Menebak Prospek 'Hollywood ala Indonesia'

Dinar | Kamis, 18 Februari 2021 09:13

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Wakil menteri ini juga yakin kawasan ini bisa menggerakan perekonomian di sekitar.

Dream – Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo, meyakini Kawasan Ekonomi Khusus MNC Lido City bisa menjadi destinasi wisata baru. Dia juga optimistis kawasan ini bisa turut mengerek pariwisata Indonesia.

“ Saya yakin Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata MNC Lido City akan menjadi kebanggaan nasional dan destinasi wisata baru di Indonesia yang dapat mendukung dan berkontribusi bagi percepatan pencapaian target pemerintah pusat maupun daerah,” kata dia di akun Instagram @angelatanoesoedibjo, Rabu 17 Februari 2021.

Tak hanya meningkatkan jumlah turis, baik domestik maupun mancanegara, kawasan ini juga diyakini bisa mengembangkan UMKM dan ekonomi kreatif. Kesempatan usaha dan lapangan kerja baru pun bisa diciptakan. “ Membuka kesempatan usaha yang baru dan menciptakan lapangan kerja guna penyerapan tenaga kerja dari daerah,” tulis dia.

 Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo, optimistis kawasan MNC Lido City jadi destinasi wisata kebanggaan Indonesia© Akun Instagram @angelatanoesoedibjo

Menebak Prospek Hollywood ala Indonesia
Wakil Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo, Optimistis Kawasan MNC Lido City Jadi Destinasi Wisata Kebanggaan Indonesia.
2 dari 5 halaman

Diapresiasi

Pembangunan kawasan Lido City ini diapresiasi oleh warganet. Mereka mendoakan pembangunan kawasan ini bisa berjalan dengan lancar.

“ Mantap, Bu… Semoga sukses selalu. Aamiin,” tulis @kasmiranrais.

“ Kawasan yang belum banyak dikembangkan kini akan semakin terintegrasi dan menciptakan masyarakat yang semakin tertib (karena infrastruktur mendukung). Sangat visioner sekali. Semoga semakin maju,” tulis @homeand.id.

“ Kita perlu mendukung setiap kebijakan pemerintah dan mengapresiasi pelaku usaha sudah berani menginvestasikan dana besar untuk memajukan suatu daerah. Dengan demikian, wajah Indonesia akan semakin mempesona di kancah internasional,” tulis @a.v.imanuel.

3 dari 5 halaman

Orang Terkaya Indonesia Bangun `Hollywood ala Indonesia` di Bogor

Dream – MNC Group, korporasi raksasa milik salah satu miliarder terkaya Indonesia, Hary Tanoesoedibjo resmi memulai pembangunan megaproyek Movieland The Most Integrated and One Stop Studio di MNC Lido City, Bogor, Jawa Barat. Kawaasan itu akan dikembangkan menjadi pusat industri film dan drama seri kelas dunia pertama di Indonesia.

Dikutip dari Merdeka.com, Selasa 16 Februari 2021, kawasan Lido City seluas 3 ribu hektare akan dibagi menjadi tujuh kawasan, yaitu entertainment city, hilltop villa, edu town, technopark, resort village, farm village, circuit city, dan movieland pertama di Indonesia.

Dari total 3000 hektare lahan yang tersedia di MNC Lido City, Movieland rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 21 hektare.

 

 Orang Terkaya Indonesia Bangun Hollywood ala Indonesia di Bogor© Dream

 

Areal ini akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas produksi seperti backlot (lokasi shooting), sound stage (studio tertutup), peralatan produksi dengan teknologi mutakhir hingga fasilitas pasca produksi dengan teknologi berkelas dunia.

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo menyebut, Movieland ini nantinya akan menghadirkan berbagai kebutuhan area shooting terbuka, seperti area perumahan, permukiman perkotaan, nuansa kota tua dan pedesaan. Selain itu, ada area alam terbuka, termasuk area berlatar kerajaan-kerajaan di Indonesia.

Tak hanya itu, tempat ini juga akan dilengkapi backlot berbagai fasilitas umum, seperti rumah sakit, halte bis, sekolah, supermarket hingga gedung mirip bandara. Fasilitas pendukung lainnya, sound stage seluas 1.500 meter persegi yang dilengkapi giant green screen dan water tank maupun set, khusus penunjang produksi.

Selain itu, dilengkapi dormitory atau penginapan untuk para kru film atau televisi, sehingga mereka tak perlu pulang pergi selama produksi.

“ Semua end to end dikerjakan di sini, sehingga kualitas produksi kita bisa seperti Hollywood. Jadi, Movieland dikelilingi fasilitas yang sangat luar biasa. Semuanya bertaraf internasional,” kata Hary.

4 dari 5 halaman

Taman Hiburan

Di Movieland, ada lapangan golf, theme park, music festival venue seperti di Los Angeles, World Garden, seperti di Dubai, data center, technology center, danau dan taman nasional.

Selain Movieland, pengembangan yang juga tengah dilakukan oleh MNC Lido City ialah pembangunan MNC World. Untuk MNC World Lido, nantinya akan berdiri theme park (taman hiburan) kelas dunia pertama di Indonesia dengan teknologi canggih yang menampilkan berbagai wahana, pertunjukan, dan atraksi.

Dibangun di atas lahan seluas 50 hektare, MNC World akan dilengkapi dengan kawasan bertema, 26 wahana, 7 pertunjukkan, 17 F&B outlets, 20 retail shop, dan event venue.

PT MNC Land Tbk juga akan membangun The World Garden, Music Festival Venue. Di ata slahan seluas kurang lebih 6 hektare, akan dibangun 5 panggung besar, outdoor theatre, Amphiteathre, Cafe dan retail, dan masih banyak lagi.

5 dari 5 halaman

Resor dan Golf Club Residence

Di Luxurious International Resort, Golf Club & Residences Lido, akan berdiri kumpulan resor super-mewah berstandar internasional yang menawarkan berbagai layanan personal, termasuk premium fine-dining restaurant, spa, fasilitas konferensi, da lain sebagainya.

Di area itu, juga akan menghadirkan lapangan golf dengan panorama Gunung Salak dan Gunung Gede Pangrango. Sedangkan di area residensial, akan hadir sekitar 281 kawasan hunian mewah dan 180 kondominium seluas 350 hektar.

Kawasan MNC Lido City juga mencakup Lido Lake Resort and Convention Center atau aktivitas permainan air dan fasilitas outbound terbesar di Asia Tenggara.

Tak hanya itu, proyek pembangunan lain yang akan dikembangkan di kawasan ini juga meliputi sirkuit internasional, universitas, hingga area perkantoran.

Terkait
Join Dream.co.id