Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

6 Ciri-Ciri BUMN Lengkap dengan Pengertian, Jenis, dan Contohnya

6 Ciri-Ciri BUMN Lengkap dengan Pengertian, Jenis, dan Contohnya Ilustrasi Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir Saat Memimpin Langsung Rapat Koordinasi Dengan Perusahaan BUMN Di Plaza Mandiri, Jakarta (Foto: Bumn.go.id)

Dream – Ciri-ciri BUMN yang paling utama adalah dimana kekuasaan penuh ada di tangan pemerintah. BUMN merupakan Badan Usaha Milik Negara yang pengelolaannya dikoordinasikan oleh kementerian BUMN.

Beberapa perusahaan ternama seperti Pertamina, Telkom, Pegadaian, PLN, Garuda Indonesia dan berbagai bank nasional.

Perusahaan-perusahaan tersebut merupakan contoh nyata dari adanya BUMN yang tidak diragukan lagi perannya dalam mensejahterakan masyarakat.

Supaya lebih mengetahui perusahaan-perusahaan yang dikelola oleh negara, sudah seharusnya kita mengetahui ciri-ciri BUMN sebagai salah satu faktor penggerak demi kepentingan negara dan masyarakat.

Berikut ini Dream berhasil merangkum ciri-ciri BUMN dari berbagai sumber lengkap dengan pengertian, jenis dan contohnya.

Pengertian BUMN

Ilustrasi

BUMN memberikan sumbangan positif untuk perekonomian Indonesia. BUMN adalah badan usaha yang sebagian atau seluruh kepemilikannya dimiliki oleh negara. BUMN juga bisa berupa perusahaan nirlaba yang tujuannya untuk menyediakan barang atau jasa bagi masyarakat.

Menurut UU No. 19 tahun 2003 Pasal 1, pengertian BUMN adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan, dan kegiatan utamanya adalah untuk mengelola cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan digunakan sepenuhnya untuk kemakmuran rakyat.

Saat ini BUMN tidak sepenuhnya dikuasai oleh negara. Beberapa jenis BUMN di Indonesia telah membuak diri bagi pihak swasta yang ingin berinvestasi demi pengembangan perusahaan. Namun tetap saja keberadaan BUMN masih dilindungi oleh negara sebab sebagian besar modalnya adalah milik negara.

Ciri-Ciri BUMN

Ilustrasi

Kekuasaan Penuh di Tangan Pemerintah

Ciri-ciri BUMN yang pertama adalah dimana kekuasaan penuh perusahaan ada di tangan pemerintah. Segala aktivitas perusahaan BUMN dikontrol, diawasi dan dikuasai oleh pemerintah.

Kekuasaan penuh ini bertujuan untuk menjaga kestabilan dan menghindari terjadinya penyelewengan dari pihak yang tidak bertanggungjawab.

Sehingga ciri-ciri BUMN yang pertama ini bisa langsung diketahui dari kepanjangan namanya sendiri, yaitu Badan Usaha Milik Negara.

Sumber Pemasukan Negara

Ciri-ciri BUMN selanjutnya adalah ia merupakan sebagai sumber pemasukan negara. BUMN merupakan sumber pemasukan paling utama bagi pendanaan negara.

Bahkan kebanyakan biaya pelayanan dan penyediaan barang yang dilakukan oleh BUMN untuk masyarakat merupakan salah satu pemasukan rutin bagi negara.

Dengan adanya BUMN, negara Indonesia masih bisa tetap menjalankan aktivitas perekonomiannya. Keuntungan dari perusahaan akan masuk ke dalam kas negara.

Segala Risiko Ditanggung Pemerintah

Ilustrasi

Ketika kekuasaan penuh perusahaan ada di tangan pemerintah, maka segala risiko yang ada pun juga akan menjadi tanggung jawab pemerintah. Inilah ciri-ciri BUMN yang ketiga yaitu segala risiko perusahaan akan ditanggung pemerintah.

Sehingga BUMN merupakan perusahaan dimana tanggungjawab dan hak sepenuhnya bagi pemerintah, termasuk bagaimana berjalannya perusahaan ditentukan bagaimana pemerintah memerhatikannya.

Melayani Kepentingan Umum dan Pelayanan Publik

Melayani kepentingan umum dan pelayanan publik adalah ciri-ciri BUMN yang keempat. BUMN memiliki tugas utama yaitu memberikan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari bidang kerja BUMN yang meliputi kebutuhan dasar masyarakat sehari-hari seperti kebutuhan listrik, air, komunikasi, dan bahan bakar kendaraan.

Saham Bisa Dimiliki Masyarakat

Ilustrasi

Ternyata ciri-ciri BUMN yang selanjutnya sahamnya bisa dimiliki oleh masyarakat. Meskipun sebagian besar saham adalah milik negara, namun ada pihak lain yang juga berhak melakukan intervensi terhadap kinerja perusahaan.

Akan tetapi perlu diketahui bahwa kepemilikan saham oleh pihak luar ada batasannya yakni tidakk boleh melebihi 50 persen dari saham yang dimiliki oleh BUMN.

Produknya Dibutuhkan Masyarakat

Karena tujuannya untuk melayani masyarakat, maka produk yang dihasilkan pun juga yang dibutuhkan oleh masyarakat. Inilah yang menjadi ciri-ciri BUMN yaitu apapun yang diproduksi dan diperjualbelikan merupakan produk yang memang dibutuhkan oleh masyarakat.

Bisa dikatakan apabila produk dan jasa BUMN terjadi kekosongan, maka masyarakat yang akan terkena dampaknya. Sebab mereka akan kebingungan memenuhi kebutuhan mereka, seperti listrik, air, dan komunikasi.

Jenis-Jenis BUMN

Ilustrasi

Ada dua kategori ciri-ciri BUMN, yaitu Perusahaan Umum (PERUM) dan Perusahaan Perseroan (PERSERO).

Perusahaan Umum (Perum)

Perum adalah perusahaan milik negara yang modal seluruhnya milik negara (berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan) bergerak dalam bidang produksi, jasa atau bidang ekonomi lainnya yang tujuan utamanya yaitu melayani kepentingan umum sekaligus mencari keuntungan.

Contoh Perusahaan Umum di antaranya Perum Pegadaian, Perum Perumahan Umum Nasional (Perumnas), Perum Dinas Angkutan Motor Republik Indonesia (Damri), Perum Husada Bakti, dan Perum Pelayaran.

Perusahaan Perseroan (Persero)

Adalah perusahaan negara yang mana modal atau sahamnya paling sedikit 51 persen dimiliki oleh pemerintah dan bergerak di bidang produksi dengan tujuan memeroleh laba. Contoh Persero di antaranya adalah PT. PLN, PT. Telkom, Garuda Indonesia, PT. Bank Negara Indonesia, PT. KAI, PT. Pos Indonesia, PT Semen Gresik, dan PT Bank Rakyat Indonesia.

Contoh BUMN Indonesia

Ilustrasi

Setelah usai mengetahui ciri-ciri BUMN, selanjutnya Sahabat Dream perlu mengetahui berbagai perusahaan BUMN yang bergerak di berbagai bidang.

Bandar Udara: PT Angkasa Pura

Angkutan Darat: Perum DAMRI, PT. KAI

Logistik: Perum Bulog, PT. Pos Indonesia

Perbankan: PT. Bank Negara Indonesia, PT Bank Tabungan Negara, PT. Bank Mandiri Tbk.

Asuransi: PT Asuransi Jasa Raharja, PT Asuransi Jiwasraya, PT. Jamsostek, PT. Taspen.

Jasa Pembiayaan: PT Danareksa, Perum Pegadaian

Jasa Konstruksi: PT. Adhi Karya Tbk, PT. Brantas Abipraya, PT. Nindya Karya

Pelabuhan: PT. Pelabuhan Indonesia I

Pelayaran: PT. Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI)

Industri Farmasi: PT Bio Farma

Usaha Penerbangan: PT. Garuda Indonesia

Perkebunan: PT. Perkebunan Nusantara (PTPN)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Biar Gak Bingung Lagi, Ini Arti 44 Istilah dalam Pemilu 2024 yang Sering Digunakan

Biar Gak Bingung Lagi, Ini Arti 44 Istilah dalam Pemilu 2024 yang Sering Digunakan

Dengan mengetahui istilah Pemilu, kamu bisa memahami lebih baik saat membahasnya.

Baca Selengkapnya
10 Jenis Hewan yang Punya Kumis, Lalu Apa Fungsinya?

10 Jenis Hewan yang Punya Kumis, Lalu Apa Fungsinya?

Inilah beberapa daftar hewan yang memiliki kumis. Apa sebetulnya fungsi kumis buat hewan?

Baca Selengkapnya
Penemuan Senjata Kuno Berusia 1.900 Tahun Lalu Bikin Ilmuwan Bingung, Kenapa ya?

Penemuan Senjata Kuno Berusia 1.900 Tahun Lalu Bikin Ilmuwan Bingung, Kenapa ya?

Peralatan Berburu Kuno Berusia 1.900 Tahun Ditemukan di Gua Terpencil Meksiko.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
13 Jenis Burung Hantu Terbesar yang Masih Hidup di Dunia Ini

13 Jenis Burung Hantu Terbesar yang Masih Hidup di Dunia Ini

Berikut deretan burung hantu terbesar di dunia, berdasarkan rentang sayapnya!

Baca Selengkapnya
Cara Memilih Serban Terbaik, Perhatikan dari Bahan dan Usia Pemakainya

Cara Memilih Serban Terbaik, Perhatikan dari Bahan dan Usia Pemakainya

Cara memilih serban terbaik, perhatikan dari bahan dan usia pemakainya agar tidak salah pilih!

Baca Selengkapnya
Cara Pilih Warna Cat Dinding Sesuai Fungsi Ruangan Biar Makin Betah dan Produktif

Cara Pilih Warna Cat Dinding Sesuai Fungsi Ruangan Biar Makin Betah dan Produktif

Cat dinding harus dipilih sesuai dengan fungsi ruangan agar hunian terasa nyaman. Cari tahu rekomendasi warna ruangan dari pakar.

Baca Selengkapnya