`Hikmah` di Balik Pandemi Corona, Nasabah Mandiri Sekuritas Tambah 11 Ribu

Dinar | Rabu, 3 Juni 2020 14:36
`Hikmah` di Balik Pandemi Corona, Nasabah Mandiri Sekuritas Tambah 11 Ribu

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Pandemi mengubah masyarakat lebih adaptif terhadap teknologi, termasuk untuk investasi.

Dream – PT Mandiri Sekuritas mencatatkan kenaikan 11 ribu nasabah retail baru sepanjang empat bulan pertama tahun 2020. Meski ekonomi mengalami perlambatan di dua bulan terakhir karena Covid-19, anak usaha PT Bank Mandiri Tbk ini mencatat kenaikan nilai transaksi rata-rata nasabah ritel.

Nilai transaksi harian pada April 2020 bahkan tercatat melesat hampir dua kali lipat dibandingkan dengan transaksi rata-rata pada Januari 2020.

Direktur Mandiri Sekuritas, Theodora V. N. Manik, memperkirakan pandemi Covid-19 telah mengubah perilaku masyarakat untuk lebih adaptif terhadap teknologi, tak terkecuali untuk investasi.

“ Situasi saat ini mendorong masyarakat untuk lebih sadar akan pentingnya mengelola keuangan dengan baik guna mengantisipasi kebutuhan di masa depan,” kata Theodora di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis, Rabu 3 Juni 2020.

Sekadar informasi, saat ini, Mandiri Sekuritas memiliki lebih dari 133 ribu nasabah ritel atau individu. Sebanyak 90 persen di antaranya berinvestasi secara online yaitu fasilitas MOST. Layanan terintegrasi MOST dapat diakses melalui berbagai platform, sehingga mempermudah para nasabah untuk berinvestasi pasar modal di mana saja.

“ Memasuki fase normal baru (new normal) ini, Mandiri Sekuritas berkomitmen mendukung masyarakat untuk tetap produktif dengan berinvestasi di pasar modal guna meraih kemapanan di masa depan,” kata dia.

2 dari 6 halaman

Mandiri Sekuritas Bidik Rp15 Miliar dari Sukuk ST-006

Dream – PT Mandiri Sekuritas membidik penjualan sukuk ini senilai Rp15 miliar melalui penjualan sukuk green retail ST-006. Perusahaan ini mengajak masyarakat untuk peduli lingkungan dan jadi bagian dalam pembangunan melalui instrumen keuangan syariah itu.

“ ST-006 menjadi pilihan investasi yang menarik bagi masyarakat seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap lingkungan,” kata Direktur Mandiri Sekuritas, Lisana Irianiwati, dalam keterangan tertulis yang diterima Dream, Rabu 6 November 2019.

Lisana mengatakan, dana yang dihimpun dari sukuk ritel itu akan digunakan oleh proyek-proyek pemerintah di bidang lingkungan. Green sukuk retail ini tidak hanya berdampak pada penurunan emisi karbon, tetapi juga menyasar lima bidang kampanye global ‘Tujuan Pembangunan Berkelanjutan’ (Sustainable Development Goals/SGDs). Misalnya, energi bersih dan terjangkau, pekerjaan yang layak, industri, inovasi dan infrastruktur, kota dan komunitas berkelanjutan serta penanganan perubahan iklim.

 

 Mandiri Sekuritas Bidik Rp15 Miliar dari Sukuk ST-006© Dream

 

Selain keuntungan dan kontribusi untuk lingkungan hidup, Mandiri Sekuritas mendorong masyarakat menjadi bagian dalam pembangunan negeri.

“ Mandiri Sekuritas memiliki komitmen untuk mendorong masyarakat menjadi mapan (#SobatMapan) sekaligus menjaga kelestarian lingkungan untuk keberlangsungan negeri dan generasi penerus,” kata dia.

3 dari 6 halaman

Bisa Dibeli Secara Online

Mandiri Sekuritas memudahkan masyarakat untuk membeli ST006 secara online melalui sbn.most.co.id. Dengan akses online, proses registrasi dan transaksi dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan aman.

Nasabah juga dapat memantau investasinya setiap waktu. Nasabah yang sudah teregistrasi di MOST dan MOST Sharia dapat langsung membeli ST006.

Sekadar informasi, sukuk negara berakad wakalah ini menawarkan imbal hasil dengan mekanisme floating with floor atau mengambang dengan batas minimal 6,75 persen per tahun. Penerimaan imbal hasil dibayarkan setiap bulan pada tanggal 10 terhitung mulai 10 Januari 2020.

Periode pemesanan produk investasi ini dimulai sejak tanggal 1 November 2019 sampai 21 November 2019. Adapun nilai investasi pada produk ini sangat terjangkau, dimulai dari Rp1 juta dan kelipatannya sampai maksimal Rp3 miliar.

4 dari 6 halaman

Potensi Besar, Mandiri Sekuritas Incar E-commerce

Dream - Perkembangan e-commerce yang begitu pesat menarik perhatian banyak pihak. Salah satunya adalah PT Mandiri Sekuritas yang tertarik untuk bekerja sama dengan e-commerce.

 

 Potensi Besar, Mandiri Sekuritas Incar E-commerce© Dream

 

Pada Selasa 28 Mei 2019, Direktur Utama Mandiri Sekuritas, Silvano Rumantir, mengatakan perusahaan e-commerce memiliki basis data pelanggan yang sangat besar. Dengan kerja sama ini, setidaknya ada potensi untuk menambah nasabah baru.

" Mengapa tidak memanfaatkan e-commerce untuk memajukan pasar modal?" Kata Silvano dalam " Market Update dan Buka Puasa Bersama Mandiri Sekuritas" di Jakarta.

5 dari 6 halaman

Persiapkan Diri

Dia mengatakan, Mandiri Sekuritas harus mempersiapkan diri terlebih dahulu jika ingin bekerja sama dengan e-commerce. Makanya, mereka ingin mengkaji ulang apakah platformnya sudah sesuai untuk bekerja sama dengan e-commerce.

" Kami enggak mau masuk ke sirkuit yang level tinggi, tapi mobil balapnya siapjya ke sekarang. Malah back fire," kata dia.

Silvano mengatakan saat ini pihaknya belum ada kerja sama dengan e-commerce. " Semua teman. Semua unicorn, kan, teman. Kami diskusi semua," kata dia.

6 dari 6 halaman

Transaksi Harian Mandiri Sekuritas Naik 35%

Dream - PT Mandiri Sekuritas melaporkan pertumbuhan rata-rata transaksi harian sepanjang tahun 2016. Perusahaan efek ini mencatat transaksi hingga Oktober 2016 mencapai Rp230 miliar, atau tumbuh lebih dari 35 persen.

Direktur Utama Mandiri Sekuritas, Silvano Rumantir dalam keterangan pers " MOST Awards 2016" di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat 2 Desember 2016 mengatakan perusahaan saat ini memiliki tak kurang dari 57 ribu nasabah ritel. 

Jumlah nasabah anak usaha PT Bank Mandiri Tbk (Persero) ini bertambah 47 persen dibandingkan periode sama setahun yang lalu.

Sebagai bentuk apresiasai pada nasabahnya, Silviano mengungkapkan manajemen berinisiatif untuk menggelar MOST Awards 2016. Ini adalah ajang penghargaan yang diberika kepada nasabah ritel perusahaan efek itu.

MOST Award 2016 diberikan untuk 10 kategori pemenang, yaitu MOST High Value Customer, MOST Active Customer, MOST Inspiring Customer, MOST Outstanding RBB Branch, MOST MGM Customer, MOST Trading Challenge Winner, MOST Loyal Customer, MOST Development Program Gallery, dan MOST Influential Customer.

Kesepuluh kategori ini mewakili capaian para nasabah sepanjang tahun 2016. 

" Para pemenang diharapkan menjadi figur positif bagi lingkungan sekitarnya dan dapat membuktikan bahwa investasi pasar modal dapat dilakukan oleh berbagai kalangan masyarakat dengan latar belakang yang sangat beragam," kata dia.(Sah)

Join Dream.co.id