5 Cara Bodoh Habiskan Uang Tanpa Anda Sadari

Dinar | Jumat, 28 Agustus 2015 08:03
5 Cara Bodoh Habiskan Uang Tanpa Anda Sadari

Reporter : Syahid Latif

Bayangkan uang yang Anda peroleh dari kerja keras namun tak diberi bayaran. Masih mau menghamburkan uang?

Dream - Meskipun Anda seorang kaya raya, memboroskan uang tetaplah kejahatan yang bodoh. Duduklah selama satu menit dan pikirkan semua hal yang bisa Anda lakukan dengan uang untuk bisa membantu orang lain hidup lebih baik.

Jika cara ini belum menyadarkan Anda, cobalah berpikir betapa kerasnya Anda bekerja untuk menghasilkan uang tersebut. Lalu gambarkan diri Anda mengerjakan tugas itu tanpa bayaran.

Sungguh, jika bisa meresapi gambaran itu, Anda akan menyadari menghamburkan uang untuk barang tak perlu merupakan tindakan terbodoh.

Sayangnya, banyak orang yang tak menyadari jika selama ini mereka telah menghamburkan uang dengan sia-sia.

Mengutip laman Time, Jumat, 28 Agustus 2015, berikut adalah lima tanda Anda menghamburkan uang tanpa menyadarinya:

1. Membeli barang hanya karena keluaran terbaru

Tak pernahkan Anda berpikir perusahaan akan terus membuat barang baru agar tetap bertahan hidup. Serbuan iklan kadang membuat Anda mudah tergoda.

Tak hanya barang elektronik, mobil baru memang membawa aroma kebaruan yang membuat banyak orang setiap tahun mendatangi diler. Namun sadarkan Anda, sebuah mobil mengalami penurunan harga 11 persen begitu Anda mengendarainya untuk pertama kali. Dan turun 19 persen setahun sejak membeli.

2. Membeli barang yang sebetulnya tak dibutuhkan

Anda mungkin akan kecewa ketika melewatkan diskon khusus sebuah produk elektronika. Bahkan Anda termasuk orang yang tak pernah ketinggalan menukarkan kupon voucher.

Memang Anda mendapatkan potongan harga ketika membeli barang saat pesta diskon atau menggunakan voucher. Namun apakah Anda memang membutuhkan barang itu. Belum lagi Anda tak berpikir di mana menyimpan barang-barang yang baru dibeli itu

3. Membayar biaya administrasi kartu kredit atau rekening

Membayar biaya administrasi tahunan kartu kredit sebetulnya merupakan tindakan bodoh. Ada banyak bank menawarkan kartu kredit bebas biaya administrasi. Cobalah mendapatkannya.

Hal serupa berlaku pada bank yang biasanya mengenakan biaya hanya untuk mengecek rekening. Cobalah mencari bank yang membebaskan tagihan itu.

4. Punya kartu langganan tapi jarang dipakai

Biasanya banyak toko menawarkan kartu langganan agar Anda mendapatkan potongan harga. Kecuali Anda setiap hari berbelanja di toko yang sama, kartu berlangganan ini hanya akan sia-sia dan menguras uang Anda.

5. Lebih sering makan di luar daripada di rumah

Jika Anda termasuk orang yang memesan makanan daripada membawa bekal dari rumah, Anda termasuk orang yang menghamburkan uang.

Ingatlah, pajak dan mungkin tip yang Anda berikan sebetulnya mengambil porsi cukup besar dari makanan yang Anda beli.

Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'
Join Dream.co.id