2 Cara Redam Amarah Pelanggan, Dijamin Luluh!

Dinar | Senin, 16 April 2018 08:15
2 Cara Redam Amarah Pelanggan, Dijamin Luluh!

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Ketidakpuasan konsumen bisa jadi masalah runyam kalau tidak ditangani dengan cepat.

Dream – Ketika menjalani bisnis, kendala yang ditemui pedagang tak melulu modal. Ketidakpuasan pelanggan bisa masalah besar apalagi jika keluhannya tersebar di media sosial.

Tommy Mello, pemilik perusahaan pemasangan dan perbaikan pintu garasi ternama, A1 Garage, mengaku tak pernah mengabaikan keluhan konsumen. Ketika ada yang tidak puas dengan layanannya, Mello membelikan bunga dan voucher Starbuck sebagai permintaan maaf.

Bukan itu saja. Mello sendiri yang akan mengantarkan hadiah itu ke rumah pelanggan.

Apa reaksi pelanggan? Dia yang awalnya marah, terkejut dan bahagia melihat tanggapan yang luar biasa dari sang pemilik bisnis.

Setiap bisnis harus menjadikan pelayanan konsumen sebagai prioritas. Konsumen adalah raja. Jika ingin membangun bisnis yang besar, berikut ini ada dua hal sederhana, tapi efektif bisa dilakukan.

Cepat Tanggap pada Respons Negatif

Setiap pengusaha pernah melakukan kesalahan kepada pelanggan. Jika kamu mampu cepat menunjukkan pengertaian terhadap kekecewaan konsumen, itu cukup untuk menunjukkan tanggung jawab. Apalagi jika berjanji memperbaiki atau memberikan pelayanan lebih baik. Konsumen akan mengerti kesalahan dan cepat memanfaatkan kamu. Saat menghadapi keluhan konsumen, segera hubungi dia dna berikan solusi terbaik untuk meredakan amarah. Ini adalah langkah terbaik sebelum pelanggan curhat di media sosial.

Tetap Ramah kepada Pelanggan

Kesan pertama ini penting. Tunjukkan bahwa kamu seorang penjual yang profesional dan bisa dipercaya. Gunakanlah bahasa formal, tapi ramah ketika merespons tanggapan negative dari konsumen. Fokuslah untuk memberikan layanan terbaik. Ingat, memenangkan hati pelanggan tak akan mendatangkan untung besar dalam sekejap, tetapi bisa membuat bisnis kamu bertahan lebih lama.

Selamat mencoba!

(Sumber: Liputan6.com/Siska Amelie F. Deil)

Join Dream.co.id