5 Daerah dengan Transaksi Fesyen dan Kecantikan Tertinggi di Tokopedia, Bukan Kota Besar!

Dinar | Jumat, 19 Agustus 2022 11:36

Reporter : Okti Nur Alifia

Tokopedia juga membagikan penemuan menarik lain pada kategori fesyen dan kecantikan sepanjang Agustus 2021 sampai Agustus 2022.

Dream - Bertepatan dengan HUT Kemerdekaan Indonesia, Tokopedia merayakan ulang tahunnya yang ke-13 pada 17 Agustus 2022 lalu. Marketplace online yang didirikan William Tanuwijaya itu mengawali tahun pertama kehadirannya dengan meraih Bubu Award sebagai startup e-commerce terbaik di Indonesia pada 2009   

Setelah 13 tahun berselang, Tokopedia telah naik status menjadi perusahaan unicorn yang mempunyai valuasi lebih dari  US$1 miliar. Bahkan kini Tokopedia menjadi semakin raksasa setelah bergabung bersama Gojek melahirkan GoTo Group pada Mei 2021.

Kehadiran Tokopedia juga membawa perubahan besar bagi para pelaku UMKM. Saat ini 12 juta UMKM memanfaatkan Tokopedia, dengan peningkatan penjual UMKM perempuan sebesar 2,5 kali lipat.

" Pandemi selain membawa tantangan, juga membawa kesempatan baru. Di Tokopedia yang memiliki 12 juta UMKM, terdapat kenaikan secara general 2,5 kali lipat untuk penjual UMKM perempuan," kata Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya, saat jumpa pers dengan media di Jakarta, Kamis 18 Agustus 2022.

5 Daerah dengan Transaksi Fesyen dan Kecantikan Tertinggi di Tokopedia, Bukan Kota Besar!
Media Gathering Bersama Tokopedia (Tokopedia)
2 dari 5 halaman

Hyperlocal Menciptakan Teknologi Geo-Tagging

Inisiatif Tokopedia dalam menjangkau UMKM di seluruh tanah air adalah memanfaatkan teknologi seluas mungkin. Salah satunya hyperlocal, yang menerapkan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli setempat.

“ Jadi, pelaku UMKM fesyen dan kecantikan dari Sabang sampai Merauke tidak perlu pindah ke kota besar untuk menjangkau pasar,” kata Category Development (Beauty and Personal Care) Senior Lead Tokopedia, Sherine Pranata. 

 tokopedia 13 tahun© Tokopedia

Dari hyperlocal tersebut, mereka melakukan beberapa kampanye. Termasuk untuk industri fesyen maupun kecantikan, seperti kampanye Cantik Fest, Women In Style, juga Tokopedia Beauty Awards.

3 dari 5 halaman

Wilayah dengan Transaksi dan Penjual Paling Tinggi dalam Fesyen

Tokopedia juga membagikan penemuan menarik lain pada kategori fesyen dan kecantikan sepanjang Agustus 2021 sampai Agustus 2022. Sepanjang periode tersebut, transaksi paling tinggi justru berasal dari daerah-daerah di luar kota-kota besar. Begitu pula untuk peningkatan jumlah penjual paling tinggi.

Untuk kategori fesyen, wilayah dengan peningkatan transaksi tertinggi adalah Kab. Biak Numfor, Humbang Hasundutan, Muaro Jambi, Waropen dan Sabu Raijua. Daerah ini mengalami peningkatan dengan rata-rata lebih dari 3 kali lipat.

Sementara itu wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi pada fesyen yakni Kab. Muaro Jambi, Halmahera Tengah, Tebo, Waropen dan Sabu Raijua.

4 dari 5 halaman

Wilayah dengan Transaksi dan Penjual Paling Tinggi dalam Kecantikan

Selanjutnya beralih ke kategori kecantikan. Wilayah yang menjadi peningkatan transaksi tertinggi jatuh pada Kab. Muaro Jambi, Tanah Datar, Solok, Agam dan Biak Numfor. Dengan rata-rata peningkatan bahkan 4 kali lipat. 

Sementara itu wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi pada kecantikan, tercatat ada dari Kab. Halmahera Tengah, Muaro Jambi, Solok, Tebo dan Tanah Datar.

Tokopedia pun mencatat Kab. Semarang dan Lampung Barat menjadi daerah dengan peningkatan jumlah perempuan pelaku UMKM paling tinggi. 

5 dari 5 halaman

Produk Fesyen dan Kecantikan Paling Laris di Tokopedia

Di sisi lain, Sherine mengungkap kehadiran Hyperlocal juga membuat fesyen dan kecantikan menjadi kategori paling laris di Tokopedia. Termasuk bagi konsumen perempuan, selama Agustus 2021 hingga Agustus 2022.

Selama setahunan itu, prdouk dari kategori fesyen yang paling laris adalah sandal wanita, pakaian dalam wanita, tas selempang, t-shirt, blouse dan daster, serta sneakers wanita.

Lalu produk yang paling populer dalam kategori kecantikan diantaranya pembersih, serum, krim, sunblock, hingga paket perawatan wajah.

Join Dream.co.id