7 Kiat Sukses Gapai Keberhasilan Karier, Resapi Poin Terakhir!

Dinar | Rabu, 4 Desember 2019 09:24
7 Kiat Sukses Gapai Keberhasilan Karier, Resapi Poin Terakhir!

Reporter : Arie Dwi Budiawati

"Seseorang berencana gagal jika gagal merencanakan"

Dream - Saat mengawali karier, beberapa orang mungkin masih bersikap idealis dengan memilih pekerjaan yang sesuai dengan hasrat. Terkadang jalannya tak semulus yang diperkirakan.

Saat tak kunjung mendapatkan tawaran kerja dari pekerjaan yang dipilih, mereka mulai menerima pekerjaan apa saja yang bisa didapatkan.

Ada yang berhasil mendapatkan pekerjaan sesuai passion, tapi tak seindah yang dibayangkan saat dilakoni. Saat mengalami tahap ini, bukan tak mungkin kita bisa menggenjot karier.

Dikutip dari keterangan tertulis dari Jobstreet, Rabu 4 Desember 2019, ada tujuh cara untuk meningkatkan karier. Pertama, kamu harus memiliki rencana. Seorang motivator, Anthony Robbins, mengatakan seseorang berencana gagal jika gagal merencanakan.

“ Jika kamu tidak memiliki rencana sendiri, orang lain akan membuatmu masuk ke rencana mereka,” kata Robbins.

Kedua, mengetahui dan mempelajari budaya perusahaan.

Budaya perusahaan adalah tradisi, adat, dan cara kerja di perusahaan. Budaya perusahaan ini bervariasi antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lain. Plus ketentuan pakaian kerja dan cara berkomunikasi.

Ketiga, follow up dan follow through.

Mengembangkan reputasi sebagai seseorang yang dapat diandalkan akan membuatmu bisa diandalkan oleh rekan kerja dan atasan. Jangan hanya menyelesaikan pekerjaan, tapi juga tepat waktu dan anggaran.

2 dari 8 halaman

Jadilah Team Player

Keempat, kuasail public speaking

Dengan keterampilan ini, kamu akan terdengar cerdas saat berbicara. Mulai dari basa-basi sampai membuat presentasi bisnis. Komunikasi yang efektif adalah keterampilan penting untuk berhasil di lingkungan perusahaan.

Kalau kamu tak nyaman berbicara di depan umum, cobalah untuk mengambil kelas public speaking untuk meningkatkan rasa percaya diri. Kemampuan untuk merepresentasikan ide secara efektif akan memberikan nilai tambah yang luar biasa.

Kelima, jadilah team player

Dalam bisnis apa pun, kerja sama tim diperlukan. Untuk mencapai dan melampaui tujuan perusahaan, kamu memerlukan semua orang yang bekerja sama sebagai sebuah tim.

Menjadi bagian dari tim bukan berarti kamu harus bersinar. Kamu harus siap untuk menyesuaikan diri dengan model tim.

3 dari 8 halaman

Orang yang Penuh Wawasan

Keenam, jadilah orang yang penuh dengan wawasan.

Kamu bekerja di bidang yang dikuasai. Pelajari peran dan tanggung jawab dari departemen lain dan bagaimana mereka masuk ke dalam struktur perusahaan.

Misalnya, belajarlah tentang keuangan perusahaan jika kamu berada di komunikasi. Atau, belajarlah bagian pemasaran jika kamu berada di bidang SDM. Dengan memiliki keterampilan dan keahlian yang melampaui pekerjaan saat ini, kamu tak hanya menjadi karyawan yang berharga, tetapi juga baik untuk dipromosikan.

Ketujuh, mengetahui kondisi keuangan perusahaan.

Semua perusahaan membangun bisnisnya bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Jika kondisi perusahaan tidak baik, begitu juga kamu. Kesuksesan perusahaan akan berdampak kepadamu dalam bentuk kenaikan gaji, bonus, dan promosi.

Segala sesuatu yang dilakukan untuk pekerjaan, kamu harus menganggapnya sebagai kontribusi terhadap perusahaan, atau ekuitas. Jangan malu-malu untuk berbagi ide-ide dan mengembangkan reputasi sebagai seseorang yang selalu memikirkan cara dan memberikan ide untuk meningkatkan pendapatan perusahaan.

4 dari 8 halaman

Jadi `Pemberontak` Terkadang Bisa Bikin Karier Sukses, Asalkan...

Dream - Apakah kamu tipe orang yang tidak suka menciptakan sesuatu yang menggemparkan? Atau kamu termasuk karakter orang yang dibesarkan untuk menjadi “ anak yang baik-baik”?

Bisa jadi kamu termasuk sosok yang diajarkan untuk menjadi seorang perempuan sopan dan harus menyenangkan semua orang?

Dikutip dari Inc, Minggu 1 November 2019, penulis buku “ 13 Things Mentally Strong People Don’t Do”, Amy Morin, mengatakan tak ada salahnya untuk melanggar aturan untuk menjalani kehidupan karier yang lebih baik.

 

 Jadi Pemberontak Terkadang Bisa Bikin Karier Sukses, Asalkan...

 

Namun, sayangnya melanggar pakem yang sudah ada menjadi hal yang sulit dilakukan oleh wanita.

Hal ini berdasarkan suatu penelitian yang menunjukkan salah satu alasan lebih banyak meminta maaf karena mereka memiliki ambang batas yang lebih rendah untuk kesalahan. Kaum hawa acapkali merasa terdorong untuk mengikuti aturan dan cenderung merasa bersalah untuk pelanggaran aturan daripada pria.

Plus, peluang bagus sering tertutup oleh aturan-aturan yang menahan wanita.

5 dari 8 halaman

Orang yang Sering Melanggar Aturan Sedari Kecil Cenderung Lebih Sukses?

Dalam Psikologi Pembangunan, ada studi yang menemukan bahwa anak-anak yang melanggar aturan, kemungkinan besar akan menghasilkan lebih banyak uang saat dewasa. Mereka tak mengantongi jabatan pekerjaan yang paling bergengsi, tetapi bisa menghasilkan uang yang lebih banyak saat dewasa.

Ada kemungkinan alasan para pelanggar cilik tak takut untuk meminta kenaikan gaji lebih sering saat masuk dunia karier. Lalu, mereka cenderung menjadi pengusaha dan inovator yang bisa merintis sendiri jalannya.

Perlu diingat, melanggar aturan bukan berarti harus melakukan perbuatan yang melawan hukum. Kamu hanya membuang “ pakem” kesuksesan yang ada di masyarakat.

Misalnya, seorang wanita pengusaha dan pembawa acara asal Amerika Serikat, Lori Greiner, tidak mengikuti saran-saran umum untuk tidur lebih cepat seperti yang dilakukan oleh orang-orang sukses. Lori lebih memilih tidur larut malam dan berolahraga sebelum tidur.

Kamu juga perlu mengingat bahwa harus punya tujuan jika ingin “ memberontak”. Jika tujuanmu tercapai, perasaan puas akan muncul. Meskipun ada saja yang tidak senang dengan pilihanmu, kamu tetap bisa menemukan `power` untuk menunjukkan kamu tetap setia pada nilai-nilai yang telah ditetapkan.

6 dari 8 halaman

Tanda-Tanda Orang Sukses di Masa Depan, No. 7 Penting Banget

Dream - Semua orang bermimpi bisa meraih kesuksesan. Tapi, kesuksesan tak bisa diraih dengan mudah, perlu usaha yang maksimal.

Apalagi, saat ini persaingan makin ketat. Kamu tentu perlu banyak belajar dan butuh mental yang kuat, terutama jika tak punya kreativitas dan kemampuan. Sahabat Dream harus bisa mengembangkan diri agar lebih baik lagi.

Lantas, bagaimana cara mencapai kesuksesan? Ada tujuh ciri-ciri orang yang bisa sukses di masa depan.

 

 Tanda-Tanda Orang Sukses di Masa Depan, No. 7 Penting Banget

 

Pertama, ulet. Orang yang sukses pada masa depan takkan pernah putus asa dalam menjalankan semua hal. Sifat ini wajib dimiliki bagi orang yang ingin sukses karena bisa mendorong sesorang untuk memberikan hasil yang maksimal.

Ke dua, mau belajar. Dari belajar, orang akan mendapatkan ilmu dan wawasan yang baru. Ilmu ini akan menjadi jembatan kesuksesan seseorang. Pelajarilah yang menurut kamu penting bagi kehidupan. Jangan sampai ilmunya jadi sia-sia.

7 dari 8 halaman

Kerja Keras

Ke tiga, kerja keras. Dengan kerja keras, kamu akan menemukan hasil yang memuaskan. Sebab, kesuksesan bisa diraih dengan usaha yang maksimal.

Ke empat, disiplin. Disiplin menjdi kunci bagi kesuksesan seseorang. Mulai dari waktu sampai peraturan bisa membuat seseorang bisa memegang komitmen dengan kuat.

Ke lima, selalu bersyukur. Mensyukuri nikmat yang dikaruniai oleh-Nya memang wajib dilakukan. Misalnya, kamu berpenghasilan pas-pasan dan syukurilah itu. Siapa tahu pada masa depan, Tuhan akan memberikan hasil yang lebih baik daripada yang didapatkan sekarang.

8 dari 8 halaman

Yang Tak Kalah Penting

Ke enam, sering memuji orang lain. Ini bukan berarti menjilat. Orang sukses sering memberikan pujian yang baik kepada orang lain. Tapi, ya, tidak berlebihan.

Ke tujuh, rajin ibadah. Beribadah menjadi satu kewajiban orang yang beragama. Berdoalah kepada Tuhan dan pintalah yang kamu mau. Tuhan akan mengabulkan doa hambanya yang taat beribadah dan selalu berbuat kebaikan.

(Sumber: masdejay.com)

Bikin Geleng-geleng Kepala, 3 Mobil Ini Sukses Terjang Banjir
Join Dream.co.id