Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ada PPKM Darurat, Jumlah Penumpang KA Turun 50 Persen

Ada PPKM Darurat, Jumlah Penumpang KA Turun 50 Persen Jumlah Penumpang KA Turun 50 Persen Saat PPKM Darurat Diberlakukan. (Foto: PT KAI)

Dream – Penerapan PPKM Darurat berdampak terhadap bisnis transportasi, salah satunya kereta. Sejak PPKM Darurat diberlakukan pada 3 Juli 2021, perjalanan masyarakat dengan kereta turun 50 persen.

Dikutip dari keterangan tertulis KAI, Selasa 6 Juli 2021, selama 3-5 Juli 2021, KAI telah melayani 51.363 pelanggan jarak jauh ke berbagai tujuan. Jumlah tersebut turun 50 persen dibandingkan dengan sebelumnya, yaitu 26-28 Juli 2021 sebanyak 104.072 pelanggan.

Mulai 5 Juli 2021, pelanggan KAJJ di Jawa dan Sumatera wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2x24 jam atau Rapid Test Antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan. Khusus perjalanan KA Jarak Jauh di Pulau Jawa, pelanggan juga diharuskan menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi dosis pertama.

Sejak pemberlakuan aturan baru tersebut, terjadi penurunan jumlah pelanggan KA Jarak Jauh sebesar 65 persen. Pada 5 Juli 2021, KAI memberangkatkan 8.829 pelanggan KA Jarak Jauh turun dibanding keberangkatan 4 Juli sebanyak 25.495 pelanggan KA Jarak Jauh.

“Penurunan ini menunjukkan bahwa masyarakat mulai membatasi pergerakan mereka sesuai arahan dan kebijakan pemerintah pada masa PPKM Darurat,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, di Jakarta.

KAI mendukung penuh kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah pada moda transportasi kereta api di masa PPKM Darurat ini untuk menekan laju penyebaran Covid-19.

Joni menjelaskan, penurunan itu juga sebanding dengan pengurangan jumlah perjalanan yang dilakukan KAI. Pada periode PPKM Darurat, KAI mengurangi perjalanan KA Jarak Jauh sebanyak 44 persen dibanding perjalanan di Bulan Juni. Dari rata-rata 122 perjalanan KA Jarak Jauh per hari di bulan Juni, menjadi 68 perjalanan KA Jarak Jauh per hari pada masa PPKM Darurat.

Tambah Satu Stasiun yang Layani Vaksinasi Covid-19

KAI hanya mengizinkan masyarakat yang sudah sesuai persyaratan yang dapat naik kereta api. Petugas akan memeriksa dengan tegas, cermat, dan teliti seluruh kelengkapan calon penumpang.

Untuk membantu masyarakat melengkapi persyaratan, KAI kembali menambah layanan Vaksinasi Covid-19 Gratis di Stasiun, yaitu Stasiun Malang mulai 6 Juli 2021. Kini, terdapat 11 Stasiun yang menyediakan Vaksinasi Covid-19 Gratis khusus pelanggan KA Jarak Jauh, yaitu:

1. Gambir
2. Pasar Senen
3. Bandung
4. Cirebon
5. Semarang Tawang
6. Purwokerto
7. Yogyakarta
8. Solo Balapan
9. Madiun
10. Jember
11. Malang

Syarat untuk Ikuti Vaksinasi Covid-19 Gratis

Syarat untuk mengikuti Vaksinasi Covid-19 Gratis ini yaitu harus berusia 18 tahun ke atas, menunjukkan kode booking tiket yang sudah dibayar atau tiket KA Jarak Jauh yang berlaku, memiliki KTP, dan datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api. Khusus bagi ibu hamil bisa mendapatkan vaksin di stasiun setelah mendapat penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedia atas pilihannya untuk divaksin Covid-19.

“Selama 3-5 Juli 2021 KAI telah melakukan vaksinasi kepada 993 pelanggan KA Jarak Jauh di berbagai stasiun,” kata Joni.

Selain layanan Vaksinasi Covid-19 Gratis di Stasiun, KAI juga telah menyediakan 83 Stasiun yang melayani Rapid Test Antigen seharga Rp85 ribu.

“KAI siap memberikan pelayanan terbaik dengan protokol kesehatan yang ketat, kepada masyarakat yang tetap harus bepergian pada masa PPKM Darurat ini,” kata dia.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
7 Warna Petir dari Paling Umum Sampai Langka, Punya Makna Masing-masing

7 Warna Petir dari Paling Umum Sampai Langka, Punya Makna Masing-masing

Banyak yang tak sadar bahwa petir sebenarnya muncul dalam berbagai macam warna. Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Baca Selengkapnya
Begini Cara Perpanjang Paspor Jalur Cepat Satu Hari Jadi

Begini Cara Perpanjang Paspor Jalur Cepat Satu Hari Jadi

Cukup satu hari saja, pspor sudah di tangan. Biaya yang dikeluarkan memang lebih mahal.

Baca Selengkapnya
Perdana, IKN Bakal Gelar Pencoblosan Pemilu 2024

Perdana, IKN Bakal Gelar Pencoblosan Pemilu 2024

IKN turut melakukan pemungutan suara untuk Pemilu 2024

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
BUNGKUS! Nyam Nyam Kenyang!

BUNGKUS! Nyam Nyam Kenyang!

Kalian pernah gak sih melihat video viral dan jadi terngiang-ngiang terus? Setiap mau makan selalu muncul, bikin bete gak sih sahabat dream?

Baca Selengkapnya