5 Kebiasaan yang Tak Disadari Bikin Uang Bulanan Habis Tak Jelas

Dinar | Selasa, 30 Juli 2019 11:23
5 Kebiasaan yang Tak Disadari Bikin Uang Bulanan Habis Tak Jelas

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Salah satunya adalah kebiasaan ngemil.

Dream – Jika kamu merasa boros dengan pengeluaran, bisa jadi ada yang salah dengan pola kebiasaan hidup sehari-hari. Meski sudah membuat anggaran bulanan sesuai penghasilan, kamu selalu saja kekurangan sebelum hari gajian tiba.

Nah jika kondis ini selalu terjadi setiap bulan, kamu sudah saatnya mengevaluasi pola pengeluaran rumah tanggamu. Sudah bisa dipastikan ada kebocoran yang tak kamu sadari

Tenang, masalah ini tak hanya menimpa kamu seorang. Banyak orang yang kehabisan uang saat masa gajian masih jauh menjelang.

Umumnya masalah itu terjadi karena hal-hal kecil yang tak disadari.

Coba cek kebiasan kamu makan di luar. Kamu mungkin sering merasa malas belanja sayur dan lauk untuk dimasak sendiri di rumah. Selain melelahkan, masak di rumah juga cukup menguras tenaga. Ujung-ujungnya kamu beli makan di luar yang tinggal dikonsumsi.

Mungkin kamu beli makan di luar ini merupakan hal yang sepele. Tapi, kebiasaan ini menjadi salah satu faktor yang membuat keuangan rumah tangga tekor.

Misalnya, dalam sekali makan kamu dan keluarga menghabiskan sekitar Rp50 ribu dengan asumsi sekali makan Rp17 ribu untuk tiga orang. Jika dikalikan tiga kali makan, maka anggaran makan sehari kamu akan menghabiskan sekitar Rp150 ribu.

Coba bandingkan jika kamu belanja sayur dan lauk untuk masak sendiri di rumah. Uang Rp150 ribu mungkin bisa digunakan untuk makan tiga hari dengan masakan yang lebih bervariasi.

2 dari 5 halaman

Malas Bandingkan Harga

Kedua, kamu bisa jadi tipe pemalas saat membandingkan harga. Belanja keperluan sehari-hari bisa dibeli di mana saja. Kamu bisa beli di swalayan, super market, mini market, warung tetangga, grosir hingga pasar tradisional.

Masing-masing dari tempat belanja tersebut tentu menerapkan harga berbeda-beda. Ada yang lebih mahal dan ada juga yang lebih murah.

Masalahnya, kamu sering malas membandingkan harga sebuah barang keperluan sehari-hari di tempat-tempat belanja di atas, seringkali bahkan membeli barang yang lebih mahal. Padahal, jika sejenak mengecek terlebih dulu harga secara yang bisa dilakukan secara online, uang belanja kamu bakal terselamatkan dari keborosan.

3 dari 5 halaman

Saluran Listrik dan Keran Air

Ketiga, enggan mematikan saluran listrik dan keran air. Kebiasaan ini bisa membuat tagihan listrik dan air membengkak.

Jangan salah lho, saluran listrik yang masih dicolok, cukup memakan daya cukup tinggi. Begitu juga jika ada keran yang lupa ditutup meski menyisakan tetesan kecil yang menyebabkan tagihan melambung tinggi di akhir bulan.

Demi kesehatan kantong, kebiasaan sepele seperti ini sudah harus dihentikan.

4 dari 5 halaman

Jarang Memanfaatkan Promo

Keempat, jarang memanfaatkan promo. Sesekali kamu mungkin ingin menikmati makan enak di beberapa restoran ternama. Makan enak biasa dilakukan bareng keluarga setelah jalan-jalan di mal atau beres nonton film di bioskop.

Jika kamu mengeluarkan uang untuk nonton, belanja dan makan dengan uang tunai tanpa memanfaatkan harga promo dan diskon, itu adalah sebuah kesalahan.

Padahal, kamu bisa memanfaatkan banjir promo dan diskon yang diberikan oleh sejumlah perusahaan dompet digital. Tak tanggung-tanggung, diskon dan promo yang diberikan bagi pengguna dompet digital tersebut bisa hingga 50 persen lho.

Setidaknya dengan memanfaatkan dompet digital kamu bisa belanja dengan diskon hingga setengah harga.

5 dari 5 halaman

Minum Kopi dan Mengemil

Tren minum kopi di kedai atau coffee shop semakin menjamur. Belum lagi ketika ngopi, tentu harus ada camilannya. Padahal, kebiasaan ngopi ini bakal bikin keuangan kamu terganggu.

Nah, mulai sekarang coba deh biasakan untuk ngopi dan ngemil di rumah aja bareng keluarga. Bahan-bahannya bisa mudah dibeli kok. Saat ini sudah cukup banyak penjual kopi yang enak beserta peralatannya yang bisa kamu miliki.

Tentunya ini akan menghemat pengeluaran kamu ketimbang ngopi terus di luar.

(Sah, Sumber: Cek Aja)

Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham
Join Dream.co.id