Sssttt! Ini Bocoran 5 Pertanyaan yang Sering Diajukan dalam Wawancara Kerja

Dinar | Senin, 1 Juli 2019 09:36
Sssttt! Ini Bocoran 5 Pertanyaan yang Sering Diajukan dalam Wawancara Kerja

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Plus, cara menjawabnya.

Dream – Wawancara kerja merupakan tahap krusial bisa seorang pelamar. Tubuh mereka bisa langsung panas dingin saat berada di ruang penguji.

Di tahap ini, hampir semua kandidat merasa tegang. Meski sudah melakukan persiapan di rumah, tetap saja mereka terkejut saat pertanyaan dilontarkan oleh penerima kerja. 

Dikutip dari Karir.com, Senin 1 Juli 2019, ada banyal pertanyaan yang sering dilontarkan oleh pemberi kerja. Tapi, jangan terlalu fokus pada pertanyaan itu.

Fokuslah kepada suasana dan juga visi perusahaan tersebut sehingga kamu bisa nyaman bekerja nantinya. Harus diingat juga bahwa interview merupakan sebuah proses dua arah. Jadi, ada baiknya kamu banyak bertanya tentang perusahaan tujuan.

Lantas, apa saja kelima pertanyaan yang sering dilontarkan pemberi kerja?

2 dari 6 halaman

Apa yang Kamu Ketahui Mengenai Perusahaan Kami?

Pertanyaan ini sebenarnya merupakan sebuah pertanyaan yang sangat standar dan selalu muncul ketika wawancara kerja. Tetapi, masih banyak juga kandidat yang masih kesulitan untuk menjawab pertanyaan ini.

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu bisa melakukan riset mengenai perusahaan tersebut. Carilah informasi mengenai bisnis dan produk yang mereka miliki, bagaimana cara penjualannya dan berbagai informasi lainnya menhenai perusahaan tersebut.

3 dari 6 halaman

Bisa Ceritakan Mengenai Dirimu?

Pertanyaan ini biasanya menjadi pertanyaan pembuka dari rekruter kepada kandidat. Sebenarnya pertanyaan ini mudah, tetapi terasa menjadi jebakan jika cerita yang kita berikan ternyata tidak sesuai dengan keinginan rekruter.

Untuk menjawab pertanyaan ini berikanlah informasi yang secukupnya mengenai diri dalam hal yang berkaitan dengan pekerjaan dan pencapaiannya. Tidak perlu membahas lebih banyak mengenai kehidupan pribadi.

4 dari 6 halaman

Apa yang Menjadi Kelebihan Kamu?

Ini memang sebuah pertanyaan yang cukup menjebak dan sulit untuk menjawab. Kalau dijawab terlalu berlebihan, nanti perekrut akan menilai kamu sombong.

Di sisi lain, kalau tak bisa menyebutkan kelebihan dan kekurangan, kamu dinilai tak cakap untuk pekerjaan ini. Untuk menjawab pertanyaan ini, ceritakanlah hal yang kamu memang ahli beserta pencapaiannya dan berkaitan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

5 dari 6 halaman

Apa Rencana 5 Tahun Ke Depan?

Pertanyaan ini pasti sering Anda temukan ketika melakukan interview kerja. Untuk pertanyaan ini sebenarnya tidak ada jawaban yang pasti dan paling benar untuk pertanyaan ini.

Rekruter hanya ingin mendengar mengenai visi Anda dalam menjalani kehidupan dan karir. Bila Anda memang tidak yakin dengan apa yang akan Anda lakukan lima tahun ke depan, cobalah untuk membahas apa yang ingin Anda lakukan.

 

6 dari 6 halaman

Berapa Gaji Yang Kamu Harapkan?

Pertanyaan mengenai gaji memang cukup menyulitkan karena kita terkadang tidak tahu berapa angka yang tepat. Tetapi saat ini untuk mengecek gaji bukanlah sebuah hal sulit.

Kamu bisa melakukan riset secara online terlebih dahulu dengan mengunjungi berbagai website yang ada. Setidaknya kamu bisa menemukan kisaran gaji untuk posisi yang diincar.

Semoga bermanfaat!

Summer Style 2019
Join Dream.co.id