10 Miliarder Indonesia yang Masuk Terkaya Dunia, Ada Pemilik Alfamart sampai BCA

Dinar | Rabu, 7 April 2021 15:12
10 Miliarder Indonesia yang Masuk Terkaya Dunia, Ada Pemilik Alfamart sampai BCA

Reporter : Syahid Latif

Forbes kembali merilis daftar orang terkaya dunia yang menempatkan 18 pengusaha Indonesia di antara ribuan pebisnis dunia. Satu sosok pengusaha jadi perhatian karena masuk daftar ini.

Dream - Daftar orang terkaya di dunia tahun 2021 kembali dirilis media bisnis terkemuka Forbes. Di daftar The Richest in 2021, sosok Elon Musk menjadi sorotan karena mampu masuk sebagai orang terkaya kedua sejagat.

Posisi puncak daftar orang terkaya di dunia masih dipegang oleh Jeff Bezos yang sejak tiga tahun lalu, atau pada 2019, merebut mahkota ini dari Billa Gates.

Di antara para miliarder pemilik perusahaan multinasional dunia tersebut, Forbes juga mencatat terdapat 18 pengusaha Indonesia yang berhak masuk daftar The Richest in 2021.

Dua dari 18 hartawan dari Indonesia ini bahkan masuk dalam 100 besar dunia dengan kekayaan yang mencapai miliaran dollar rupiah.

Melihat daftar yang dibuat Forbes, tak aada wajah-wajah baru dari par miliarder Indonesia yang masuk list bergengsi ini.

Berikut adalah 10 miliarder Indonesia yang masuk daftar The Richest in 2021 versi Forbes:

 

2 dari 6 halaman

10. Djoko Susanto

 ALFAMART Tbk
© ALFAMART

Pendiri gerai minimarket Alfamrt ini didaulat sebagai salah satu orang terkaya dunia dengan menempati posisi ke 1833 dunia. Posisi Djoko Susanto merosot dari tahun sebelumnya yang berada di peringkat 1.730 dunia.

Kekayaan Djoko Susanto yang dilaporkan memiliki 16 ribu minimarket Alfamart ini mencapai US$1,7 miliar ataau naik US$110 juta. Dia juga mulai merambah bisnis properti lewat Alfaland dengan mengoperasikan Omega Hotel Managament

9. Mochtar Riady dan Keluarga

 Mochtar Riady: Teknologi Digital Bukan Hal Baru
© MEN

Sebagai pendiri Grup Lippo Mochtar Riady yang menyerahkan kendali bisnis pada putranya James dan Stephen Riady berada di posisi 1.833 dunia atau melorot dari peringkat sebelumnya 1.267.

Kekayaan keluarga Lippo ini ditaksir mencapai US$1,7 miliar yang bersumber dari berbagai bisnis.

 

3 dari 6 halaman

8. Theodore Rachmat

 Theodore Rachmat
© Forbes

Berusia 77 tahun, pria yang dikenal dengan nama Teddy ini mendirikan grup Triputra pada 1998. Usahanya bergerak di bidang agribisnis, manufaktur, dan pertambangan.

Dengan kekayaan ditaksir US$1,7 miliar, Teddy menduduki posisi 1.833 dunia bersama dengan Mochtar Riady dan Djokko Susanto. Di daftar Billionaire 2020, Thedore Rachmat masih menduduki posisi 1.730 orang terkaya dunia dan 50 miliarder terkaya Indonesia tahun 2020

7. Jerry Ng

Sosok bankir ini menyita perhatian dunia bisnis setelah sukses melahirkan Bank Jago. Lewat bank ini pula kekayaan Jerry Ng semakin melambung karena kepemilikan sahamnya.

Forbes memperkirakan kekayaan Jerry Ng mencapai US$2,5 miliar dan menempatkannya sebagai orang terkaya ke 1.249 dunia. Ini adalah kali pertama Jerry Ng masuk daftar bergengsi Forbes.

 

4 dari 6 halaman

6. Eddy Kusnadi Sariatmadjaa

Namanya tersohor sebagai salah satu pengusaha media ternama di dunia. Mendirikan Emtek tahun 1983, Eddy memperoleh hak eksklusif distributor komputer Compaq di seluruh Indonesia.

Menjadi pemegang saham mayoritas PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek), Eddy dilaporkan memiliki kekayaan US$3 miliar. Posisi yang cukup untuk membuatnya masuk di peringkat 1008 miliarder terkaya dunia. Posisinya naik melesat dibandingkan tahun 2019 yang berada di peringkat 1.717 dunia.

5. Tahir dan Keluarga

 Miliarder Indonesia Sumbang Palestina Rp20 Miliar
© MEN

Berbisnis di sektor perbankan, kesehatan, dan real estate, Tahir yang hanya memiliki satu nama tunggal itu menjadi orang terkaya ke 925 dunia. Lewat bendera Mayapada Group, Tahir dilaporkan memiliki kekayaan hingga US$3,3 miliar.

Akibat nilai kekayaan yang menuruna, pria berusia 69 tahun itu harus rela turun cukup dalam di daftar bergengsi tersebut kaarena ppernah berada di peringat 437 dunia Billionaires 2020.

 

5 dari 6 halaman

4. Chairul Tanjung

 Sosok Putra Chairul Tanjung Jarang Tersorot, Tampan dan Punya Jiwa Sosial Tinggi
© MEN

Terkenal dengan sapaan CT, pengusaha yang pernah menjadi pejabat negara ini menduduko peringkat 589 dalam daftar Billionaires 2021. Kekayaan CT berasal dari bisnis perbankan, supermarket, serta stasiun televisi dan media.

Chairul Tanjung yang naik tingkat dari posisi 648 dunia di daftar Billionaires 2020 ini memiliki kekayaan hingga US$4,8 miliar.

3. Prajogo Pangestu

Pernah tersohor di industri kayu, Prajogo Pangestu sukses membangun bisnis petrokimia yang membuat bisnisnya kembali melambung. Pria berusia 76 tahun ini dilaporkan mengalami kenaikan kekayaan menjadi US$6,5 miliar.

Dengan harta triliun rupiah tersebut, Prajogi Pengestu berhak menjadi orang terkaya dunia ke 404. Posisinya naik dri tahun sebelumnya yang berada di peringkat 538 dunia.

 

6 dari 6 halaman

2. Michael Bambang Hartono

 Miliarder Indonesia Turut Berlaga di Asian Games 2018
© MEN

Sempat membuat kaget saat ikut sebagai talet bridge Indonesia di Asian Games lalu, Michael Hartono sudah menjadi langganan daftar orang terkaya Forbes baik di tingkat dunia maupun skala nasional.

Lewat bisnis perbankan dan rokok, Bambang Hartono dilaporkan memiliki kekayaan hingga mencapai US$19,7 miliar. Meski hartanya semaki bertambah, posisi pria berusia 81 tahun di jajaran orang terkaya dunia ini harus rela turun.

Di daftar Billionaires 2020, Michael Hartono tercatat berada di peringkat 86 orang terkaya dunia.

1. R Budi Hartono

Seperti sudah bisa ditebak, posisi orang terkaya Indonesia di posisi teratas daftar Billionaires 2021 dihuni oleh saudara Michael `Bambang` Hartono ini.

Mencatat kekayaan yang terpisah dari saudaranya, Budi Hartono merupakan orang terkaya ke-86 dunia. Bersama saudaranya, Budi Hartono merupakan miliarder Indonesia yang bisa menembus jajaran 100 orang terkaya sejagat.

Dilaporkan naik, kekayaan Budi Hartono dilaporkan Forbes mencapai US$20,5 miliar.

Join Dream.co.id