3 Langkah Raup Cuan Saat Pandemi Corona Kelar

Dinar | Senin, 4 Mei 2020 13:42
3 Langkah Raup Cuan Saat Pandemi Corona Kelar

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Pandemi corona membuat perekonomian morat-marit.

Dream – Pandemi corona membuat banyak pegawai yang bekerja dari rumah untuk menghindari penularan. Bahkan, tak sedikit yang dirumahkan hingga pemutusan hubungan kerja (PHK).

Dikutip dari Merdeka.com yang melansir CNBC Make It, Minggu 3 Mei 2020, dalam situasi saat ini banyak orang yang beralih ke bisnis online. Mengingat, banyak pasar hingga tempat perbelanjaan yang tutup, dan masyarakat diimbau untuk menghindari kerumunan. Masyarakat mulai beralih ke belanja online.

Seorang investor di Shark Tank ABC, Barbara Corcoran, memprediksi akan ada peningkatan ketergantungan pada bisnis berbasis web. Para pekerja yang mempelajari keterampilan baru yang selaras dengan kebutuhan bisnis tersebut, akan berkembang di masa depan.

Ada tiga cara dari Corcoran bagi yang ingin meraup cuan saat pandemi corona.

2 dari 4 halaman

Ketahui Kemampuan

Langkah ini dapat dimulai dengan melakukan inventarisasi kelebihan atau kekuatan, serta apa yang menjadi kekurangan atau kelemahanmu. Jika berencana untuk tetap berada pada bidang pekerjaan yang sama, pikirkan apa yang harus dikembangkan sebagai daya saing ketika situasi membaik dan kamu kembali bekerja nantinya.

Kalau ingin hal baru, kamu bisa menganalisis sejauh mana kemampuan diri. Misalnya, kamu bisa mempertanyakan keahlian dan apa yang bisa dilakukan. Selanjutnya, buatlah daftar.

3 dari 4 halaman

Dapatkan Keterampilan Baru Secara Online

Setelah menentukan keterampilan yang perlu dikembangkan atau kuasai, manfaatkan kursus gratis yang tersedia secara daring. Peningkatan keterampilan akan membuatmu mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Baru-baru ini pemerintah telah menjalankan Program Kartu Prakerja sebagai pelatihan keterampilan secara daring.

Meski berbayar, pemerintah telah menyediakan Rp1 juta bagi tiap peserta sebagai saldo, yang nantinya akan digunakan untuk belanja paket pelatihan di platform rekanan, atau bisa mencobanya melalui laman www.prakerja.go.id.

4 dari 4 halaman

Manfaatkan Peluang Bisnis Baru

Pandemi virus corona covid-19 telah membuktikan kekuatan internet sebagai salah satu peluang yang banyak meraup keuntungan. Jika mempertimbangkan perubahan karir , cari pekerjaan di sektor-sektor di mana ada lonjakan permintaan, seperti perawatan kesehatan.

Corcoran mengamati masa kesulitan ekonomi cenderung menciptakan peluang baru untuk menghasilkan uang. " Ironisnya adalah, begitu banyak bisnis baru dimulai di masa-masa sulit justru menjadi bisnis yang sangat besar setelah masa-masa sulit berakhir,” kata dia.

Join Dream.co.id