Lurangi Stres Karyawan, Bank Ini Terapkan Jumat Sore Tanpa Zoom

Dinar | Rabu, 12 Mei 2021 14:00
Lurangi Stres Karyawan, Bank Ini Terapkan Jumat Sore Tanpa Zoom

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Penerapan aturan tersebut juga bertujuan untuk menekan rasa tertekan yang timbul selama bekerja dari rumah.

Dream – HSBC berencana menerapkan “ Zoom free” setiap Jumat sore untuk karyawannya di Inggris. Keputusan ini diambil untuk mengatasi stres yang di menekan stres yang disebabkan saat bekerja dari rumah selama pandemi Covid-19.

Dikutip dari BBC, Selasa 11 Mei 2021, program uji coba ini akan diikuti oleh perusahaan lain untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan. Aturan Jumat Bebas Zoom ini berlaku untuk unit bank komersial yang mencakup giro, pinjaman, hipotek, dan kartu kredit.

Langkah ini dilakukan saat HSBC mengejar rencana untuk menyusutkan ruang kantor sebesar 40 persen karena terguncang pandemi Covid-19.

HSBC mengonfirmasi sedang menguji rencana ini. Pemberlakuan aturan bebas Zoom setiap Jumat sore ini merupakan bagian dari rencana untuk masa depan pekerjaan di perusahaan.

“ Uji coba ini akan melibatkan sejumlah orang yang berkomitmen untuk tidak mengatur pertemuan Zoom pada Jumat sore untuk memberikan ruang bagi pekerjaan lain,” kata juru bicara bank.

2 dari 3 halaman

Keseimbangan Kehidupan Kerja

Masalah work-life-balance ini telah disorot oleh seorang pegawai HSBC, Jonathan Frostick. Pria berusia 45 tahun ini berbagi pemikirannya setelah mengidap serangan jantung.

Frostick ini merupakan seorang manajer program regulasi. Dia dibawa ke rumah sakit pada Minggu sore setelah sakit saat mempersiapkan pekerjaan mingguan.

“ Saya pergi ke kamar tidur agar bisa berbaring,” kata dia.

Sang istri akhirnya menelepon 999 agar Frostick segera mendapatkan pertolongan.

“ Saya tidak akan menghabiskan sepanjang hari di Zoom lagi,” kata Frostick. Unggahan di LinkedIn ini telah menarik beragam pengguna platform dan menghimpun lebih dari 11 ribu komentar.

“ Perusahaan terus mendorong orang ke batas mereka tanpa mempedulikan kesejahteraan pribadi,” kata seorang warganet.

3 dari 3 halaman

Kelelahan Gara-gara Zoom

Aplikasi video conference ini memang menyediakan sarana yang diperlukan bagi orang-orang yang bekerja dari rumah. Tapi, ini bisa menimbulkan masalah karena ada saja orang yang kelelahan akibat mengikuti rapat secara virtual.

Perusahaan lain seperti Citigrup memang telah menghadirkan Zoom Free setiap Jumat. Kepala Eksekutif Citigroup, Jane Fraser, membantah ada garis yang kabur antara rumah dan tempat kerja serta tidak ada hari kerja selama pandemi.

KPMG, perusahaan yang bergerak di bidang akuntansi, telah menetapkan bahwa 16 ribu stafnya bisa cuti sehari dalam seminggu.

Bahkan, kelelahan akibat rapat virtual pun juga turut dirasakan oleh bos Zoom, Erick Yuan. Dia mengaku kecapekan karena mengikuti rapat di Zoom dan tak lagi menjadwalkan rapat berturut-turut.

Join Dream.co.id