Baca 4 Alasan Harus Punya Dana Darurat Jika Covid-19 Belum Juga Menyadarkan Kamu

Dinar | Senin, 6 September 2021 07:12

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Ingat, pandemi Covid masih belum berakhir dan entah kapan berakhir.

Dream – Pandemi Covid-19 masih belum berakhir dan belum bisa dipastikan kapan akan selesai. Dengan lebih dari 1,5 tahun menjalani pandemi, seharusnya sudah muncul kesadaran di dalam diri kita pentingnya memiliki dana darurat. 

Wabah yang awalnya dikira hanya akan berlangsung sesaat ternyata masih berkepanjangan. Tabungan yang semula diyakini bisa menopang kehidupan di masa sulit seperti ini, lambat laun mulai tergerus dalam.

Nah jika kamu termasuk salah satu yang masih menyepelekan dana darurat, sebaiknya mulai berbenah. Sesuai dengan namanya, dana darurat hanya digunakan untuk kepentingan mendesak.

Pos dana ini biasanya disimpan di tempat yang berbeda dengan rekening tabungan yang digunakan untuk keperluan sehari-hari.

“ Jangan lupa menyisihkan sebagian untuk dana darurat,” kata Founder and CEO Makmur, Sander Parawira, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Minggu 5 September 2021.

Sander mengatakan besaran dana ideal yang harus disiapkan ini menyesuaikan dengan tanggungan pribadi. Kalau belum punya tanggungan, dana darurat yang disiapkan sebesar 6 kali dari penghasilan bulanan.

“ Kalau sudah punya tanggungan, sebaiknya 12 kali penghasilan bulanan atau lebih,” kata dia.

Baca 4 Alasan Harus Punya Dana Darurat Jika Covid-19 Belum Juga Menyadarkan Kamu
Penting Banget, Lho, Punya Dana Darurat Di Tengah Pandemi Covid-19. (Foto: Shutterstock)
2 dari 3 halaman

Pentingnya Punya Dana Darurat

Ada beberapa keuntungan kamu punya dana darurat. Pertama, menjadi penolong ketika sakit. Apabila kamu atau keluarga ada yang tiba-tiba sakit, dana darurat dapat digunakan dalam situasi yang tidak dapat diprediksi seperti itu.

Mengingat biaya pengobatan yang semakin tinggi, tentu dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Terlebih apabila kamu atau keluarga tidak memiliki jaminan kesehatan.

Kedua, jadi penolong saat kehilangan pekerjaan. Banyak bisnis yang terdampak pandemi Covid-19 sehingga perusahaan terpaksa melakukan PHK.

Kamu pun harus menyiapkan diri untuk menghadapi situasi yang tidak dapat diantisipasi seperti itu. Dana darurat dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sembari mencari sumber penghasilan baru jika kamu sampai terkena PHK.

3 dari 3 halaman

Terhindar dari Pinjaman Online

Ketiga, menghindari utang online dengan bunga yang tidak wajar. Dana darurat juga dapat digunakan saat ada pengeluaran tidak terduga yang cukup besar, seperti memperbaiki kendaraan yang rusak atau membeli pengganti HP yang rusak.

Jangan sampai kamu terpaksa berhutang atau mengambil pinjaman online dengan bunga tinggi. Dengan memiliki dana darurat, kamu bisa menutupi pengeluaran tidak terduga tersebut tanpa harus berhutang.

Keempat, perasaaan aman ketika ada musibah. Perasaan aman merupakan perasaan yang tidak ternilai harganya untuk dimiliki saat ada musibah.

Dengan dana darurat, seseorang bisa fokus untuk mengurus dan menyelesaikan masalah tanpa perlu khawatir dengan finansial. Lebih baik menyimpan dana darurat di instrumen investasi agar nilainya tidak tergerus inflasi, misalnya di reksa dana pasar uang.

Join Dream.co.id