4 Tips Efektif Kerja dari Rumah, Bikin Kamu Enggak Bosan

Dinar | Rabu, 8 April 2020 13:34
4 Tips Efektif Kerja dari Rumah, Bikin Kamu Enggak Bosan

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Apa saja tuh?

Dream – Sahabat Dream, ada sebagian kantor yang memperpanjang kebijakan work from home (WFH) dan ada yang tidak. Terlepas dari itu, bekerja dari rumah tentu punya kesulitan sendiri.

Ada banyak gangguan di rumah yang bisa merusak konsentrasi kerja dan mood kamu. Untuk mengatasinya, ada empat tip yang bisa kamu terapkan, sebagaimana dikutip dari Karir.com, Rabu 8 April 2020.

Pertama, kondisikan situasi rumah. Kondisi kantor dan rumah tentu berbeda. Rumah didesain agar penghuninya bisa beristirahat, sedangkan kantor untuk bekerja.

Sangat besar kemungkinan fokus kamu untuk bekerja akan teralihkan karena berbagai fasilitas dan kondisi yang ada di rumah. Contohnya dengan kehadiran keluarga dan perangkat hiburan yang ada di dalam rumah.

Oleh karena itu pastikan kondisi di dalam rumah kondusif untuk melakukan pekerjaan. Beri pengertian kepada anggota keluarga bahwa kamu berada di dalam rumah untuk bekerja. Terapkan disiplin diri dan gunakan fasilitas di dalam rumah seperlunya saja atau hanya ketika istirahan.

2 dari 4 halaman

Buat Prioritas

Ke dua, susunlah prioritas pekerjaan harian yan biasa dilakukan saat berada di kantor. Dengan menentukan prioritas ini, kalian tidak akan bingung untuk menentukan pekerjaan mana dulu yang sebaiknya kalian selesaikan.

Buat tenggat waktu pengerjaan dan pastikan semua selesai sesuai jadwal sehingga besok kalian bisa mulai mengerjakan hal lain.

3 dari 4 halaman

Cara Komunikasi

Ke tiga, bekerja dari rumah masing-masing bisa menjadi suatu hal yang memusingkan, apalagi jika komunikasi antar divisi terganggu. Tak jarang pekerjaan yang kita kerjakan harus menunggu pekerjaan orang lain dan sebaliknya.

 

 Cara Komunikasi© MEN

Untuk mengatasi hal ini kalian wajib menentukan saluran komunikasi apa yang akan digunakan secara bersama-sama. Misalnya dengan WhatsApp Group, Skype Call, atau telepon personal.

Tentunya hal ini sebaiknya juga diatur oleh kantor sehingga seluruh pekerja menggunakan saluran komunikasi yang sama.

4 dari 4 halaman

Manfaatkan Teknologi

Ke empat, manfaatkan teknologi. Selain teknologi instant messenger dan juga video call, kalian bisa memanfaatkan cloud computing untuk mempercepat pekerjaan.

Dengan menggunakan cloud computing seluruh pekerja bisa mengakses file pekerjaan dimana saja dan kapan saja.

Tentunya dengan menggunakan teknologi, pekerjaan yang harus dilakukan secara berkelompok bisa diselesaikan tanpa harus banyak tatap muka.

Join Dream.co.id