5 Tips Agar Karier Sebagai CPNS Bisa Cemerlang

Dinar | Jumat, 1 November 2019 12:40
5 Tips Agar Karier Sebagai CPNS Bisa Cemerlang

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Terutama buat kamu yang ingin menjadi seorang CPNS.

Dream – Bulan ini, rekrutmen seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 akan dibuka. Nantinya ada ratusan ribu formasi yang siap diperebutkan.

Lowongan kerja CPNS ini tak jarang menyedot banyak minat masyarakat.

Mengapa? Bukan rahasia jika gaji, tunjangan, dan jaminan pensiun menjadi alasan mereka untuk berlomba-lomba jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Sahabat Dream, apa kamu ingin bercita-cita menjadi seorang PNS?

Kali ini, Dream akan berbagi tips untuk kamu yang ingin menjadi seorang abdi negara. Insya Allah, tips-tips ini bisa membuat kariermu sebagai seorang PNS melesat.

Berikut ini tips sukses menjadi seorang PNS, dikutip dari berbagai sumber, Jumat 1 November 2019.

2 dari 6 halaman

Pandai Membagi Waktu

Menurut laman Kementerian PANRB, jam kerja PNS, misalnya di Kementerian PANRB, berlangsung dari jam 07.30—16.00. Ada waktu istirahat selama satu jam pada 12.00—13.00. Pada hari Jumat, jam kerja yang berlaku mulai dari jam 07.30 sampai 16.30. Ini termasuk dengan jam istirahat pada 11.30—13.00.

 Pandai Membagi Waktu

Waktu kerja yang relatif singkat ini akan membuatmu harus pandai-pandai membagi waktu, terlebih jika kamu punya setumpuk pekerjaan. Kamu takkan bisa mengerjakan sederet tugas jika tak bisa memanfaatkan waktu secara optimal.

Caranya? Kamu bisa mengerjakan tugas yang paling mudah terlebih dahulu, baru yang susah. Atau, kurangi bermain medsos dan berselancar di dunia maya. Aktivitas ini justru akan membuatmu menjadi kurang produktif. Malah, kegiatan ini bisa membuat tugasmu semakin bertumpuk keesokan harinya.

3 dari 6 halaman

Ramah kepada Masyarakat

Salah satu tugas PNS adalah melayani masyarakat. Sebagai “ abdi” masyarakat, kamu harus bersikap ramah kepada publik, dikutip dari Swara Tunaiku. Misalnya, kamu bisa memberikan senyuman ramah saat melayani masyarakat.

Apalagi, PNS menjadi panutan bagi masyarakat. Sudah sepantasnya harus memberikan teladan yang baik.

Coba bayangkan kamu berposisi sebagai seseorang yang ingin mendapatkan pelayanan publik. Tapi, petugas yang melayanimu justru memasang wajah yang jutek dan tak ada senyum. Tentu rasanya nggak enak, kan?

4 dari 6 halaman

Jujur dan Integritas Tinggi

Sebagai seorang pegawai pemerintah, ada hal yang perlu diingat. Manusia dihargai karena punya kejujuran, komitmen, dan integritas.

Seseorang yang punya integritas yang tinggi akan tampak berwibawa. Wibawa yang dimiliki ini akan diakui oleh orang-orang di sekelilingmu.

 Jujur dan Integritas Tinggi

Kejujuran pun tak kalah penting. Dengan sifat jujur, kamu bisa bekerja dengan tenang dan tak takut akan berbuat macam-macam, misalnya korupsi. Yang kedua, kamu akan optimistis mengerjakan tugas dengan baik.

Sifat jujur ini akan membentengi kamu dari godaan uang, misalnya saat kamu menduduki posisi sebagai bendahara atau bagian pelayanan publik. Di pelayanan publik, kamu juga takkan tergoda untuk mengutip pungutan ilegal dari masyarakat.

5 dari 6 halaman

Ikhlas dalam Bekerja

Saat lolos menjadi CPNS, ada kemungkinan muncul rasa bosan. Perasaan ini datang saat kamu merasa rutinitas kerja yang monoton.

Perasaan bosan juga acapkali menghantui diri dan merasa pekerjaannya menjadi beban. Di sinilah, perasaan berat hati bekerja muncul dan bisa membuatmu tak bersemangat. Efeknya? Bisa saja bekerja ogah-ogahan. Atau, kehilangan motivasi bekerja.

Sahabat Dream, ingat, salah satu kunci sukses berkarier adalah keikhlasan hati. Dikutip dari Cermati, jalani pekerjaan dengan sabar dan ikhlas. Suatu saat, kamu akan memetik hasilnya.

6 dari 6 halaman

Rajin Bekerja dan Pantang Menyerah

Tak hanya PNS, karyawan lainnya yang rajin bekerja disukai oleh atasannya. Ketekunan dalam bekerja ini bisa membuat rapor penilaianmu menjadi lebih kinclong. Plus, peluang promosi jabatan bisa menjadi lebih lebar.

Begitu pula dengan pantang menyerah. Di dunia karier, tantangan terus ada. Saat mengerjakan tantangan, peluang gagal juga ada. Jika menyerah di tengah jalan saat mengerjakan tugas, ya, karier bisa jalan di tempat.

 Rajin Bekerja dan Pantang Menyerah

Namun, jika bangkit dan memperbaiki kesalahan dalam mengerjakan tugas, kesempatan untuk sukses pun bisa semakin dekat untuk diraih. Saat kamu gagal mengerjakan tugas A, lalu mencoba untuk memperbaikinya kembali dan berhasil, siapa tahu atasan akan mempercayakan tugas-tugas berikutnya kepadamu dan akan memberikanmu penilaian yang ciamik.

Bukankah kegagalan adalah suatu keberhasilan yang tertunda, Sahabat Dream?

Representasi Feminisme Versi Barli Asmara
Join Dream.co.id