Anak di Bawah 12 Tahun Diizinkan Naik Transportasi Umum, Cek Syaratnya

Dinar | Jumat, 22 Oktober 2021 08:48

Reporter : Arini Saadah

Anak-anak sudah diperbolehkan naik pesawat atau moda transportasi umum lainnya asalkan penuhi syarat.

Dream – Pemerintah akhirnya mengizinkan anak di bawah 12 tahun menggunakan moda transportasi umum. Tak hanya kereta api, anak-anak juga sudah diperbolehkan bepergian dengan menaiki pesawat terbang komersial.  

Ketentuan baru tersebut keluar seiring terbitnya Surat Edaran Satgas Covid-19 Nasional, Surat Edaran Kementerian Perhubungan dan Instruksi Menteri Dalam Negeri. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan, surat ederan itu berisi syarat perjalanan baru bagi masyarakat di tengah melandainya kasus Covid-19.

" Diizinkan mobilitas anak-anak usia kurang dari 12 tahun, di mana dalam aturan sebelumnya dibatasi," ujar Prof Wiku dalam keterangan pers virtual 'Pengaturan Perjalanan Dalam Negeri Seiring Pelandaian COVID-19' yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube BNPB Indonesia pada Kamis, 21 Oktober 2021.

Aturan baru perjalanan menggunakan moda transportasi umum untuk anak-anak itu telah berlaku sejak kemarin (Kamis, 21 Oktober 2021).

Anak di Bawah 12 Tahun Diizinkan Naik Transportasi Umum, Cek Syaratnya
Ilustrasi Anak Di Bawah 12 Tahun Melakukan Perjalanan Domestik Dengan Pesawat. (Foto: Shutterstock.com)
2 dari 3 halaman

Syarat yang Harus Dipenuhi

 Ilustrasi© Merdeka.com

Meski sudah membolehkan, orang tua yang hendak mengajak anak-anak menggunakan moda transportasi umum harus memenuhi sejumlah persyaratan.

Syarat tersebut adalah menunjukkan bahwa anak tersebut memiliki surat keterangan hasil negatif Covid-19 berupa RT-PCR maksimal 2 hari sebelum keberangkatan. Bisa juga menggunakan Rapid Antigen maksimal satu hari sebelum keberangkatan.

" Dengan syarat wajib menunjukkan satu dokumen yaitu hasil negatif COVID-19 sesuai moda transportasi dan daerah tujuannya, serta penerapan protokol kesehatan yang ketat."

3 dari 3 halaman

Tes PCR dan Antigen Aman buat Anak-Anak

Di samping itu, Wiku juga menjelaskan bahwa Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sudah menyatakan kelayakan tes PCR maupun Rapid Tes Antigen untuk anak-anak.

“ Ikatan Dokter Anak Indonesia sendiri telah menyatakan kelayakan PCR atau Rapid Antigen untuk dilakukan kepada anak-anak," imbuh Wiku.

Wiku melanjutkan, keputusan kebolehan anak di bawah 12 tahun naik trasnportasi umum itu dilakukan untuk meningkatkan kemudahan masyarakat membawa anak mereka khususnya dalam situasi mendesak.

“ Khususnya bagi mereka yang berada dalam keadaan mendesak dan penting seperti perpindahan orang tua akibat pindah tugas, perjalanan dinas, dan lain-lain,” terangnya.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

© Dream
Join Dream.co.id