Alhamdulillah, Subsidi Gaji Rp600 Ribu Cair Akhir Agustus 2020

Dinar | Kamis, 13 Agustus 2020 11:12
Alhamdulillah, Subsidi Gaji Rp600 Ribu Cair Akhir Agustus 2020

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Siapa saja yang berhak menerima bantuan ini?

Dream - Kabar gembira bagi karyawan swasta yang bergaji di bawah Rp5 juta. Sebab, subsidi Rp600 ribu yang diberikan selama empat bulan, atau total Rp2,4 juta, bakal cair mulai bulan Agustus ini.

" Bantuan subsidi gaji kemarin sudah di konferensi pers, Insya Allah akhir bulan ini juga sama dengan bantuan produktif usaha mikro," ujar Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Erick Thohir, dikutip dari Merdeka.com, Kamis 13 Agustus 2020.

Menurut Erick, pencairan bantuan langsung tunai itu akan dilakukan dalam dua tahap. Pertama, untuk gaji bulan September dan Oktober akan dibayarkan pada bulan Agustus. Sedangkan untuk gaji bulan November dan Desember dibayarkan pada bulan September mendatang.

Dalam penyaluran bantuan kepada kepada 15,7 juta pekerja tersebut, pemerintah akan bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) agar prosesnya berjalan dengan transparan.

" Tapi ini data dari BPJS Ketenagakerjaan yang masih menganut data Juni yang masih ada iurannya," lanjut Erick.

Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, pekerja penerima subsidi haruslah mereka yang terdaftar aktif di BPJS Ketenagakerjaan dengan iuran di bawah Rp150.000 per bulan atau setara dengan gaji di bawah Rp5 juta per bulan.

Sumber: Merdeka.com

2 dari 7 halaman

Sektor Usaha Pegawai yang Akan Terima Subsidi Gaji Rp600 Ribu

Dream - Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah memastikan pegawai penerima subsidi gaji Rp600 ribu per bulan berasal dari berbagai sektor usaha. Yang terpenting, para penerima itu tercatat sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Dalam keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin, 10 Agustus 2020, Ida mengatakan penerima program subsidi upah tidak dibatasi jenis pekerjaan baik kriteria maupun persyaratan lainnya.

Nantinya, pemerintah akan menggandeng aparat hukum mulai dari Kepolisian, Kejaksaan, BPK, BPKP, dan KPK, untuk melakukan pendampingan dalam rangka meyakinkan Kemenaker sebagai kuasa pengguna anggaran agar program ini benar-benar tepat sasaran.

“ Program ini saya mengulang bahwa uang itu setelah verifikasi dilakukan akan ditransfer langsung kepada rekening penerima program dalam hal ini adalah pekerja. Jadi tidak akan mampir ke mana-mana karena langsung ditransfer ke rekeningnya pekerja,” kata Menaker.

Untuk mempercepat program subsidi upah ini, Pemerintah berharap BPJS Ketenagakerjaan dapat segera memvalidasi data. Kehadiran para penegak hukum juga diharapkan membuat proses itu berjalan dengan baik.

 

3 dari 7 halaman

Syarat Utama Dapat Subsidi Gaji

Senada dengan Menaker, Direktur utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto, menyampaikan para calon penerima bantuan ini dari semua sektor industri.

“ Jadi syarat utamanya adalah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan secara aktif. Kemudian setelah kita sisir kita mendapatkan data tersebut, nah baru kita sampaikan kepada perusahaan,” katanya.

Diakui Agus, masih bahwa ada beberapa perusahaan yang belum patuh diantaranya belum melaporkan seluruh peserta atau karyawan serta tidak melaporkan upah sebenarnya kepada BPJS Ketenagakerjaan.

" Kami meminta kepada seluruh perusahaan untuk memastikan bahwa yang diberikan adalah sesuai dengan upah yang sebenarnya,” imbuhnya.

 

4 dari 7 halaman

Ada 15,7 Juta Pekerja Bergaji di Bawah Rp5 Juta

Data sementara yang didapat BPJS Ketenagakerjaan menemukan ada 15,7 juta tersebut peserta BP JAMSOSTEK di tanggal 30 Juni yang memiliki upah di bawah Rp5 juta. Data itu berasal dari laporan pemberi kerja atau perusahaan kepada BP JAMSOSTEK serta telah tercatat di sistem BP JAMSOSTEK.

“ Saat inilah kami sedang mengumpulkan kami minta kerja sama seluruh perusahaan, kami minta kerja sama seluruh pekerja untuk mendorong para perusahaan HRD masing-masing untuk segera melaporkan nomor rekening banknya kepada BP JAMSOSTEK agar kami punya waktu untuk melakukan validasi berikutnya,” jelasnya.

5 dari 7 halaman

Kerja di 3 Usaha Ini, Siap-Siap Dapat Subsidi Gaji Rp600 Ribu

Dream - Pelan-pelan para pekerja yang berpotensi bakal menerima subsidi updah dari pemerintah mulai terbuka. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengungkapkan ada tiga sektor usaha yang pekerjanya kemungkinan menerima tambahan gaji sebesar Rp600 ribu per bulan.

Berbicara di Rakornas Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Rabu, 12 Agustus 2020, Airlangga mengatakan para pekerja bergaji di bawah Rp5 juta yang akan menerima subsidi gaji diantaranya bekerja di sektor perhotelan, restoran, dan penerbangan.

Karena kita tahu pekerja di perhotelan, restoran dan pesawat udara itu adalah first timer, mereka yang pertama bekerja dan anak-anak muda," ujar Airlangga dalam rakornas Apindo, Jakarta, Rabu (12/8).

Airlangga mengatakan, pemberian bantuan tersebut akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat. Nantinya setiap pekerja akan menerima total subsidi gaji sebesar Rp2,4 juta yang terbagi dalam dua tahap masing-masing Rp1,2 juta setiap dua bulan sekali.

" Ini lagi dalam tahap finalisasi Dipa," jelasnya.

 

6 dari 7 halaman

800 Ribu Korban PHK Ikut Kartu Prakerja

Mantan Menteri Perindustrian tersebut mengatakan program subsidi upah ini merupakan bagian dari program pemulihan ekonomi. Di samping memberikan bantuan tunai kepada pekerja berpenghasilan rendah, pemerintah juga sudah menyiapkan program Kartu Prakerja bagi tenaga kerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pandemi.

Rencananya, program Kartu Prakerja akan diikuti oleh 2,1 juta pegawai korban PHK. Di gelombang kedua ini, penyelenggara program ini akan kembali menerima 800 ribu peserta baru.

" Mereka akan dapat pelatihan dan semi Bansos," tandasnya.

(Sah, Sumber: Liputan6.com)

 

7 dari 7 halaman

Join Dream.co.id