Tenang Bunda, Ini 4 Tips Atur Keuangan untuk Orang Tua Tunggal

Dinar | Rabu, 10 Mei 2017 06:18
Tenang Bunda, Ini 4 Tips Atur Keuangan untuk Orang Tua Tunggal

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Insya Allah, keuangan bisa dikendalikan lagi.

Dream – Hidup itu penuh misteri dan tak bisa diprediksi. Bahkan, kehidupan berjalan di luar yang kita rencanakan. Seorang yang telah menikah, bisa saja harus menerima kenyataan pahit berpisah dengan pasangan, baik bercerai maupun meninggal.

Kepergian pasangan tentu membuat kehidupan menjadi lepas kendali, termasuk masalah keuangan sekali pun. Status sebagai orang tua tunggal pun harus dijalani.

Di awal menjadi orang tua tunggal, kepergian pasangan tentu membuat semuanya berantakan. Masalah keuangan jangan ditanya lagi. Jadi karut-marut.

Tapi, bagaimana caranya supaya keuangan tidak turut berantakan selepas menjadi seorang single parent?

Dilansir dari CNBC, Rabu 10 Mei 2017, ada empat  tips mengatur keuangan yang bisa diadaptasi bagi para orang tua tunggal.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui anggaran. Orang tua tunggal harus  bisa mengidentifikasi pendapatan dan pengeluaran bulanan, seperti sewa rumah dan perawatan anak (kalau ada). Lebih baik membuat pendebetan tagihan otomatis dari rekening tabungan untuk menghindari denda tagihan.

“ Anda tidak bisa mengatur tabungan kalau tidak tahu ke mana perginya semua uang,” kata penulis buku SmartMom, Rich Mom, Kimberly Palmer.

Tips yang kedua adalah membuat dana darurat. Single parent, mohon catat, tidak ada yang tahu ke depannya akan terjadi kejadian apa dan berapa biaya yang dibutuhkan untuk peristiwa tersebut. Untuk itulah, pos dana darurat perlu dibuat. Cobalah membuat dana darurat yang bisa menutup biaya hidup selama enam bulan. Lebih baik menyimpan uang darurat di rekening terpisah.

Yang ketiga adalah pastikan kehidupan Anda terlindungi oleh asuransi jiwa, ya, Sahabat Dream. Seorang anak perlu mendapatkan perlindungan ketika Anda menjadi single parent.

Keempat, jangan lupa perlindungan finansial bagi diri sendiri. Ingat, orang tua tunggal pun harus memikirkan dirinya ketika pensiun. Usahakan memiliki tabungan pensiun supaya bisa tetap bahagia untuk masa saja. Keuangan  untuk Anak memang penting, namun dia bisa mendapatkan beasiswa untuk pendidikannya.(Sah)

Alasan Nada Zaqiyyah Terjun Sebagai Desainer Fashion Muslim
Join Dream.co.id