4 Tip Berbelanja Cerdas Selama Pesta Diskon

Dinar | Kamis, 7 November 2019 10:10
4 Tip Berbelanja Cerdas Selama Pesta Diskon

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Diskon tak jarang merayu kita untuk mengeluarkan uang lebih banyak.

Dream – Para shopper, bersiaplah. Sebentar lagi pesta diskon belanja online kembali digelar. Setelah 9.9 dan 10.10, dalam waktu dekat bakal dihelat 11.11. Pesta 12.12 menyusul kemudian.

Indonesia memang pasar empuk. Tingkat belanja online konsumen kita relatif paling tinggi dibandingkan negara lain di Asia Tenggara.

Mari kita buka data Global Web Index yang dirangkum oleh We Are Social and Hootsuite. Mereka mencatat ada 86 persen masyarakat Indonesia melakukan transaksi online sepanjang tahun 2018.

Sementara, Bank Indonesia mencatat nilai transaksi e-commerce pada tahun yang sama mencapai Rp77,77 triliun.

Tentunya, pesta diskon yang kerap digelar marketplace menambah antusiasme masyarakat untuk berbelanja secara online.

Meski demikian jangan boros. Ukur kedalaman kantong kalian. Jangan lupa menyisihkan duit untuk keperluan lain, termasuk menabung.

Agar tidak kalap dan boros saat pesta diskon online, ada baiknya kalian membaca dulu tip berikut ini:

2 dari 7 halaman

Belanja Online Saat Musim Diskon

Pertama, kamu bisa belanja online selama musim diskon. Selama musim diskon belanja online, biasanya beberapa jenis produk akan lebih murah untuk dibeli secara online dibandingkan melalui pembelian di toko fisik mereka.

Jika ingin lebih berhemat, kamu bisa menggunakan kartu debit dan kredit untuk bertransaksi secara online.

 Belanja Online Saat Musim Diskon
© MEN

Ke dua, menggunakan kartu pembayaran yang keamanannya terjamin. Dengan kartu ini, kamu bisa berbelanja secara cepat dan tak perlu khawatir akan keamanan transaksi.

3 dari 7 halaman

Manfaatkan Penawaran Kuliner

Ke tiga, merencanakan perjalanan lebih awal. Masyarakat Indonesia semakin sering bepergian. Jumlah pencarian orang terhadap kata kunci yang berhubungan dengan perjalanan meningkat 39 persen dalam 18 bulan terakhir.

Kamu bisa merencanakan liburan lebih awal untuk membuat pebandingan harga dan menikmati penerbangan dengan harga terbaik. 

 Manfaatkan Penawaran Kuliner
© MEN

Ke empat, memanfaatkan penawaran menarik di kuliner. Saat pesta diskon, tak sedikit toko yang menawarkan promo santapan murah. Nah, kamu bisa juga menikmati kuliner dengan hemat.

Misalnya, menggunakan penawaran beli 1 gratis 1 dengan kode promo atau cashback dengan kartu kredit atau debit.

4 dari 7 halaman

Barang-Barang Ini Selalu Laris Manis Saat Pesta Belanja Online

Dream – Festival Belanja 11.11 yang sudah menjadi acara diskon terbesar e-commerce tahunan sejak 2012. Para pelanggan bisa berpesta mendapatkan barang idaman dengan harga kortingan.

Diskon besar-besaran di semua kategori produk memang selalu membuat orang tak segan menekan tombol beli dan mengetik pin rekening untuk belanja.

Tapi sebelum kalap belanja kita harus taahu apa saja kategori produk yang laris-manis saat festival belanja online.

Senior Vice President Operations Lazada Indonesia, Haikal Bekti Anggora, mengatakan, ada tiga kategori produk yang biasanya paling laris. Ketiga kategori ini adalah produk kecantikan, barang-barang elektronik, serta fashion.

 

 Barang-Barang Ini Selalu Laris Manis Saat Pesta Belanja Online
© Dream

 

Ketiga kategori itu pula yang telah disiapkan Lazada untuk menyambut festival belanja pekan depan. Meski demikian, Haikal mengaku belum bisa menerawang barang apa saja yang bakal laris di festival belanja kali ini.

“ Susah, sih, kalau disuruh menerawang. Soalnya enggak ada yang tahu customer yang datang nanti siapa. Kami punya customer pada hari-H,” kata Haikal di Jakarta.

(Laporan: Shania Suha Marwan)

5 dari 7 halaman

Lazada Tebar Diskon Festival Belanja 11.11, Ini Tips Biar Dapat Barang Incaran

Dream – Festival Belanja 11.11 sebentar lagi menyonsong. Para pemburu barang-barang e-Commerce siap-siap menyambut diskon besar-besaran. Event tahunan ini memang kerap ditunggu peselancar dunia maya.

Dari beragam program yang cukup menarik perhatian adalah kala e-Commerce menyiapkan kegiatan flash sale. Program ini biasanya menjual barang favorit namun dengan harga sangat miring. 

Flash sale juga menjadi program yang selalu bikin penasaran karena barang incaran yang ditawarkan sangat sedikit. Tak sedikit netizen yang sering gagal mendapatkan barang incarannya.

Lalu, bagaimana caranya agar bisa mendapatkan barang di festival belanja 11.11? Kamu bisa mengikuti cara ini.

Pertama, kamu terlebih dahulu mencari barang yang diinginkan. Hal ini bertujuan agar kamu tak bingung lagi ingin membeli barang apa.

 

 Lazada Tebar Diskon Festival Belanja 11.11, Ini Tips Biar Dapat Barang Incaran
© Dream

 

Kedua, masukkan barang yang diinginkan ke troli mulai dari sekarang. Ini bertujuan agar tak perlu repot mencari barang saat festival 11.11 berlangsung.

Ketiga, siap-siaplah membuka e-commerce dari hari sebelumnya. Dengan begitu, kamu akan kebagian pesta belanja online dan tidak kehabisan kuota diskon.

“ Dari sekarang, masukkan barang incaran ke troli supaya nanti tinggal tombol checkout saat 11.11,” kata Senior Vice President Traffic Operations Lazada Indonesia, Haikal Bekti Anggora, dalam “ Konferensi Pers Festival 11.11 Lazada”, di Jakarta, Selasa 5 November 2019.

6 dari 7 halaman

Diskon Hingga 99 Persen

Pada tanggal 11 bulan november ini atau biasa disebut dengan 11.11. Para e-commerse di Indonesia akan memberikan diskon hingga 99,9 persen selama 24 jam. Salah satu e-commerce yang menyediaka diskon besar-besaran adalah Lazada Indonesia.

Dalam event ini, Lazada memberikan voucher senilai total Rp11 miliar. Ada juga 11 juta penawaran ekslusif dan fitur shoppertainment terbaru.

“ Untuk (festival) 11.11 tahun ini, kami benar-benar mengerahkan seluruh kemampuan dari segi shoppertainemt, penawaran, bahkan seller. Kami berharap Lazada 11.11 menjadi perayaan diskon terbesar satu hari,” kata Chief Marketing Officer Lazada Indonesia, Monika Rudijono, di Jakarta.

(Sah, Laporan: Sania Suha Marwan)

7 dari 7 halaman

Join Dream.co.id