7 Tips Atur Keuangan di Tengah Wabah Virus Corona

Dinar | Kamis, 26 Maret 2020 07:45
7 Tips Atur Keuangan di  Tengah Wabah Virus Corona

Reporter : Reni Novita Sari

Pasien COVID-19 terus bertambah. Ada ketidakpastian seputar berapa lama wabah akan berlangsung. Mari kita simak 7 tips atur keuangan di tengah wabah virus corona berikut ini.

DREAM - Dampak penyebaran virus corona dapat dirasakan di berbagai negara. Tidak terkecuali Indonesia.

Walaupun di negara ini tidak diterapkan sistem lockdown, pemerintah membuat kebijakan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dan mengiimbau masyarakat untuk tetap berada di rumah mereka.

Akibatnya, tingkat pendapatan masyarakat dinilai turun drastis, terutama dalam bidang bisnis dan pekerja lepas. Pekerja dipaksa untuk tetap tinggal di rumah dan meninggalkan pekerjaanya.

Mereka mengeluh tidak adanya pemasukan saat situasi penyebaran wabah virus dari Wuhan, China ini. Hal itu berbanding terbalik dengan kebutuhan yang mengalami peningkatan dan harga-harga barang yang mengalami kenaikan.

 ilustrasi belanja online© shutterstock.com

Di tengah kondisi seperti saat ini, masyarakat harus cerdas dalam mengatur keuangan mereka. Sebab, banyak hal di luar dugaan kita bermunculan seiring meluasnya penyebaran wabah ini.

Dengan banyak ketidakpastian kapan berakhirnya pandemi ini, wajar saja masyarakat mengalami masalah dalam keuangan.

Ada beberapa langkah cerdas yang dapat kamu lakukan untuk mengatur keuangan selama masih adanya penyebaran virus corona di negara kita. Berikut dikutip dari fool.com beberapa langkah penting yang harus kalian perhatikan: 

2 dari 8 halaman

Jangan Menimbun Bahan Makanan

 Belanja bahan pokok seperlunya© Sumber foto : Liputan6.com

Kepanikan masyarakat Indonesia wajar saja terjadi terkait penyebaran virus Covid-19 yang dinilai meluas dengan begitu cepat. Namun, hal itu jangan menyebabkan kalian gelap mata untuk menimbun banyak bahan makanan sebagai persediaan.

Pada titik ini, kita semua telah mendengar cerita tentang toko-toko yang menjual bahan pokok dan barang-barang penting lainnya habis diborong oleh masyarakat.

Meskipun tentu saja masuk akal untuk membeli beberapa kebutuhan pokok untuk mengantisipasi, harus mengisolasi diri kalian untuk sementara waktu.Tapi belilah apa yang kalian butuhkan dalam takaran yang wajar.

3 dari 8 halaman

Kurangi Pengeluaran yang Tidak Penting

 Menggunakan keuangan untuk hal yang penting© Sumber foto : globalblue.com

Dalam kondisi ini sisihkan keinginan kalian untuk membeli barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

Dalam hal ini, kalian dapat mengurangi membeli junkfood, nongkrong di kafe, membatasi penggunaan internet, dan banyak cara lain yang tidak memberatkanmu.

Situasi ini anda dapat memilah kebutuhan yang sebenarnya tidak terlalu kalian butuhkan. Dengan demikian, kalian tetap memiliki cukup finansial yang memadai sembari menunggu keadaan kembali aman untuk beraktivitas kembali.

 

4 dari 8 halaman

Simpan Uang Tunai

Jika wabah COVID-19 semakin memburuk secara signifikan, bukan tidak mungkin kita akan melakukan shutdown skala penuh di beberapa wilayah negara ini.

Sebagian besar bisnis di Indonesia kecuali toko kelontong dan beberapa lainnya tutup.sedangkan, beberapa toko kelontong belum menyediakan akses pembayaran dengan kartu.

Ini dapat mempersulit kalian mendapatkan uang tunai jika tiba-tiba kalian membutuhkannya, terutama jika cabang-cabang bank tutup.

Sebaiknya, mengambil sejumlah uang dan menyimpannya di rumah kalian dengan aman. Hal tersebut juga bisa mengurangi aktivitas di luar rumah sesuai imbauan dari pemerintah.

5 dari 8 halaman

Menggunakan Uang Darurat

 Menggunakan dana darurat jika terdesak© Sumber foto : lifepal.co.id

Pada waktu seperti sekarang ini, membuat kita sadar pentingnya membuat dana darurat. Kalian akan tetap merasa tenang ketika mengetahui harus dipaksa untuk tetap tinggal di rumah dan tidak melakukan pekerjaan.

Dengan adanya wabah ini penting bagi kalian untuk menyiapkan dana darurat di lain waktu.

6 dari 8 halaman

Jangan Gunakan Kartu Kredit

 Jangan menggunakan kartu kredit sementara waktu© Sumber foto : Liputan6.com

Kartu Kredit tidak disarankan untuk situasi yang sedang terjadi seperti sekarang ini. Sebagian dari kalian mungkin menggunakan kartu kredit untuk melakukan transaksi pembayaran. Batasi diri kalian untuk tidak membeli terlalu banyak dengan kartu kredit.

Ketidakpastian berakhirnya wabah ini, juga tidak dapat memastikan kapan perekonomian kalian akan kembali normal. Tingginya bunga kartu kredit akan membuat kalian sangat bekerja keras untuk menggantinya.

7 dari 8 halaman

Menjual Dollar

 Tukar uang Dollar Anda ke Bank© Sumber foto : Liputan6.com

Menguatnya nilai tukar Dollar pada situasi ini dapat kalian manfaatkan untuk menjual uang Dollar kalian pada Bank. Pada saat ini nilai tukar Rupiah terhadap Dollar anjlok.

Bagi yang bertransaksi dengan menggunakan Dolar, anjloknya Rupiah tak begitu dirasakan kerugiannya. Bahkan, bagi mereka yang memiliki tabungan Dollar, hal tersebut justru memberikan keuntungan. Sebab tabungan mereka akan berlipat ganda ketika ditukar dengan Rupiah.

8 dari 8 halaman

Mencari Pemasukan Tambahan

 Cari penghasilan tambahan dengan berjualan online© Sumber foto : ilovelife.com

Dalam kondisi ini, kita tidak boleh pasrah terhadap keadaan. Gunakan kebijakan dari pemerintah untuk bekerja dari rumah semaksimal mungkin.

Anda bisa menambah pemasukan dengan berbagai cara yang dikuasai. Misalnya, berjualan online. Adanya wabah ini penjualan dengan sistem online menjadi pilihan yang tepat untuk kalian.

Pandemi COVID-19 adalah situasi yang mengerikan dan menakutkan. Ada ketidakpastian seputar berapa lama wabah akan berlangsung, seberapa buruk itu akan terjadi, dan banyak variabel lainnya.

Tapi kita akan melewatinya. Jadi aturlah keuanganmu dengan bijak dan buatlah keputusan cerdas. Kita  harus fokus pada apa yang benar-benar penting dan jagalah kesehatan kalian dan kesehatan orang-orang yang kalian sayangi.

Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna
Join Dream.co.id