5 Tips Usir Bete Saat Harus Bekerja di Hari Libur

Dinar | Minggu, 15 Desember 2019 08:01
5 Tips Usir Bete Saat Harus Bekerja di Hari Libur

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Yang lain sedang liburan, sedangkan kamu harus bekerja di kantor.

Dream - Sahabat Dream merasa kurang beruntung dan terjebak karena harus bekerja saat liburan atau akhir pekan? Rasanya mood langsung turun saat membayangkann teman kerja tengah asyik menikmati liburan bersama anak atau keluarga.

Daripada berpanjang-panjang berkeluh kesah, kamu bisa membuat pekerjaan selama liburan terasa menyenangkan.

Dikutip dari keterangan tertulis Jobstreet yang diterima Dream, Minggu 15 Desember 2019, cara pertama mengusir bete ketika harus bekerja saat liburan adalah memperjelas prioritas pekerjaanmu.

Saat mengetahui kamu harus bekerja selama liburan, tanyakan pada atasan apa prioritas bisnis untuk hari-hari tersebut.  Jadwalkan terlebih dahulu sehingga kamu bisa menyelesaikan pekerjaan sebanyak mungkin lebih awal.

Buatlah kesepakatan dengan atasan untuk mengkondisikan jam kerja pada hari-hari tertentu sehingga kamu tak perlu bekerja seharian.

2 dari 6 halaman

Berikan Alternatif

Kedua, berikanlah alternatif kepada atasan

Tanyakan kepada bos apakah kamu bisa membagi shift dengan rekan lain atau bekerja dari rumah untuk membuatnya lebih mudah. Kamu juga bisa mencapai kesepakatan dengan atasan sehingga tidak perlu bekerja selama liburan besar berikutnya.

Bahkan, bernegosiasi untuk mengganti hari libur bertepatan dengan liburan besar berikutnya. Itulah keadilan.

Ketiga, rayakan terlebih dahulu atau sesudahnya.

Kamu tak harus merayakan pada hari-H. Mintalah teman dan anggota keluargamu untuk membuat pengecualian dan rayakan sebelum atau segera setelahnya. Dengan cara ini, kamu tidak akan benar-benar ditinggalkan.

3 dari 6 halaman

Jauhi Media Sosial

Keempat, menjauhi media sosial

Kamu mungkin tergoda untuk mencari tahu keadaan teman dan anggota keluarga yang terjebak di tempat kerja. Tapi, itu akan membuatmu merasa lebih buruk, belum lagi mengalihkan perhatian dari hal-hal yang seharusnya dilakukan.

Jangan siksa dirimu. Singkirkan saja media sosial saat bekerja selama liburan. Tak ada gunanya menjadi lebih malang lagi daripada kondisimu saat ini.

Kelima, manjakan diri setelah bekerja

Berilah dirimu sesuatu yang diinginkan. Jadi, bekerja selama liburan tidak begitu suram.

Mungkin dengan membeli jaket indah yang telah diinginkan sejak lama, atau memesan perawatan spa yang merelaksasi, atau menikmati makanan mewah dengan orang yang dicintai. Apa pun itu, pastikan itu sesuatu yang cukup istimewa untuk menjaga semangatmu.

4 dari 6 halaman

7 Kiat Sukses Gapai Keberhasilan Karier, Resapi Poin Terakhir!

Dream - Saat mengawali karier, beberapa orang mungkin masih bersikap idealis dengan memilih pekerjaan yang sesuai dengan hasrat. Terkadang jalannya tak semulus yang diperkirakan.

Saat tak kunjung mendapatkan tawaran kerja dari pekerjaan yang dipilih, mereka mulai menerima pekerjaan apa saja yang bisa didapatkan.

Ada yang berhasil mendapatkan pekerjaan sesuai passion, tapi tak seindah yang dibayangkan saat dilakoni. Saat mengalami tahap ini, bukan tak mungkin kita bisa menggenjot karier.

 

 7 Kiat Sukses Gapai Keberhasilan Karier, Resapi Poin Terakhir!



Dikutip dari keterangan tertulis dari Jobstreet, Rabu 4 Desember 2019, ada tujuh cara untuk meningkatkan karier. Pertama, kamu harus memiliki rencana. Seorang motivator, Anthony Robbins, mengatakan seseorang berencana gagal jika gagal merencanakan.

“ Jika kamu tidak memiliki rencana sendiri, orang lain akan membuatmu masuk ke rencana mereka,” kata Robbins.

Kedua, mengetahui dan mempelajari budaya perusahaan.

Budaya perusahaan adalah tradisi, adat, dan cara kerja di perusahaan. Budaya perusahaan ini bervariasi antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lain. Plus ketentuan pakaian kerja dan cara berkomunikasi.

Ketiga, follow up dan follow through.

Mengembangkan reputasi sebagai seseorang yang dapat diandalkan akan membuatmu bisa diandalkan oleh rekan kerja dan atasan. Jangan hanya menyelesaikan pekerjaan, tapi juga tepat waktu dan anggaran.

5 dari 6 halaman

Jadilah Team Player

Keempat, kuasail public speaking

Dengan keterampilan ini, kamu akan terdengar cerdas saat berbicara. Mulai dari basa-basi sampai membuat presentasi bisnis. Komunikasi yang efektif adalah keterampilan penting untuk berhasil di lingkungan perusahaan.

Kalau kamu tak nyaman berbicara di depan umum, cobalah untuk mengambil kelas public speaking untuk meningkatkan rasa percaya diri. Kemampuan untuk merepresentasikan ide secara efektif akan memberikan nilai tambah yang luar biasa.

Kelima, jadilah team player

Dalam bisnis apa pun, kerja sama tim diperlukan. Untuk mencapai dan melampaui tujuan perusahaan, kamu memerlukan semua orang yang bekerja sama sebagai sebuah tim.

Menjadi bagian dari tim bukan berarti kamu harus bersinar. Kamu harus siap untuk menyesuaikan diri dengan model tim.

6 dari 6 halaman

Orang yang Penuh Wawasan

Keenam, jadilah orang yang penuh dengan wawasan.

Kamu bekerja di bidang yang dikuasai. Pelajari peran dan tanggung jawab dari departemen lain dan bagaimana mereka masuk ke dalam struktur perusahaan.

Misalnya, belajarlah tentang keuangan perusahaan jika kamu berada di komunikasi. Atau, belajarlah bagian pemasaran jika kamu berada di bidang SDM. Dengan memiliki keterampilan dan keahlian yang melampaui pekerjaan saat ini, kamu tak hanya menjadi karyawan yang berharga, tetapi juga baik untuk dipromosikan.

Ketujuh, mengetahui kondisi keuangan perusahaan.

Semua perusahaan membangun bisnisnya bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Jika kondisi perusahaan tidak baik, begitu juga kamu. Kesuksesan perusahaan akan berdampak kepadamu dalam bentuk kenaikan gaji, bonus, dan promosi.

Segala sesuatu yang dilakukan untuk pekerjaan, kamu harus menganggapnya sebagai kontribusi terhadap perusahaan, atau ekuitas. Jangan malu-malu untuk berbagi ide-ide dan mengembangkan reputasi sebagai seseorang yang selalu memikirkan cara dan memberikan ide untuk meningkatkan pendapatan perusahaan.

4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian
Join Dream.co.id