1 Juta Samsung Note 7 Ditarik dari Pasar AS

Dinar | Jumat, 16 September 2016 16:43
1 Juta Samsung Note 7 Ditarik dari Pasar AS

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Gawai ini ditarik karena baterai yang digunakan rawan meledak.

Dream – Otoritas perlindungan konsumen Amerika Serikat resmi menarik satu juta unit Samsung Galaxy Note 7 dari pasar negerinya. Langkah ini dilakukan setelah banyak laporan yang menyebut piranti ini menyebabkan kebakaran ketika sedang pengisian baterai.

“ Kami memberitahu konsumen untuk segera berhenti menggunakan dan mematikan gawai itu,” kata Kepala Komisi Perlindungan Produk Konsumen, Elliot Kaye, dilansir dari CNN Money, Jumat 16 September 2016.

Sekadar informasi, Samsung berhenti menjual Samsung Galaxy Note 7 pasca menerima 92 laporan baterai yang overheating. Termasuk di dalamnya 26 kasus kebakaran karena baterai Samsung Galaxy Note 7 meledak akibat kepanasan.

Komisi ini mengatakan pengguna Samsung Galaxy Note 7 akan mendapatkan pengganti gratis dari Samsung. Produk ganti ini akan tersedia di toko sampai 21 September 2016.

“ Konsumen juga boleh meminta refund atau produk lain,” kata dia.

Kabar penarikan ini jelas membuat posisi Samsung tidak aman. Di saat yang bersamaan, saingan utama Samsung, Apple, baru saja merilis produk terbaru, iPhone 7.

Sekadar informasi, produk ini disorot tajam oleh berbagai pihak karena baterai yang digunakan Galaxy Note 7 ini adalah baterai yang rawan meledak. Jenisnya adalah lithium ion.

Federal Aviation Administration (FAA) telah merilis imbauan agar maskapai meminta konsumen untuk tidak mengoperasikan piranti ini ketika pesawat tengah mengudara. Imbauan ini pun diikuti berbagai maskapai, sebut saja Delta Airlines dan Singapore Airlines. Maskapai nasional pun turut mengikuti imbauan ini, yaitu Garuda Airlines dan Lion Group.(Sah)

Bikin Geleng-geleng Kepala, 3 Mobil Ini Sukses Terjang Banjir
Join Dream.co.id