5 Rahasia Sukses Bisnis Ala Rasulullah SAW

Dinar | Rabu, 4 Juli 2018 14:30
5 Rahasia Sukses Bisnis Ala Rasulullah SAW

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Jangan lupakan yang nomor 3 ya.

Dream – Merintis bisnis tak selamanya membutuhkan modal, khususnya uang, yang besar? Buktinya, Rasulullah SAW dipercaya menjalankan bisnis dengan modal akhlak. Berkat sifat jujur dan amanah, beliau dipercaya membawa dagangan ke luar negeri.

Di antara sekian banyak perempuan di Mekkah, ada seorang perempuan cantik, dewasa, kaya-raya, dan berbudi luhur menjadi seorang pedagang yang biasa berdagang ke negara lain. Wanita itu tak lain adalah Khadijah.

Suatu ketika ia sedang membutuhkan orang untuk membawa dan menjualkan barang dagangannya ke Syam. Ia butuh orang yang jujur, suka bekerja keras, dan bisa dipercaya. Sayangnya, Khadijah belum menemukannya.

Akhirnya, ia dipertemukan dengan seorang pemuda yang menjadi panutan umat islam di dunia, Rasulullah SAW yang menjadi suami Khadijah.

" Aku tahu betapa jujur dan bisa diandalkannya dirimu. Aku membutuhkan orang untuk membawa barang daganganku ke Syam dan menjualnya di sana. Kurasa kaulah orang yang paling tepat untuk melakukan tugas itu. Jadi, aku menawarkan pekerjaan itu kepadamu," kata Khadijah.

Karena kejujuran Rasulullah SAW, Khadijah tertarik untuk menitipkan dagangan untuk dijual olehnya.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk sukses berdagang seperti Rasulullah SAW, ada lima tips yang bisa diterapkan.

Yang pertama, usaha adalah ladang menjemput surge. Praktik dagang ala Rasulullah SAW berbeda dengan praktik pedagang saat ini yang cenderung mementingkan keuntungan duniawi. Padahal, kehidupan dunia ini hanya sementara.

Kedua, menjual barang yang berkualitas bagus. Prinsip berikutnya yang dianut oleh Rasulullah SAW adalah menjaga kualitas barang dagangan. Beliau tak pernah menjual barang cacat karena akan merugikan pembeli dan berdosa bagi si penjual.

Ketiga, bersikap jujur. Nah, Rasulullah SAW tak pernah mengurangi takaran timbangan. Beliau selalu mengatakan apa adanya tentang kondisi barang, baik kelebihan maupun kekurangannya. Tak jarang takaran timbangan dilebihkan agar pembeli senang.

Selengkapnya baca di sini.

(Sah)

Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya
Join Dream.co.id