11 Manfaat Bersedekah Menurut Hadis Nabi SAW, Harta Lebih Berkah dan Jadi Penolong di Hari Kiamat

Dinar | Jumat, 8 April 2022 06:12

Reporter : Arini Saadah

Berbeda dengan zakat, manfaat bersedekah tentu lebih banyak karena tidak terikat aturan dan waktu.

Dream - Sedekah merupakan amal kebaikan yang pengertiannya lebih luas dari zakat maupun infak. Sedekah bukan hanya berkaitan dengan materi, melainkan mencakup semua perbuata baik. Inilah mengapa manfaat bersedekah akan dirasakan oleh lebih banyak orang.

Bersedekah disebut sebagai tadisi amal lantaran praktiknya yang sudah banyak dilakukan dan bahkan ada yang terorganisir. Bersedekah menjadi sumber keharusan moral dalam setiap agama, termasuk dalam ajaran Islam.

Dalam Islam, manfaat bersedekah terbukti sebagai wujud iman dan kepatuhan hamba kepada Allah Swt. Sebab perilaku bersedekah mestinya tidak dilakukan dengan paksaan, melainkan dengan kerelaan hati seseorang.

Manfaat bersedekah juga menjadi panggilan hati untuk melakukannya dengan ikhlas demi membahagiakan orang lain. Berbeda dengan zakat, manfaat bersedekah tentu lebih banyak karena tidak terikat aturan dan waktu. Bersedekah bisa dilakukan dengan banyak cara seperti memberikan barang, harta, tenaga hingga sedekah senyuman dan nasehat yang baik kepada sesama.

Bersedekah bahkan bisa dilakukan mulai dari hal-hal sederhana. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadis Rasulullah Saw. Beliau bersabda: “ Kamu menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan itu adalah sedekah bagimu,” (HR Bukhari).

11 Manfaat Bersedekah Menurut Hadis Nabi SAW, Harta Lebih Berkah dan Jadi Penolong di Hari Kiamat
Ilustrasi Manfaat Bersedekah Bagi Umat Muslim Menurut Hadis Nabi Saw. (Foto: Pexels.com)
2 dari 7 halaman

Manfaat Bersedekah Bagi Muslim Menurut Hadis

1. Menghapus Dosa

Manfaat bersedekah dapat menghapuskan dosa-dosa yang telah diperbuat. Manfaat bersedekah ini bukan hanya omong kosong belaka, melainkan berdasarkan hadis Rasulullah SAW. Tentu saja dengan catatan harus diikuti dengan bertaubat kepada Allah atas segala khilaf yang telah dilakukan.

Beliau SAW bersabda, “ Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api,” (HR Tirmidzi yang dishahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi)

2. Mengurangi Kepedihan Sakaratul Maut

Manfaat bersedekah yang selanjutnya adalah bisa mengurangi kepedihan ketika sakaratul maut. Dengan harapan kita bisa dicabut nyawanya oleh Allah Swt dalam keadaan khusnul khatimah.

Rasulullah SAW mengajak kepada umatnya untuk memperbanyak sedekah. Syukur-syukur bisa menjadikan aktivitas sedekah sebagai rutinan.

Rasulullah Saw bersabda, “ Sedekah bisa meredakan kemarahan Allah dan menangkal (mengurangi) kepedihan sakaratul maut.” (Hadis ini tercatat dalam buku Fiqh Sunnah karangan Sayyid Sabiq)

3 dari 7 halaman

3. Membuka Pintu Rezeki

 Ilustrasi© Pexels.com

Manfaat bersedekah bagi umat Muslim yang selanjutnya adalah bisa membuka pintu rezeki dari arah mana saja. Semakin banyak bersedekah, maka semakin banyak pula rezeki yang akan diterima.

Bersedekah tidak akan mengurangi harta yang kita miliki, sebaliknya malah akan menjadi jalan masuknya rezeki dari Allah SWT.

Rasulullah Saw bersabda, “ Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah”. (HR Al-Baihaqi)

4. Melipatgandakan Rezeki

Tidak hanya membuka pintu rezeki, manfaat bersedekah juga akan melipatgandakan rezeki dari arah yang tak terduga. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam surah Al Baqarah ayat 261.

" Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui."

4 dari 7 halaman

5. Terhindar dari Siksa Api Neraka

Manfaat bersedekah bagi umat Muslim bisa menjauhkan dirinya dari siksa api neraka. Semakin banyak Sahabat Dream bersedekah, maka semakin jauh kamu terhindar dari pedihnya azab di neraka pada hari kiamat.

Rasulullah SAW pun sudah mengabarkan manfaat bersedekah yang satu ini melalui hadisnya:

“ Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma”. (Mutafaq’alaih)

6. Syafaat di Hari Kiamat

Pada hari kiamat setiap manusia sibuk dengan dirinya masing-masing. Tidak ada yang bisa melindunginya kecuali dirinya sendiri dan amal perbuatannya. Maka dari itu selama hidup di dunia, perbanyaklah amal kebaikan salah satunya dengan bersedekah.

Sebab manfaat bersedekah bisa menjadi pelindung dan syafaat pada hari kiamat.

Sebagaimana hadis Rasulullah Saw bersabda, “ Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya.” (HR Ahmad)

 

5 dari 7 halaman

Manfaat Bersedekah Selanjutnya...

 Ilustrasi© Freepik.com

7. Harta Jadi Lebih Berkah

Bersedekah tidak akan mengurangi harta. Sebaliknya, manfaat bersedekah bagi umat Mulim malah akan membuat harta menjadi lebih berkah.

Hal ini seperti sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim berikut ini:

“ Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya."

Dalam Syarh Shahih Muslim, Imam Nawawi menjelaskan manfaat bersedekah:

" Jumhur ulama menyebutkan yang dimaksud disini mencakup dua hal: Pertama, hartanya diberkahi dan dihindarkan dari bahaya. Maka pengurangan harta menjadi impas tertutupi oleh berkah. Hal ini dapat dirasakan salah satunya oleh indra dan kebiasaan. Kedua yaitu jika secara dzatnya harta tersebut berkurang, maka pengurangan tersebut impas tertutupi pahala yang didapat, dan pahala ini dilipatgandakan sampai berlipat-lipat banyaknya."

8. Bukti Keimanan kepada Allah

Manfaat bersedekah tak hanya dirasakan oleh penerima, namun juga dirasakan manfaatnya oleh orang yang bersedekah. Sedekah disebut sebagai amalan yang menunjukkan betapa bersyukurnya seseorang atas nikmat yang Tuhan berikan. Hal ini tentu menjadikan sedekah sebagai bukti keimanan seseorang.

Rasulullah SAW bersabda, “ Sedekah adalah bukti.” (HR Muslim)

imam An-yang Nawawi menjelaskan hadis tersebut, bahwa yang dimaksud bukti adalah bukti kebenaran imannya.

“ (Yaitu) bukti kebenaran imannya. Oleh karena itu sedekah dinamakan demikian karena merupakan bukti dari Shidqu Imanihi (kebenaran imannya)."

6 dari 7 halaman

9. Amalan yang Tak Terputus

Sedekah termasuk ke dalam amalan yang tak terputus meskipun seseorang sudah meninggal dunia. Sedekah yang dimaksud adalah sedekah jariyah. Seperti hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “ Apabila anak cucu Adam itu mati, maka terputuslah semua amalnya, kecuali tiga perkara yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang sholeh yang memohonkan ampunan untuknya (Ibu dan bapaknya)."

Inilah mengapa sedekah dengan ikhlas adalah amalan yang tak terputus dan bahkan menjadi syafaat pada hari kiamat. Selain itu manfaat bersedekah juga merupakan amalan yang dicintai oleh Allah SWT.

10. Memperpanjang Usia

Tak hanya penolong di hari akhir, manfaat bersedekah diyakini bisa memperpanjang usia seseorang. Sebab dengan memperbanyak sedekah, itu berarti kualitas hidup seseorang akan meningkat lantaran ketenangan hati dan kebahagiaan yang didapatkannya.

Seperti sabda Rasulullah SAW:

“ Sesungguhnya sedekah orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri.” (HR Thabrani)

7 dari 7 halaman

11. Terhindar dari Penyakit Hati

Bersedekah juga akan menjauhkan seseorang dari berbagai macam penyakit hati, seperti iri, dengki, permusuhan, dan lain sebagainya.

Nabi Saw bersabda kepada orang yang mengeluhkan kekerasaan hatinya: ”Jika kamu hendak melembutkan hatimu, maka berilah makan orang miskin dan usaplah kepala anak yatim." (HR Ahmad)

Selain itu, dalam kitab Fiqhu Sunnah disebutkan bahwa Nabi Saw menyebut sedekah dari seorang Muslim akan meningkatkan (hartanya) di masa kehidupannya, meringankan kepedihan saat mautnya dan Allah hilangkan perasaan sombong dan egois dari dirinya.

Join Dream.co.id