7 Konflik Rebutan Warisan Keluarga Kaya Raya Paling Pelik di Dunia

Dinar | Rabu, 15 Juli 2020 12:33
7 Konflik Rebutan Warisan Keluarga Kaya Raya Paling Pelik di Dunia

Reporter : Syahid Latif

Ada yang sampai berkonflik belasan tahun.

Dream - Salah satu konflik yang dihadapi keluarga miliarder adalah perebutan harta warisan saat orang tua telah berpulang. Terbaru, kerajaan bisnis Sinarmas terlihat dalam sidang di pengadilan setelah Freddy Widjaya menuntut pembagian harta atas 12 perusahaan milik mendiang Eka Tjipta Widjaya.

Perwakilan dari Sinarmas Group sendiri sudah menjelaskan tentang masalah sebenarnya dari tuntutan pembagian harta warisan yang diajukan Freddy Wijaya. 

(Baca: Kata Sinarmas Soal Freddy Widjaja Tuntut Warisan Triliunan Eka Tjipta Widjaja)

Jauh sebelum perebutan harta warisan yang dialami keluarga mendiang Eka Tjipta, konflik perselisihan serupa juga pernah dialami sejumlah kalangan miliarder di dunia.

Mereka sampai bertarung di pengadilan untuk memutuskan siapa yang berhak atas harta milik orang tua.

Berikut adalah tujuh kasus perebutan harta warisan di kalangan keluarga miliarder dunia:

 

2 dari 5 halaman

Dari Kalangan Miliarder Kaya Raya

1. Wellington Burt

Baron kayu kaya raya mungkin telah mati seratus tahun yang lalu, tetapi dia meninggalkan wasiat paling aneh yang pernah ada. Diduga, setelah berselisih dengan anggota keluarga dekatnya, Burt menuliskan wasiat bahwa tidak seorang pun keluarganya akan menerima satu sen pun dari warisannya yang bernilai $ 100 juta, senilai $ 1,5 miliar hari ini.

Dalam surat wasitanya, Burt mengatakan bahwa keturunannya hanya bisa mengakses tanah miliknya 21 tahun setelah cucu terakhir yang masih hidup. Itu berarti bahwa sudah sampai 2013 ketika uang itu akhirnya dibagikan - di antara 12 keturunan yang belum pernah dia temui.

2. Koch Bersaudara

Keempat putra Fred Koch menghabiskan hampir 20 tahun untuk bertempur dengan co-founder kekayaan dari bisnis konglomerasi energi Koch Industries. Perebutan bermula saat dua saudara lelaki, Charles dan David Koch, dituduh menipu William dan Frederick Koch, sebesar US$ 2,3 miliar ketika mereka menjual saham perusahaan.

Keempatnya hanya berkomunikasi melalui pengacara selama bertahun-tahun, tetapi akhirnya berdamai pada tahun 2001.

 

3 dari 5 halaman

Keluarga Musisi Terkenal Juga Rebutan Harta

3. John Lennon

 Kisah di Balik Kaca Mata Lennon© MEN

Ketika John Lennon dibunuh pada 1980, istrinya, Yoko Ono, dan akuntannya diberi kendali atas tanah yang dilaporkan bernilai lebih dari US$ 276 juta. Penerima manfaat dari warisan itu adalah putra Ono bersama Lennon bernama Sean. Namun putra Lennon dari pernikahan pertamanya, Julian, hanya diberi dana perwalian yang telah disiapkan saat perceraian Lennon. Julian menantang surat wasiat itu dan 16 tahun kemudian dia akhirnya mencapai penyelesaian di luar pengadilan dengan Ono. Meskipun tidak pernah dipublikasikan, angka damai itu dikabarkan mencapai US$ 20 juta.

4. Jimmy Hendrix

Gitaris legendaris ini meninggal karena overdosis obat pada tahun 1970 dalam usia masih sangat muda, 27 tahun. Jimmy Hendrix tidak meninggalkan wasiat sehingga pengacaranya mengambil alih tugas mengelola tanahnya selama 20 tahun. Namun ayah Jimi Al berhasil menggugat hak untuk mengelola musiknya. Ketika Al meninggal pada tahun 2002, kekayaan Jimi yang diperkirakan US$80 juta diserahkan kepada putri angkat Al, Janie. Keputusan itu membuat saudara Jimi, Leon, mengklaim bahwa ia memiliki hak atas warisan. Alhasil keluarga ini terlibat dalam pertempuran pengadilan yang panjang. Sejak saat itu, perkebunan Hendrix membawa Leon ke pengadilan untuk penjualan barang dagangan secara ilegal.

 

 

 

 

4 dari 5 halaman

5. Nina Wang

Pernah menjadi wanita terkaya di Tiongkok, Nina Wang meninggal pada 2007 dan meninggalkan harta warisan senilai US$ 4 miliar. Kekasihnya, penguasa Feng Shui Peter Chan, mengklaim warisannya seharusnya jatuh kepadanya. Namun pengadilan memutuskan bahwa semua hartaya akan disumbangkan. Belakangan diketahui bahwa Chan telah memalsukan surat wasiatnya, dan karenanya dia dijatuhi hukuman penjara 12 tahun.

6. Leona Helmsley

Dengan perkiraan kekayaan $ 4,8 miliar, maestro real estat terkenal Leona Helmsley meminta agar sebagian besar uangnya diberikan untuk amal, serta sejumlah kecil kepada berbagai kerabat ketika ia meninggal pada 2007. Namun, kejutan terbesar dari semua itu adalah ketika Helmsley meninggalkan US$ 12 juta untuk anjingnya, Trouble dan dia hanya menyisakan US$ 5 juta masing-masing untuk dua cucu, David dan Walter, dan tak memasukkan dua cucunya yang lain. Seorang hakim menurunkan kekayaan anjing menjadi US$ 2 juta, memberikan sisanya untuk amal. Dua cucu lainnya akhirnya menerima US$ 6 juta dari warisan di antara mereka.

 

5 dari 5 halaman

7. Rineheart

 Gina Rinehart© MEN

Mogul pertambangan Australia Gina Rinehart (foto) memiliki kekayaan senilai US$ 15 miliar namun harta itu tidak menghentikannya untuk mencoba merebut dana perwalia dari tiga anaknya yang dibuat oleh ayah mereka, mendiang Frank Rinehart. Seharusnya, setiap anak akan menerima sepertiga dari dana US$ 5 miliar ketika mereka berusia 25 tahun.

Tetapi tepat sebelum ulang tahun putri tertua Bianca, Rinehart mencegah mereka mendapatkan warisan tersebut. Pertempuran panjang akhirnya terjadi, dan meski Bianca akhirnya diangkat sebagai wali pada tahun 2015, dia tetap menuntut ibunya karena membayar lebih rendah dari warisan yang harus diperolehnya.

(Sah, Sumber: Lovemoney.com)

 

Join Dream.co.id