7 Inspirasi `Ngabuburit Online` yang Aman dan Seru

Dinar | Selasa, 13 April 2021 10:42
7 Inspirasi `Ngabuburit Online` yang Aman dan Seru

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Ada juga fitur Quran yang telah mendapatkan sertifikat tahsih dari Kementerian Agama, serta jadwal sholat.

Dream – Sahabat Dream, kini kita semua mulai berjumpa dengan bulan suci Ramadan. Pada bulan ini, masyarakat Muslim mengisi kesehariannya untuk beribadah, termasuk puasa.

Bicara tentang puasa, ada sederet kegiatan yang bisa digunakan untuk menunggu waktu buka puasa. Bahkan, menunggu waktu berbuka puasa bisa dilakukan melalui online.

Dikutip dari keterangan tertulis Tokopedia, Selasa 13 April 2021, External Communications Leader Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, mengatakan platform e-commerce ini menghadirkan beragam inisiatif untuk mempermudah masayrakat untuk memenuhi kebutuhan serta menunjang aktivitas selama bulan Puasa.

“ Walau Ramadan tahun ini masih harus dilalui di tengah pandemi, Tokopedia #SelaluAdaSelaluBisa mendukung masyarakat merayakannya dengan aman namun tetap menyenangkan,” kata Ekhel di Jakarta.

Pertama, beribadah dari rumah. Dia menyebut platform itu sudah menyertakan fitur Quran—telah mendapatkan sertifikat tahsih dari Kementerian Agama, serta jadwal sholat.

Sejak diluncurkan pada pertama kali, pengguna aktif bulanan jadwal sholat meningkat hampir 12 kali lipat. Bahkan, pengguna aktif Alquran digital melonjak 35 kali lipat.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Kedua, bersedekah melalui smartphone. Ekhel membekali e-commerce ini dengan fitur sedekah, misalnya fidyah, zakat fitrah, dan kotak amal.

Pada Ramadan 2020, nilai transaksi Zakat Maal di Tokopedia meningkat dua kali lipat dibanding Ramadan 2019. Pengguna Tokopedia pun telah mengumpulkan hampir Rp80 miliar lewat fitur Donasi, Zakat dan Qurban selama 2020.

Ketiga, belanja online. Masyarakat bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga dari sejumlah pegiat usaha lokal sekaligus berdonasi melalui home living salebration ketupat. Selain itu, masyarakat juga bisa berbelanja lebih hemat dengan promo cashback hingga Rp200 ribu dan flash sale Rp555 setiap bulan April.

Keempat, investasi syariah. Ekhel bisa berinvestasi melalui aman melalui Tokopedia Emas dan Reksa Dana Syariah, masing-masing mulai dari Rp5 ribu dan Rp10 ribu. Kedua produk investasi tersebut juga sesuai syariah melalui kolaborasi dengan Pegadaian untuk tabungan emas, serta mandiri manajemen investasi untuk reksa dana.

3 dari 3 halaman

Main Gim Online

Kelima, ngabuburit dengan main game online dan streaming. Ekhel mengatakan masyarakat bisa mendapatkan diskon voucher gim dan streaming hingga 50 persen.

“ Masyarakat juga dapat bermain game Panen Telur di aplikasi Tokopedia untuk mendapat berbagai produk menarik, diskon hingga TokoPoints,” kata dia.

Keenam, membeli makanan takjil melalui online. Dikatakan bahwa transaksi melalui Tokopedia Nyam enam kali lipat pada Ramadan 2020 daripada Ramadan 2019

Ketujuh, bersilaturahmi dengan mengirimkan parsel. “ Lewat kampanye Paket Selamat, Tokopedia menawarkan diskon paket data hingga 50 persen untuk mendukung aktivitas silaturahmi aman dan nyaman,” kata dia. 

Join Dream.co.id