14 Profesi Wanita Bergaji Lebih Tinggi dari Pria

Dinar | Rabu, 1 Juli 2015 09:01

Reporter : Syahid Latif

Jangan remehkan wanita. Di profesi yang sama, kaum wanita justru bisa memperoleh penghasilan lebih tinggi.

Dream - Sampai saat ini masih banyak negara menganggap wanita sebagai warga negara kelas dua di tempat kerja. Mereka tidak diberi kesempatan yang sama seperti para pria untuk berkembang secara profesional.

Di belahan negara lain dengan kesetaraan gender lebih baik, kaum wanita justru mulai bisa menunjukkan kemampuan mereka sendiri.

Berbicara masalah pekerjaan, wanita saat ini sudah sejajar dengan pria. Kita melihat wanita menjadi presiden, CEO perusahaan multi-nasional, dan berbagai profesi yang sebelumnya didominasi pria. Bahkan pendapatan mereka lebih besar dari lawan jenisnya.

Mengutip laman Therichest, Rabu, 1 Juli 2015, berikut 14 profesi pekerjaan yang memberi kaum wanita penghasilan yang melebihi pria:

14. Konselor

Tidak mengejutkan pekerjaan sebagai konselor bagi wanita bisa menghasilkan pundi-pundi lebih besar dari para pria. Masalahnya konseling adalah domain para wanita sejak lama. Wanita dilahirkan dengan rasa empati dan kesabaran yang sangat dibutuhkan untuk menjadi konselor yang efektif. Akibatnya, wanita dibayar lebih dari pria, meskipun hanya sedikit. Jika pendapatan tahunan konselor wanita adalah US$ 42.349, maka pria dibayar sekitar US$ 42.299.

13. Pemeriksa Keamanan Transportasi

Sederhananya, tugas pemeriksa keamanan transportasi adalah memastikan bahwa penumpang mengikuti aturan ketika melewati pos pemeriksaan keamanan, termasuk memeriksa bagasi mereka, biasanya di bandara. Tidak terlalu banyak wanita bekerja di bidang yang didominasi pria ini, tetapi sedikit yang mendapatkan penghasilan lebih dari rekan-rekan pria mereka. Wanita mendapatkan gaji sekitar US$ 41.751 per tahun, sedangkan pria US$ 40.732.

12. Guru

Bisa dibilang salah satu profesi yang paling mulia di dunia adalah mengajar. Menanamkan ilmu pengetahuan dan nilai-nilai kepada anak didik dapat berhasil jika dilakukan oleh pendidik terbaik. Dan tidak ada orang pendidik yang lebih baik dari wanita, yang memiliki naluri keibuan alami. Wanita yang mengajar pendidikan khusus, pra-sekolah dan TK berpenghasilan lebih besar daripada guru pria. Guru wanita untuk pendidikan khusus bisa membawa pulang gaji US$ 47.378 setahun dibandingkan dengan hanya US$ 46.932 untuk guru pria. Sementara itu guru pra-sekolah dan TK digaji US$ 614 seminggu, US$ 2 lebih tinggi dari rata-rata guru pria.

11. Tukang Cuci Mobil dan Alat Berat

Tukang cuci mobil dan alat berat biasanya pekerjaan pria, tetapi statistik menunjukkan bahwa ada sekitar 13,5 persen wanita yang melakukan pekerjaan kasar tersebut. Mereka menjadikan pekerjaan mencuci mobil dan alat berat sebagai sumber utama mata pencaharian. Karena jenis pekerjaan manual ini jarang digeluti wanita, gaji mereka ternyata lebih tinggi dari pria. Meski terhitung masih rendah jika dibandingkan dengan industri lainnya, wanita yang bekerja di sektor ini dibayar US$ 24.793 per tahun, sedangkan pria digaji US$ 23.605.

10. Produser dan Sutradara

Bukan rahasia lagi bahwa pria yang selalu berada belakang kamera di Hollywood. Tetapi beberapa wanita yang memegang profesi produser dan sutradara juga banyak dan mereka punya gaji lebih tinggi dari rekan-rekannya. Tentu saja, gaji mereka tidak bisa dibandingkan dengan Steven Spielberg atau James Cameron. Namun 37 persen wanita yang berprofesi produser dan sutradara mendapat penghasilan sekitar US$ 66.226 per tahun, dibandingkan dengan rekan-rekan pria mereka yang berpenghasilan US$ 62.368.

9. Pengawas Proyek

Wanita yang berkecimpung bidang konstruksi hanya sekitar 3 persen dan itu kebanyakan adalah pekerja level bawah. Persentase wanita di tingkat pengawasan bahkan lebih rendah lagi. Jadi mungkin karena mereka seperti makhluk langka, wanita yang mengepalai tim pekerja konstruksi mendapatkan lebih dari rekan-rekan pria mereka. Pria seharusnya mendapatkan sekitar US$ 963 seminggu, yang di bawah rata-rata. Tidak ada statistik yang tepat untuk gaji pengawas proyek wanita, tapi konon gajinya di atas rata-rata.

8. Pewawancara

Personil Sumber Daya Manusia (HR) biasanya campuran yang baik dari pria dan wanita, karena lingkup pekerjaannya yang bervariasi. Tapi orang-orang yang diberi tugas untuk mewawancarai calon karyawan biasanya wanita. Tugas ulama ini memerlukan bukan hanya wawancara, tapi mengukur apakah yang diwawancara cocok untuk perusahaan. Pewawancara wanita konon menerima gaji US$ 608 seminggu, sedikit di atas pewawancara pria, yang mendapat US$ 596.

5 profesi lainnya >>>>>

 

14 Profesi Wanita Bergaji Lebih Tinggi dari Pria
Ilustrasi
2 dari 2 halaman

14 Profesi yang Lebih Jago Digeluti Wanita

7. Teknisi Kesehatan

Deskripsi teknisi kesehatan sangat bervariasi. Mulai dari pelatih atletik, asisten kesehatan gigi, paramedis, dan teknisi laboratorium. Mereka bukan dokter, tetapi mereka melakukan banyak fungsi dokter dan perawat, meskipun secara terbatas. Wanita mendominasi profesi ini, dengan gaji 102,4 persen lebih tinggi dari rekan-rekan pria mereka. Mereka membawa pulang sekitar US$ 740 seminggu, US$ 17 lebih banyak dari apa didapat rekan-rekan pria mereka.

6. Ahli Gizi

Karena semakin banyak orang yang mulai sadar kesehatan saat ini, sudah ada peningkatan permintaan untuk ahli diet dan ahli gizi. Dan sebagai besar dipenuhi dari populasi wanita. Mereka mendapatkan lebih dari rekan-rekan pria dengan membawa pulang US$ 11 lebih banyak dari gaji rata-rata mingguan.

5. Ahli Terapi

Banyak ahli terapi saat ini adalah wanita dan ini hanya salah satu dari banyak bidang di mana populasi wanita telah membuktikan dirinya sama atau bahkan lebih mampu daripada pria. Seorang terapis pernafasan mengkhususkan diri di bidang kardiologi dan pulmonologi, dan terapis wanita biasanya digaji US$ 1.028 seminggu. Rekan prianya hanya dibayar rata-rata US$ 966. Terapis okupasi wanita, yang tugasnya membantu pasien kembali ke kehidupan normal mereka baik fisik atau mental, digaji sekitar US$ 1.155 per minggu. Di atas rata-rata dan sedikit lebih tinggi dari apa diterima terapis okupasi pria.

4. Mekanik

Tidak terlalu banyak wanita yang gemar mengutak-atik mesin, tetapi ada beberapa yang tidak keberatan mendapatkan tangan mereka kotor. Mekanik pesawat, khususnya, mendapatkan gaji dua kali lipat dari montir mobil dan alat berat. Tapi secara keseluruhan, wanita berpenghasilan lebih tinggi dari pria di bidang ini.

3. Akuntan dan Auditor

Berdasarkan generalisasi, pria selalu dikatakan lebih baik di matematika daripada wanita. Angka dipandang oleh banyak wanita sebagai hal yang membosankan. Itulah sebabnya mengapa selama ini, tidak banyak wanita yang mengejar karier di bidang akuntansi. Tapi saat ini, semakin banyak wanita masuk ke bidang pembukuan dan akuntansi. Wanita mendapatkan gaji 100,3 persen lebih tinggi dari pria, dengan gaji mingguan rata-rata US$ 656 versus US$ 654 untuk pria.

2. Analis Riset

Karena dibutuhkan ketelitian, wanita dipandang paling cocok dalam melakukan penelitian. Tidak mengherankan jika periset wanita mendapatkan gaji 105,4 persen lebih tinggi dari pria. Wanita juga sudah menguasai perangkat lunak komputer untuk menganalisis data dan memecahkan masalah, sehingga membuat mereka lebih dari mahir di lapangan. Gaji mereka rata-rata US$ 1.326 seminggu, bandingkan dengan gaji mingguan pria yang hanya US$ 1.258.

1. Spesialis Dukungan Teknik Komputer

Bidang Teknologi Informasi sudah dipenuhi dengan wanita, yang sebelumnya telah mengambil jurusan yang berkaitan dengan komputer di perguruan tinggi atau universitas untuk lebih meningkatkan karir mereka. Akibatnya, wanita kini tampil dengan kinerja yang luar biasa sebagai spesialis dukungan teknik komputer dengan gaji 106,1 persen lebih tinggi dari rekan-rekan pria mereka. Dengan pekerjaan mengatasi masalah gangguan perangkat lunak dan membantu meningkatkan sistem komputer, spesialis dukungan teknik komputer wanita bergaji rata-rata US$ 951 seminggu, sedangkan pria mendapatkan US$ 896.

Join Dream.co.id