Mulai Besok Indonesia Hentikan Sementara Visa untuk India

Dinar | Sabtu, 24 April 2021 08:01
Mulai Besok Indonesia Hentikan Sementara Visa untuk India

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Lalu, bagaimana dengan WNI yang ada di India kalau ingin pulang ke Indonesia?

Dream – Pemerintah turut mencermati lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi di India. Pemerintah memutuskan untuk menghentikan pemberian visa bagi warga asing yang pernah mengunjungi atau tinggal di India selama dua minggu terakhir.

“ Pemerintah memutuskan untuk menghentikan pemberian visa bagi orang asing yang pernah tinggal atau mengunjungi India dalam waktu 14 hari,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam konferensi pers virtual, Jumat 23 April 2021.

Bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di India atau pernah mengunjungi India selama 14 hari terakhir, kata Airlangga, pemerintah masih mengizinkan untuk kembali ke Indonesia. Namun, mereka harus menjalani karantina selama 14 hari di hotel khusus.

“ Kemudian, lulus tes PCR dengan hasil negatif maksimum 2x24 jam sebelum keberangkatan dan hari pertama kedatangan dan hari 14 pasca karantina akan kembali dites PCR,” kata dia.’

2 dari 2 halaman

Berlaku Lusa

Airlangga mengatakan aturan ini berlaku mulai Minggu 25 April 2021. Pemerintah membuka titik kedatangan yaitu pelabuhan udara, pelabuhan laut, dan jalur darat. Pelabuhan udara yang dibuka adalah Bandara Soekarno Hatta, Bandara Juanda, Bandara Kualanamu Medan, dan Bandara Sam Ratulangi.

Kemudian, untuk pelabuhan laut, yaitu dibuka adalah Pelabuhan Batam, Pelabuhan Tanjung Pinang, dan Pelabuhan Dumai. Sementara itu, untuk jalur darat, yang dibuka adalah Entikong, Nunukan, dan Malinau.

“ Ini terkait dengan kepulangan WNI dari Malaysia,” kata dia.

 

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Join Dream.co.id