CV Kamu Cantumkan 4 Hal Ini, Peluang Diterima Makin Besar

Dinar | Selasa, 9 Juli 2019 09:48
CV Kamu Cantumkan 4 Hal Ini, Peluang Diterima Makin Besar

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Apa saja?

Dream – Ketika melamar pekerjaan, kamu akan mengerjakan hal yang dilakukan semua pelamar kerja. Kamu pasti akan merancang Curriculum Vitae (CV) saat mengajukan diri ketika melamar kerja.

Dalam CV ini ada beragam informasi yang dimasukkan, mulai dari identitas diri, pengalaman kerja sampai keahlian.

Dikutip dari Karir.com, Selasa 9 Juli 2019, sebenarnya perekrut hanya memerlukan waktu enam detik untuk melihat resume. Dengan waktu sesingkat itu, kamu takkan bisa memuat terlalu banyak informasi.

Lantas, informasi apa yang seharusnya dicantumkan dalam lamaran yang akan dibuat? Berikut ini adalah rinciannya.

2 dari 6 halaman

Nama dan Posisi

Nama

Pastikan nama kamu tertulis dengan benar dan tidak salah. Kesalahan dalam penulisan nama bisa berakibat cukup buruk bagi kamu sebagai pengirim lamaran. Menulis nama saja sudah salah, bagaimana dia akan bekerja?

Posisi Saat Ini

Poin selanjutnya yang biasanya menjadi highlight dari resume yang dikirim adalah posisi yang dimiliki kandidat saat ini. Poin ini memiliki nilai yang cukup penting bagi rekruter untuk mengetahui sejauh mana pengalaman kandidat dalam bidang yang digelutinya.

Bila kalian masih fresh graduate atau belum memiliki pekerjaan bagian ini bisa diganti dengan pengalaman magang.

3 dari 6 halaman

Waktu Bergabung dengan Kantor dan Pengalaman Kerja

Tanggal Masuk dan Keluar

Untuk menduduki sebuah jabatan tentunya membutuhkan pengalaman dengan jangka waktu tertentu. Oleh karena itu biasanya rekruter akan melihat berapa lama seorang kandidat pernah berada di jabatan tertentu.

Selain itu, biasanya rekruter melakukan ini untuk mengetahui bagaimana tingkat loyalitas kandidat tersebut. Walaupun sebenarnya tidak ada standar baku mengenai tingkat loyalitas dengan banyaknya waktu yang dihabiskan di sebuah perusahaan. Perekrut tentunya tidak ingin memliki pegawai yang memiliki masalah di tempat kerja.

Pengalaman Kerja Sebelumnya

Rekruter akan melihat riwayat kerja kandidat berdasarkan jabatan apa saja yang pernah dimiliki. Mereka umumnya ingin melihat sejauh mana kandidat bisa menyesuaikan

Poin-poin tersebut tentunya tidak menjadi sebuah penilaian yang absolut dan menyampingkan poin lainnya di dalam sebuah cv kandidat. Hanya saja dengan waktu yang sangat singkat tersebut, para rekruter melakukan screening untuk memastikan bahwa kandidat yang hadir memang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

4 dari 6 halaman

CV Super Aneh, Daftar Skill-nya Bikin yang Baca Mendelik

Dream – Di dunia karier, curriculum vitae (CV) lumrah digunakan untuk melamar pekerjaan. Selain biodata diri, CV juga berisi tentang pengalaman kerja dan keterampilan kerja.

Begitu juga isi CV yang satu ini.

Dilansir dari Mirror, Senin 27 Agustus 2018, CV itu berisi tentang pengalaman dan keterampilan kerja. Akan tetapi, ada yang aneh di CV ini.

Di bagian keterampilan kerja tertulis bahwa pemilik CV adalah pemilik beberapa “ kelebihan”, yaitu malas, cuek, dan kasar.

Untuk pengalaman kerja, pelamar ini memiliki pengalaman bekerja sebagai asisten di kantor. Yang dikerjakan selama di kantor adalah bermain sosmed dan membagikan informasi penting kepada penipu.

Ada juga nomor pemberi referensi, tapi, penulis CV menyarankan agar tidak menghubungi pemberi referensi itu.

Hm, bukan CV yang baik untuk dikirimkan ke perusahaan untuk melamar pekerjaan. Tapi, ini CV punya siapa, ya?

5 dari 6 halaman

Alasan di Balik CV Unik Itu

Ternyata, CV unik nan konyol ini punya Lauren. Dia mendapatkan CV tersebut dari sang ayah. Ayahnya sengaja menuliskan CV itu untuk sang buah hati agar bisa mengikuti ujian nasional di Inggris.

Cara yang unik untuk menyemangati anak.

 CV unik (1)

 

6 dari 6 halaman

Bikin Heran

“ Berusaha untuk mendapatkan sisi baikku dengan menjadi orang aneh yang tidak lucu,” tulis Lauren ketia diunggah ke Twitter.

 CV Unik (2)

Unggahan ini membuat warganet keheranan dengan CV lucu yang dibuat oleh ayah Lauren.

“ Saya mengerutkan dahi,” tulis seorang warganet.

Tips Jitu Menyeimbangkan Karier dan Pendidikan Ala Tiffani Afifa
Join Dream.co.id