5 Perusahaan Raksasa di Indonesia Milik Keluarga Turun Temurun

Dinar | Minggu, 5 Desember 2021 10:42

Reporter : Alfi Salima Puteri

Bisnis turun temurun menjadi salah satu karakter dari orang kaya Indonesia.

Dream - Seperti negara lain, Indonesia dihuni sejumlah orang tajir. Mereka terkenal dengan bisnisnya yang lama berjaya. 

Kerennya, mereka tidak hanya menjalankan bisnis untuk dirinya namun untuk keturunannya. Bahkan perusahaan yang mereka dirikan mampu bertahan dari generasi ke generasi.

Bisnis keluarga menyiratkan nilai-nilai keaslian, tradisi, dan kualitas. Sehingga, kejayaan yang terbangun bisa turun temurun dan memberikan manfaat banyak banyak orang. 

Namun demikian, bisnis keluarga juga menghadapi perjalanan penuh liku sebelum bisa membesar. Hanya sebagian dari mereka yang mampu bertahan hingga duduk di jajaran keluarga kaya Indonesia.

Dream telah merangkum beberapa contoh  bisnis keluarga yang menjelma jadi perusahaan raksasa di Indonesia dan berumur panjang. 

PT HM Sampoerna

PT HM Sampoerna adalah perusahaan rokok terbesar di Indonesia yang didirikan oleh Liem Seeng Tee dan istrinya Siem Tjian Nio pada 1913. Liem Seeng Tee lahir di China dari keluarga miskin, lalu diajak ayahnya merantau ke Indonesia. 

Di masa mudanya, dia menjadi buruh restoran di Surabaya sebelum mendapatkan kesempatan bekerja di pabrik rokok Lamongan. Dari sini, Liem memutuskan untuk mendirikan usaha sendiri bersama keluarga. 

Perjalanan bisnis ini tentunya tidak berjalan mulus. Namun demikian, bisnis Liem terus berkembang.

Saat ini, kepemilikan HM Sampoerna sudah sampai ke generasi ketiga dan berada di tangan cucu Liem Seeng Tee, Putera Sampoerna. Dalam laporannya, majalah Forbes menyebutkan Putera Sampoerna termasuk di dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia pada tahun2020, dengan total kekakayaan mencapai US$1,8 miliar atau sekitar Rp26 triliun.

PT Indofood Sukses Makmur

Siapa yang tak kenal produk mi instan Indomie? Masyarakat Indonesia bisa mencicipi kelezatan mi instan Indomie berkat perusahaan yang satu ini. Didirikan oleh Soedono Salim selaku pemilik Salim Group, PT Indofood Sukses Makmur hadir pada tahun 1990. 

Dalam perjalanan bisnisnya, Soedono Salim memiliki banyak perusahaan. Namun, beberapa terpaksa harus dijual demi mempertahankan dua perusahaan besarnya, Indofood dan Bogasari. Saat ini, pemilik PT Indofood Sukses Makmur adalah Anthony Salim, anak dari Soedono Salim.

5 Perusahaan Raksasa di Indonesia Milik Keluarga Turun Temurun
Ciputra, Pemilik Ciputra Group (Liputan6.com)
2 dari 2 halaman

PT Djarum

Selain Sampoerna, ada pula perusahaan rokok PT Djarum yang didirikan oleh Oei Wie Gwan di tahun 1951. Perusahaan milik keluarga Hartono ini sukses menjadikan keluarga Hartono sebagai keluarga kaya raya dan sukses yang disorot masyarakat Indonesia.

Bahkan, Budi Hartono pemilik PT Djarum dinobatkan oleh majalah Forbes menjadi orang terkaya nomor 1 di Indonesia. Tampaknya, keputusan Ayah dari Budi Hartono untuk membeli perusahaan rokok di Kudus yang hampir gulung tikar ini benar-benar membuahkan hasil.

Bakrie Group

Nama yang satu ini pastilah paling sering terdengar di Indonesia. Bakrie Group didirikan oleh Achmad Bakrie pada tahun 1942. 

Perusahaan ini bergerak di banyak bidang, termasuk, pertambangan, MIGAS, properti, infrastruktur, media dan telekomunikasi. Bakrie Group adalah salah satu grup bisnis terbesar di Indonesia, dengan 10 anak usahanya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 

Saat Ini, Bakrie Group dipimpin oleh Nirwan D. Bakrie (Chairman) dan Indra U. Bakrie (Co-Chairman). Dengan banyaknya jenis usaha miliki Bakrie Group, tak heran keluarga Bakrie menjadi salah satu keluarga konglomerat tersukses di Indonesia.

Ciputra Group

Nama Ciputra sendiri berasal dari pendirinya, yaitu Ir. Ciputra atau Tjie Tjin Hoan. Ciputra Group didirikan pada tanggal 22 Desember 1994 di Jakarta. Awalnya perusahaan ini bernama PT Citraland Property, namun kemudian berganti menjadi PT Ciputra Property pada 5 Maret 1997. Ciputra Group bermula sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang properti komersial.

Saat ini Ciputra Property Tbk dipimpin oleh Candra Ciputra sebagai Direktur Utama. Portofolio perusahaan ini banyak yang menyangkut hajat hidup orang banyak seperti penyediaan keamanan hingga penjaga taman.

Join Dream.co.id