4 Tips Pilih Asuransi yang Tepat Selama Pandemi Corona

Dinar | Jumat, 29 Mei 2020 12:36
4 Tips Pilih Asuransi yang Tepat Selama Pandemi Corona

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Pemilihan asuransi yang tepat membantumu untuk mengatur kondisi keuangan dengan bijak.

Dream – Wabah Covid-19 telah mempengaruhi berbagai sektor dalam kehidupan masyarakat di seluruh dunia. Dengan roda ekonomi yang melambat, banyak negara mulai melonggarkan pembatasan aktivitas masyarakat. Era The New Normal bahkan santer dikampanyekan di Indonesia.

Dengan diizinkannya kembali masyarakat beraktivitas di luar rumah dengan protokol kesehatan yang baru, kamu tentu harus lebih waspada agar tak tertular virus corona. Selain menjaga pola hidup sehat, antipasi yang perlu kamu persiapkan adalah layanan asuransi untuk melindungi diri saat kondisi memburuk.  

Risiko keuangan memburuk sangat rentan terjadi terutama jika masyarakat belum sempat menyiapkan berbagai perlindungan dalam menghadapi situasi di tengah pandemi ini. Selain kesiapan dalam dana darurat, perlindungan berupa asuransi merupakan pilihan yang bijak.

Membuat perlindungan yang tepat bagi kamu dan keluarga bisa dipersiapkan dengan memilih asuransi yang tepat selama wabah corona. Instrumen keuangan ini bisa membantumu mengatur kondisi keuangan dengan bijak, tanpa panik, dan khawatir akan beragam risiko finansial.

Berikut ini adalah panduan memilih asuransi yang tepat selama pandemi corona, dikutip dari keterangan tertulis FWD Life, Jumat 29 Mei 2020.

2 dari 4 halaman

Pilih Asuransi yang Berikan Manfaat Covid-19

Pertama, memilih asuransi yang memberikan manfaat Covid-19. Setelah virus Covid-19 merebak di Indonesia, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk memberikan perlindungan bagi seluruh lapisan masyarakat dari virus ini. Mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan, para pasien positif corona akan mendapatkan akses kesehatan gratis mulai dari rawat inap hingga obat-obatan.

Akan tetapi, memiliki asuransi yang memberikan perlindungan lebih terhadap virus ini akan menciptakan rasa aman khususnya bagi pasien yang terinfeksi dan keluarga mereka. Tidak semua asuransi memberikan perlindungan terhadap virus ini. Untuk itu, sebaiknya kamu mengecek kembali polis asuransimu.

3 dari 4 halaman

Mudah Diakses

Kedua, gampang diakses. Dengan adanya keterbatasan ruang interaksi, akses yang mudah menjadi kebutuhan bagi semua orang. Dalam memilih asuransi, pastikan kamu dapat mengakses asuransi tanpa ribet yang dapat melayani secara cepat di mana pun dan kapan pun.

Asuransi yang dapat diakses secara online dapat mendukung upaya dalam mengurangi risiko penyebaran virus korona karena dapat dibeli meskipun di rumah saja. Asuransi yang memiliki sistem pembayaran cashless juga dapat memudahkanmu jika ingin mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit

4 dari 4 halaman

Mempertimbangkan Premi Sesuai dengan Keadaan

Ketiga, mempertimbangkan premi sesuai dengan keadaan. Keadaan ekonomi yang tidak menentu menciptakan risiko keuangan yang tinggi bagi sebagian masyarakat saat ini. Pastikan premi asuransi yang dimiliki sesuai dengan pendapatan yang ada dan tidak menganggu anggaran pengeluaran untuk kebutuhan utama.

Selain itu, Sahabat Dream juga sebaiknya memastikan premi yang dibayarkan sesuai dengan kebutuhan manfaat yang diterima.

Keempat, pertimbangkan manfaat yang akan didapatkan oleh keluarga. Memiliki polis asuransi individu dengan rencana yang lengkap tentu akan memberikanmu rasa aman dan tenang.

Terlebih lagi, jika rencana polis tersebut menyertakan keluarga sebagai bagian dari polis yang ada. Pastikan keluargamu tetap aman dan terjamin terutama di situasi ini.

Join Dream.co.id