5 Alasan Wajib Berkurban Lewat THK Dompet Dhuafa, Penasaran?

Dinar | Senin, 20 Agustus 2018 07:13
5 Alasan Wajib Berkurban Lewat THK Dompet Dhuafa, Penasaran?

Reporter : Ayu Siti Rachma

Genap berdiri selama 25 tahun, lembaga peraih Ramon Magsaysay Award ini menyebarkan semangat berkurban lewat Tebar Hewan Kurban (THK) yang sudah berlangsung sejak 1994.

Dream - Zaman yang kian berkembang turut mengubah cara berkurban yang dilakukan oleh masyarakat masa kini. Belakangan, banyak bermunculan lembaga amil zakat yang juga berperan memfasilitasi ibadah berkurban, seperti Dompet Dhuafa. Genap berdiri selama 25 tahun, lembaga peraih Ramon Magsaysay Award ini menyebarkan semangat berkurban lewat Tebar Hewan Kurban (THK) yang sudah berlangsung sejak 1994.

Tahun ini, THK Dompet Dhuafa mengusung semangat “Kurbanesia, Membentang Kebaikan” seolah memantapkan diri untuk berbagi berkah daging berkah ke seluruh penjuru Tanah Air. Berikut ini adalah lima alasan kamu wajib berkurban lewat THK Dompet Dhuafa, apa saja?

Dompet Dhuafa

©Dompet Dhuafa

Berkurban Semakin Mudah

Ibadah kurban yang dilakukan kini semakin mudah karena Dompet Dhuafa menyediakan berbagai kanal layanan yang menunjang hal tersebut. Baik itu kanal online, maupun offline yang hadir lewat konter yang tersebar di sejumlah pusat perbelanjaan.

Kemudahan ini juga didukung oleh pilihan kanal pembayaran mulai dari perbankan, QR Code, payment online, kerja sama dengan e-commerce, Jemput Kurban, 150 konter Dompet Dhuafa dan gerai THK yang tersebar di wilayah Jabodetabek. Kamu juga bisa mengunjungi kanal pembayaran online yang bisa diakses lewat kurban.dompetdhuafa.org.

Pemberdayaan Peternak Lokal dan Mitra

Berbagi kebaikan lewat Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa nggak hanya sebatas untuk kaum dhuafa yang membutuhkan. Ratusan peternak yang menjadi mitra Dompet Dhuafa dan dibina lewat program pemberdayaan ekonomi juga turut merasakan berkahnya.

Program pemberdayaan ekonomi yang digagas Dompet Dhuafa di sektor pertanian ini sendiri perwujudan model bisnis sosial yang turut mengangkat ekonomi peternak lokal binaan. Dari yang dulunya kurang mampu, kini menjadi insan yang sukses.

Distribusi Hewan Kurban yang Makin Merata

Khusus untuk kurban tahun ini, Dompet Dhuafa memiliki target sebaran 25 ribu hewan kurban ke 25 provinsi se-Indonesia. Hewan kurban yang terdiri dari domba, kambing, sapi, dan kerbau akan didistribusikan ke daerah terpencil, rawan gizi, terbelakang, miskin, dan daerah yang terkena bencana atau kerusuhan di seluruh Indonesia.

Dompet Dhuafa juga memperluas jangkauannya hingga ke luar negeri. Misalnya di daerah miskin dengan penduduk minoritas muslim, daerah konflik perang seperti Gaza, Palestina, dan sejumlah titik konflik internasional lainnya. Palestina sendiri menjadi tujuan konsisten Dompet Dhuafa dalam mendistribusikan sapi untuk para penjaga Al Aqsa.

©Instagram/dompet_dhuafa

©Instagram/dompet_dhuafa

Hewan Kurban THK Memenuhi Standar dan Mutu Kualitas

Pengelolaan THK Dompet Dhuafa jelas nggak dilakukan secara sembarangan. Ada penilaian standar mutu yang digunakan lewat proses pengadaan dan pendistribusian hewan ternak oleh mitra peternakan berupa beberapa parameter yang sudah ditentukan sebagai berikut:

1. Bobot hidup, pada domba dan kambing jenis standar berada di kisaran 25 - 29 kg. Sementara itu, domba dan kambing jenis premium sekitar 30 – 39 kg. Khusus untuk sapi sendiri ada pada rentang 250 – 300 kg.

2. Kesehatan dan fisik, kriteria mutu yang ditetapkan adalah hewan kurban tidak cacat, lepas gigi khususnya kambing dan sapi, serta berkelamin jantan.

3. Pelaksanaan pemotongan hewan kurban, cara pemotongan yang dilakukan harus sesuai syariat Islam. Selain itu, Dompet Dhuafa juga mengambil foto pelaksanaan kurban dan pelaporan tepat waktu kepada pekurban yang berkurban lewat Dompet Dhuafa.

4. Tepat sasaran, yang dijalankan lewat proses pendistribusian di wilayah miskin. Selain itu, calon penerima kurban masuk kategori masyarakat kurang mampu.

Tim QC THK Dompet Dhuafa Ikut Mengontrol Mutu Hewan Kurban

Dompet Dhuafa juga merekrut tim pelaksana quality control (QC) yang memiliki tugas untuk menjalankan amanah. Ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan dan pelayanan THK mulai dari fase pengadaan sampai pemotongan yang syar’i. Tim QC Ini memiliki beberapa tugas utama.

Pertama, mereka melakukan pemantauan, pengontrolan dan pengecekan kondisi kesehatan serta bobot calon hewan kurban sebelum hari pelaksanaan. Selanjutnya, tim QC akan mengecek dan verifikasi lokasi pendistribusian dan calon penerima manfaat.

Mereka juga ikut memantau proses persiapan dan pelaksanaan pemotongan hewan kurban. Terakhir, tim tersebut akan melakukan pelaporan, pendokumentasian, evaluasi, dan rekomendasi.

Itu tadi beberapa keunggulan melaksanakan kurban online lewat THK Dompet Dhuafa. Jangan ditunda lagi, yuk segera laksanakan kurban tahun ini, Sahabat Dream!

 

Join Dream.co.id