Akses Token Listrik WhatsApp, Tapi Kok Malah Error?

Dinar | Sabtu, 4 April 2020 09:01
Akses Token Listrik WhatsApp, Tapi Kok Malah Error?

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Oh, ternyata ini penyebabnya.

Dream – PT PLN (Persero) akan membebaskan tagihan bagi pelanggan 450 VA dan diskon 50 persen bagi 900 VA bersubsidi. Ini berlaku bagi pengguna listrik prabayar.

Mereka bisa mengakses kode voucher untuk diskon listrik, salah satunya, melalui WhatsApp.

Wakil direktur utama PLN, Dharmawan Prasodjo, mengakui ada sejumlah keluhan pelanggan yang diterima terkait token listrik gratis via WhatsApp. Dikatakan bahwa nomor 0812212312 tidak memberikan respons.

Dharmawan mengatakan, hal ini disebabkan oleh server WhatsApp yang sedang mengalami perbaikan. Dia meminta pelanggan bersabar, dan menargetkan layanan PLN via WhatsApp akan dapat mulai beroperasi normal pada Senin pekan depan.

" Itu bukan dari PLN, tapi dari WhatsApp yang lagi upgrade aplikasinya. Makanya nomor WhatsApp itu Insya Allah nanti akan bisa berjalan mulai hari Senin, tapi saat ini masih dalam perbaikan dari server WhatsApp dan Facebook," kata Dharmawan.

Jika sudah berfungsi, layanan PLN melalui WhatsApp bisa muncul saat pelanggan mengetik pesan apa pun.

“ Di situ ketik apa saja, langsung akan mendapatkan balasan kemudian dimasukan id pelanggan. Dari id pelanggan akan ada kode token listrik gratis yang bisa dimasukan ke kWh meter untuk dapatkan gratis atau diskon," kata Dharmawan.

2 dari 6 halaman

Bisa Lewat Situs Biar Dapat Token Gratisan

Selain di WhatsApp, konsumen juga bisa mengakses situs resmi www.pln.co.id untuk mendapat kode voucher listrik gratis. Dalam website tersebut, konsumen bisa masuk ke dalam menu Pelanggan, lalu memilih submenu Stimulus Covid Pelanggan.

" Masukan id pelanggan atau nomor meternya, kemudian masuk ke nomor listrik gratis. Begitu token listrik gratis didapatkan, masukan ke kWh meter agar dapat gratisan atau diskonnya," imbuh dia.

Namun begitu, Dharmawan memperingatkan, tak semua pengguna listrik bisa mendapat kode voucher itu, khususnya bagi pelanggan untuk golongan 900 VA. Dia menghimbau konsumen golongan 900 VA untuk lebih dulu mengecek struk pembelian token yang dimilikinya.

" Pertama, mohon lihat struknya pada saat membeli token. Jika di sana kodenya ada R1M, artinya mampu, itu berarti meski 900 VA tapi mohon maaf saat ini tidak eligible untuk dapatkan diskonnya," kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Maulandy Rizky Bayu Kencana)

3 dari 6 halaman

Cara Dapat Token Listrik Gratis dan Diskon 50% Via WhatsApp

Dream – Pemerintah meluncurkan kebijakan tagihan listrik gratis bagi pelanggan 450 VA dan diskon 50 persen untuk konsumen 900 VA bersubsidi. Nantinya, kedua pelanggan PLN tersebut bisa mendapatkan tarif listrik gratis itu dengan mendapatkan token gratis.

Sahabat Dream bisa mendapatkan token gratis dan diskon dari laman PLN. Kabar baiknya, kamu juga bisa mendapatkannya melalui WhatsApp!

Pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan tagihannya pada bulan April, Mei dan Juni.

 

 Cara Dapat Token Listrik Gratis dan Diskon 50% Via WhatsApp© Dream

 

Sementara untuk pelanggan prabayar dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Sedangkan diskon tarif untuk pelanggan subsidi 900 VA bagi pelanggan pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada tiap bulannya akan dikurangi 50 persen. Sementara bagi pelanggan prabayar, token listrik gratis sebesar 50 persen akan diberikan kepada pelanggan, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Berikut ini tahap-tahapnya jika kamu ingin mendapatkan token gratis via WhatsApp.

4 dari 6 halaman

Ini Caranya Via WhatsApp

1. Buka aplikasi WhatsApp
2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123
3. Masukkan ID pelanggan dan ikuti petunjuknya
4. Kode voucher token akan muncul.
5. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis ke meteran sesuai dengan ID pelanggan.

Dengan ID Pelanggan tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

5 dari 6 halaman

Tak Ada WhatsApp, Bisa Meluncur ke Laman PLN

Tak ada WhatsApp, kamu pun bisa mendapatkannya di situs resmi PLN.

 

 Tak Ada WhatsApp, Bisa Meluncur ke Laman PLN© MEN

 

1. Buka Alamat www.pln.co.id.
2. Masuk ke menu “ Pelanggan” dan langsung pilih ke stimulus Covid-19.
3. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter.
4. Token gratis akan ditampilkan di layar. 
5. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.

6 dari 6 halaman

Sabar, ya, Bertahap

Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka, mengatakan ada 24 juta pelanggan 450 VA dan 7 juta pelanggan 900 VA bersubsidi di database PLN. Suprateka mengatakan puluhan juta pelanggan ini akan dimasukkan ke dalam sistem secara bertahap.

“ Bertahap, sambil jalan (memasukkan data ke sistem),” kata dia ketika dihubungi Dream.

Suprateka mengatakan paling lambat 11 April 2020 semua pelanggan yang dimaksud sudah bisa menikmati program keringanan tarif listrik. Dikatakan bahwa kebijakan tersebut merupakan bentuk kehadiran engara dalam membantu perekonomian masyarakat miskin dan tidak mampu.

“ Ini bukti PLN bersama Pemerintah siap hadir di setiap kondisi,” kata Suprateka. 

Join Dream.co.id