Terpaksa ke Kantor, Dua Cara Ini Bisa Hindari Kamu dari Bahaya Corona

Dinar | Senin, 27 April 2020 10:47
Terpaksa ke Kantor, Dua Cara Ini Bisa Hindari Kamu dari Bahaya Corona

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Di sisi orang-orang bisa bekerja dari rumah, ada juga mereka yang harus tetap `ngantor`.

Dream – Kebijakan social distancing yang dikeluarkan pemerintah telah membuat beberapa orang harus mengerjakan segala sesuatu dari rumah selama berminggu-minggu. Kebijakan tersebut juga mengharamkan beberapa kantor di Amerika Serikat tutup.

Namun, bagaimana untuk beberapa orang yang masih harus pergi ke kantor?

Dikutip dari studyfinds.org, Sabtu 25 April 2020, para ilmuwan mengklaim telah menemukan cara untuk membantu menghentikan persebaran virus corona di tempat kerja. Penelitian ilmiah ini telah diterbitkan dalam jurnal mSystems, tim peneliti mengungkapkan dua hal yang dapat dilakukan setiap rumah dan kantor untuk menurunkan persebaran virus corona covid-19.

Pertama, para ilmuwan tersebut merekomendasikan untuk membuka jendela untuk memperbaiki sirkulasi udara. Tim dari University of California, Davis dan University of Oregon juga mengatakan hal yang sama. Membiarkan lebih banyak cahaya alami yang masuk ke ruangan akan menciptakan lingkungan yang lebih sehat.

Para peneliti profesional masih belum memiliki jawab tentang cara Covid-19 menyebar. Jawaban yang baru ditemukan saat ini yaitu, virus tersebut dapat menular dari satu pasien ke pasien lainnya.

Virus ini pun dapat bertahan hidup di permukaan seperti meja kantor, gagang pintu dan lain-lain. Namun, peneliti belum yakin berama lama virus tersebut dapat bertahan hidup. Bisa saja berjam-jam atau bahkan berhari-hari jika daerah tersebut tidak dilakukan pembersihan desinfektan.

Dalam jurnal tersebut, dijelaskan bahwa peneliti masih belum tahu seberapa efektif sinar matahari melawan virus corona covid-19, namun sinar matahari memiliki manfaat bagi peningkatan imunitas tubuh, selain itu caranya juga mudah dan murah.

“ Cahaya matahari merupakan sumber daya gratis yang tersedia secara luas untuk meningkatkan imunitas tubuh dan memiliki banyak manfaat kesehatan bagi manusia,” tulis tim itu.

2 dari 3 halaman

Udara di Dalam Ruangan Harus Tetap Lembab

Salah satu cara yang mudah dan dapat dilakukan untuk mencegah persebaran virus corona di rumah maupun di tempat kerja, yaitu dengan memperbaiki sirkulasi udara di ruangan.

Para ilmuwan mengatakan, semakin banyak udara yang masuk ke ruangan dari luar, akan mengencerkan jumlah partikel virus yang berada di dalam ruangan. Bahkan menurut penelitian, filter udara terbaik pun memungkinkan partikel virus covid-19 masuk ke dalam ruangan tertutup.

“ Tidak ada sistem filter yang sempurna,” penelitian menjelaskan.

" Hal ini terbukti pada filter di rumah sakit. Filter udara yang tidak berfungsi secara optimal menjadi penyebab kegagalan sistem untuk menghilangkan partikel virus."

Para ilmuwan menambahkan bahwa virus menyukai udara yang kering dan tidak bisa melakukan perjalanan jauh dalam kondisi lembab. Kelembaban dapat menjadi pelindung dari banyak partikel virus, termasuk virus corona. Kelembaban yang cukup dapat mengganggu atau bahkan membuat virus menjadi tidak aktif.

3 dari 3 halaman

Virus Corona Mengubah Tempat Kerja

Pusat peneliti mengatakan semakin banyak kantor yang dirancang untuk mendorong pemberlakuan social distancing. Meskipun pemerintah dan kantor swasta tidak dapat mendesain ulang bangunan mereka, namun pihak kantor dapat mengikuti anjuran yang diberikan sebagai upaya pemotongan mata rantai persebaran virus corona.

Sampai keadaan aman dan normal, menjaga jarak, mencuci tangan secara teratur, dan menjaga sirkulasi udara di rumah dan dikantor, merupakan saran terbaik dalam menghadapi pandemi yang sedang berlangsung. 

Join Dream.co.id