4 Cara Hargai Waktu, Yang Terakhir Sering Dilupakan

Dinar | Selasa, 26 Februari 2019 07:42
4 Cara Hargai Waktu, Yang Terakhir Sering Dilupakan

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Ingat, waktu tak bisa kembali.

Dream – Orang-orang sukses sepakat bahwa waktu adalah hal yang paling berharga. Sekali waktu pergi, dia takkan kembali.

Tak seperti uang, kamu takkan bisa menghasilkan lebih banyak waktu.

Sayangnya, meskipun banyak waktu berharga yang diberikan, sebagian besar orang justru menyiakannya. Kita menghabiskan waktu untuk tidak melakukan apa pun. Kita juga sering konsetrasi terpecah untuk hal-hal yang tidak penting.

Lantas, bagaimana cara kita untuk menghargai waktu? Dikutip dari Success, Selasa 26 Februari 2019, ada empat cara yang bisa kamu lakukan.

2 dari 5 halaman

Fokus pada Gambaran Besar

Dengan banyaknya gangguan dalam aktivitas sehari-hari, kita bisa sangat mudah kehilangan satu “ gambaran” besar. Ini kadang-kadang tidak bisa kita hindari ketika sedang menangani sebuah krisis atau masalah keluarga.

Tapi, kalau terus-menerus diganggu oleh media sosial, surel, dan prioritas orang lain, kita akan menjadi frustrasi dan stres karena tak bisa hadir untuk memenuhi kebutuhan sendiri.

Untuk bisa mencapai suatu gambaran besar, kamu perlu bertanya kepada diri sendiri apa tujuan yang akan dicapai dan kemungkinan menyesal kalau tak tercapai. Lalu, tanyakan juga apa prioritasmu dan hal yang membuatmu untuk bangun tidur setiap pagi.

Menjawab pertanyaan itu akan membuatmu memberikan tujuan hidup. Ketika punya tujuan hidup, kamu akan termotivasi untuk fokus dan melakukan apa saja untuk mencapai potensi yang maksimal.

3 dari 5 halaman

Rencanakan Cara Menghabiskan Hari

Bayangkan ketika bangun tidur pada hari tanpa rencana. Terkadang, itu adalah perubahan yang disambut baik ketika sedang berlibur.

Bagaimana kalau itu terjadi pada hari kerja? Tanpa daftar yang harus dilakukan, kamu mungkin akan mengembara ke kantor sampai merasa ingin pulang. Kamu juga membiarkan gangguan yang tak berguna, mengendalikan jadwalmu. Buang-buang waktu saja.

Lebih buruk lagi, dengan tidak merencanakan hari, kita tidak bisa membuat kemajuan pada tujuan yang bisa membantumu mewujudkan gambaran besar yang ada dalam pikiran kita. Meskipun tak direncanakan setiap menit, kamu perlu memiliki struktur tentang cara menghabiskan waktumu.

4 dari 5 halaman

Habiskan Waktu dengan Bijak

Kita semua bersalah membuang-buang waktu. Kita sering membuang waktu dengan menonton video streaming atau membaca media sosial. Lebih baik buatlah prioritas, misalnya, melalui Google Calendar.

Kamu bisa mengurutkan jadwal tugas yang akan diprioritaskan.

Idealnya, ketika memiliki waktu luang, itu harus dihabiskan untuk kegiatan yang berharga dan bisa membantumu tumbuh sebagai pribadi yang lebih baik.

Contohnya, menghabiskan waktu yang berkualitas dengan orang-orang yang dicintai, membaca, mempelajari keterampilan baru, berolahraga, atau memperbarui keuangan kamu.

5 dari 5 halaman

Biarkan Orang Lain Tahu Bahwa Waktumu Berharga

Nah, cara yang terakhir ini acapkali dilupakan orang. Waktumu itu adalah aset yang sangat berharga, makanya kamu tidak bisa memberikannya secara percuma.

Tanpa disadari, ada perbuatan yang memperlihatkan waktumu tidak berharga, seperti menjadi “ Yes Man”, yaitu menerima setiap permintaan dari orang lain dan memprioritaskan mereka. Mulailah untuk mengatakan “ tidak” terhadap permintaan itu. Ini adalah cara yang paling sederhana untuk mencapai tujuan.

Ada juga kamu yang mudah terganggu. Ketika berada di tengah-tengah pekerjaan, kamu terganggu dengan panggilan, e-mail, teks, atau suara ketukan pintu. Kamu harus menghentikan apa yang dilakukan dan gangguan semakin bertambah.

Jika tak ingin buang-buang waktu, jadwalkan waktu kamu untuk memblokir gangguan-gangguan tersebut.

(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary
Join Dream.co.id