penerbangan dari dan menuju Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dan 18 rencana penerbangan dari dan menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

" Ada peningkatan yang cukup tinggi untuk penerbangan reguler di beberapa bandara yang kami kelola,” kata VP Corporate Secretary AP I, Handy Heryudhitiawan, di Jakarta.

2 dari 2 halaman

Didominasi Penerbangan Kargo

Penerbangan pada H+1 hingga H+6 masa larangan mudik ini didominasi oleh penerbangan kargo yaitu sebanyak 4.883 penerbangan. Angka ini diikuti oleh penerbangan khusus seperti penerbangan repatriasi dan penerbangan darurat lainnya sebanyak 1.929 penerbangan, dan penerbangan reguler sebanyak 1.119 penerbangan.

Dalam upaya pencegahan dan penularan Covid-19 serta tetap memperhatikan pelayanan yang prima kepada penumpang yang bepergian di tengah pandemi, AP I mengimplementasikan penerapan konsep physical distancing.

Monitoring penerapan physical distancing dilakukan secara berkala dan dilaksanakan pada area mulai dari area parkir, drop zone kedatangan penumpang, area pemeriksaan dokumen dan kesehatan di area keberangkatan, area check-in, screening check point (2), ruang tunggu, gate/aviobridge, area pemeriksaan kesehatan di kedatangan, area baggage claim hingga area pick up zone penumpang.

" Secara khusus pelayanan kebandarudaraan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 secara ketat. Upaya ini penting untuk terus kami lakukan demi menjaga keamanan dan kenyamanan calon penumpang yang melewati 15 bandara yang kami kelola," kata dia.

Join Dream.co.id