3 Strategi Mendorong Bisnis Makin Berkembang di Momen Ramadan

Dinar | Rabu, 20 April 2022 06:12

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya

Jangan sampai momen untuk lebih dekat kepada konsumen sekaligus menambah penghasilan di hari istimewa lewat begitu saja.

Dream - Bulan Ramadan menjadi kesempatan para pelaku bisnis untuk memaksimalkan usahanya agar berkembang. Selain umat Islam banyak meningkatkan ibadah di bulan Suci ini, tren konsumsi masyarakat juga senantiasa meningkatkan selama Ramadan.

Momen ini bisa jadi waktu yang tepat dalam membangun kedekatan dengan konsumen.

 Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

" Momen ini bisa jadi daya tarik tersendiri bagi yang tentunya memberi peluang untuk semakin
mempererat hubungan dengan konsumen," jelas Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay, Eka Nilam Dari saat acara virtual Shopeepay Talk Spesial Ramadan, Sambut Momentum Bisnis Makin Untung, Selasa 19 April 2022.

Agar bisnis terus berkembang, Eka menilai para pelaku usaha sebaiknya menggunakan momen-momen spesial seperti Ramadan untuk mengoptimalkan strategi dan perencanaan.

Berikut sejumlah tips inspiratif yang dapat dilakukan pelaku bisnis dalam memaksimalkan momen spesial.

3 Strategi Mendorong Bisnis Makin Berkembang di Momen Ramadan
Shutterstock
2 dari 4 halaman

Rencanakan Program di Momen Spesial

Sebelum momen Ramadan, usahakan baca peluang dan rencanakan program yang relevan untuk menyambut momen spesial ini. Tak hanya Ramadan, pelaku usaha juga harus bisa memetakan momen spesial sepanjang tahun menjadi kunci utama yang umum dilakukan. 

Para pebisnis juga perlu beradaptasi dan terbuka sesuai dengan keadaan di tengah perkembangan tren konsumen yang dinamis.

Renny Rantika, CEO & Co-Founder Ayam Keprabon Express membagikan tipsnya dalam merencanakan program di momen-momen tertentu.

“ Meski menu andalan kami adalah ayam geprek, namun kami selalu berusaha untuk berinovasi agar tetap relevan di mata masyarakat. Untuk itu, walau telah membuat perencanaan sejak awal tahun untuk melihat peluang momen spesial yang bisa dimanfaatkan," jelas Renny Rantika.

Ayam Keprabon Express melakukan pendekatan seperti gimmick di gerai offline, kolaborasi dengan brand lain, hingga menghadirkan kemasan spesial.

" Di Ramadan ini, kami pun melihat kampanye ShopeePay Big Ramadan Deals sebagai peluang bagi kami untuk semakin memeriahkan momen spesial Ramadan bersama konsumen,” tambah Renny.

3 dari 4 halaman

Unik dan Konsisten Usung Brand Value dan Ide

Di tengah maraknya program promosi yang dilakukan saat perayaan momen spesial, penting bagi bisnis untuk tetap tampil berbeda agar menarik perhatian konsumen.

Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan agar tetap stand out adalah dengan mengombinasikan karakteristik serta value yang diusung bisnis dengan segmentasi konsumen yang hendak disasar.

Pendekatan ini bukan hanya memperkuat persona bisnis yang konsisten, namun juga membangun kedekatan emosional serta loyalitas konsumen terhadap bisnis.

 Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Contohnya saat perayaan hari jadi Fore Coffee, kami meluncurkan inovasi produk spesial limited edition dan aktivitas engagement yang berkolaborasi bersama figur publik. Respon positif konsumen yang di luar ekspektasi mendorong kami untuk terus memegang teguh value dan karakter yang kami miliki," jelas CEO & Co-Founder Fore Coffee, Vico Lomar pada kesempatan yang sama.

Pendekatan ini juga Fore tuangkan dalam menyambut bulan Ramadan tahun ini melalui peluncuran menu minuman spesial Ramadan dan rangkaian koleksi hampers.

4 dari 4 halaman

Kolaborasi dan Promosi

Kolaborasi dapat menjadi salah satu solusi bagi bisnis yang ingin memperluas visibilitas di tengah perayaan momen spesial, terutama bagi pelaku UMKM yang memiliki sumber daya terbatas.

Melalui kerja sama dengan pihak lain yang kredibel, pebisnis dapat menjangkau pasar yang lebih luas dengan upaya yang lebih sederhana.

Entrepreneur & Digital Marketing Strategist, Septian Bramandita menyatakan strategi marketing di momen spesial harus diakui sering membutuhkan upaya lebih besar, baik modal maupun tenaga serta waktu.

" Pelaku bisnis dapat mengeksplorasi peluang kolaborasi bersama pihak lain yang telah memiliki basis pasar, misalnya figur publik yang relevan atau pun brand seperti ShopeePay yang kerap menyelenggarakan kampanye di momen-momen spesial," jelasnya.

Kolaborasi ini dapat membuat bisnis dan UMKM dapat mengakselerasi bisnis dan membangun loyalitas konsumen, serta tetap eksis di berbagai kesempatan.

Sejalan dengan hal ini di momen Ramadan ShopeePay menghadirkan kampanye spesial ShopeePay Big Ramadan Deals yang berlangsung mulai tanggal 1 April hingga 5 Mei mendatang. Pengguna dapat menikmati berbagai penawaran menarik, seperti voucher ShopeePay Rp10, potongan harga untuk penuhi kebutuhan harian selama bulan Ramadan lewat penawaran voucher Minimarket Pasti Diskon. Juga penawaran Bukber Hemat Cashback 90% untuk menambah kehangatan silaturahmi bersama keluarga dan sahabat.

Join Dream.co.id