4 Ukuran Kesuksesan Menurut Rasul

Dinar | Sabtu, 23 Januari 2016 08:02
4 Ukuran Kesuksesan Menurut Rasul

Reporter : Syahid Latif

Bukan hanya harta dan pangkat. Rasul mengajarkan empat ukuran kebahagian dan kesuksesan manusia.

Dream - Bila Sahabat Dream coba menanyakan, apa ukuran kebahagiaan atau kesuksesan kepada 100 orang? Mungkin akan mendapatkan 100 jawaban yang berbeda. Karena setiap orang memang punya perbedaan yang unik dalam menilai standard kelayakan hidup. Tergantung seleranya.

Namun di zaman seperti saat ini, ukuran kebahagiaan selama ini sering dikaitkan dengan banyaknya uang di tabungan, deretan mobil di garasi, atau bahkan perhiasan berkemilau.

Padahal Rasulullah telah mengajarkan ukuran standar kebahagian manusia.

Mengutip sebuah hadis riwayat Ibnu Hibba yang disahihkan Al-Arna'uth, ukuran kebahagian manusia menurut rasul terlihat dari empat hal.

Pertama, rumah yang lapang. Rumah adalah markas setiap individu. Manusia bisa berlanglang buana mencari nafkah, tetapi pada akhirnya ia akan kembali pada sebuah bidang bangunan tempat privasinya terjaga.

Di perkotaan, harga tanah yang semakin mahal membuat orang memilih untuk mencari rumah yang minimalis. Namun andai mampu membeli, tentu rumah yang lapang yang dicari orang. Karena dengan lapangnya rumah, semakin memberi kenyamanan dan keleluasaan untuk beraktivitas pribadi.

Mau tahu ukuran kesuksesan dan kebahagian lain menurut Rasul, baca selengkapnya di tautan ini.  (Ism)

 

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi 

Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup
Join Dream.co.id