10 Pekerjaan Ini Berbahaya bagi Paru-paru, Apa Saja?

Dinar | Kamis, 13 Juni 2019 08:35
10 Pekerjaan Ini Berbahaya bagi Paru-paru, Apa Saja?

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Apa jadinya kalau pekerjaan kita justru membuat paru-paru kita bermasalah? Memilih bidang pekerjaan yang tepat bisa menjadi solusi untuk mengurangi resiko penyakit paru-paru.

Dream - Badan yang sehat memang mahal harganya. Untuk menjaga kesehatan tubuh, banyak cara dilakukan oleh para pekerja. Seperti mengonsumsi vitamin, rutin konsultasi pada dokter, hingga jaminan kesehatan.

Namun, risiko yang disebabkan faktor pekerjaan mungkin tidak dapat dihindari. Akan tetapi, para pelaku industri sudah menerapkan regulasi yang sesuai untuk mengurangi risiko itu.

Dilansir dari Bold Sky, sebuah penelitian menunjukkan peningkatan angka penyakit yang disebabkan oleh pekerjaan.

Sekitar 17% penyebab penyakit paru-paru ialah pengaruh pekerjaan, dan juga didukung buruknya kondisi pernapasan yang sudah tidak sehat.

Penyakit paru-paru bisa disebabkan oleh banyak hal, paparan polusi seperti polusi akibat pencemaran bahan kimia, rokok dan tembakau, asbes, dan juga bisa karena kuman.

Berikut ini beberapa bidang pekerjaan yang berbahaya bagi paru-paru:

2 dari 5 halaman

Kontruksi dan Pabrik


Bekerja di bidang kontruksi bisa meningkatkan resiko terserang penyakit paru-paru. Para pekerja konstruksi terpaksa harus terpapar serbuk asbes dan benda mikroskopis lain yang berbahaya dan dapat meningkatkan resiko kanker paru-paru.

 Pekerjaan yang Berbahaya bagi Paru-paru


Selain bidang konstruksi, menjadi pekerja di pabrik juga sama berbahayanya. Para pekerja pabrik beresiko terserang penyakit asma atau bahkan kondisi lain yang lebih buruk dari asma.

Keharusan untuk selalu berada di dekat mesin baja, silica, atau pasir halus, membuat resiko terkena penyakit paru-paru menjadi lebih tinggi, terutama kanker paru-paru.

 Pekerjaan yang Berbahaya bagi Paru-paru

3 dari 5 halaman

Perkebunan dan Pertambangan


Bidang pekerjaan yang satu ini banyak menjadi profesi masyarakat di sekitar kita. Bidang pertanian dan perkebunan dikenal dekat dengan alam dan tentu saja membuat lingkungan menjadi lebih hijau dan asri.

Namun, apabila bidang ini sudah dikaitkan dengan industri, maka mau tidak mau para petani dan tukang kebun harus berurusan dengan bahan kimia dan mesin.

 Pekerjaan yang Berbahaya bagi Paru-paru


Terus-terusan terpapar debu gandum dan bahan-bahan kimia untuk pupuk, bisa menyebabkan hypersensitivity pneumonitis (HP) yang menimbulkan kantung udara dalam paru-paru menjadi teransang.

 Pekerjaan yang Berbahaya bagi Paru-paru


Selain bidang perkebunan, para pekerja tambang juga memiliki resiko terjangkit penyakit paru-paru seperti bronchitis dan pneumoconiosis, terutama para penambang batu bara.

Kondisi lingkungan kerja yang berdebu dan kotor, dapat membuat paru-paru bekerja ekstra, bahkan hingga sesak napas. Apabila hal tersebut berlangsung dalam waktu yang lama, dapat menyebabkan kematian.

4 dari 5 halaman

Bidang Jasa dan Pelayanan

Kebersihan dan Kesehatan


Bidang-bidang pekerjaan sebelumnya, erat dengan lingkungan kerja yang kotor dan berdebu. Namun, bidang pekerjaan yang berkaitan dengan kebersihan dan kesehatan tidak menutup kemungkinan untuk meningkatkan resiko terkena penyakit paru-paru.

 Pekerjaan yang Berbahaya bagi Paru-paru


Seperti halnya dokter, perawat, apoteker, dan pekerjaan yang berkaitan dengan kesehatan lainnya juga punya resiko terkena penyakit paru-paru. Salah satu penyebabnya adalah pemakaian sapu tangan latex secara terus menerus, dan dapat menimbulkan resiko asma, tuberkolusis hingga influenza.


Selain bidang kesehatan, para pekerja kebersihan juga harus menanggung resiko dari pekerjaan mulia mereka. Para pekerja kebersihan harus berurusan dengan bahan kimia berbahaya yang dapat mengakibatkan asma. Selain itu, bahan kimia yang terkandung dalam cairan pembersih juga dapat mengakibatkan alergi.

 

Restoran: Bartender dan Pelayan


Sebagian restoran ada yang memiliki ruang merokok, atau bahkan ada restoran yang membebaskan pelanggannya untuk merekok di mana saja. Hal ini tentu tidak sehat bagi para pekerja restoran terutama pelayan yang harus menghadapi pelanggan secara langsung.

 Pekerjaan yang Berbahaya bagi Paru-paru


Seperti yang kita tahu, perokok pasif justru berpotensi lebih tinggi untuk terserang penyakit jantung. Parahnya, hal tersebut juga dapat meningkatkan resiko kanker paru-paru.

5 dari 5 halaman

Salon dan Pemadan Kebakaran

Hair Stylist dan Body Spray Painting


Bekerja di industry seni memang harus berani menanggung resiko dari bahan-bahan kimia yang digunakan ketika bekerja. Seperti halnya penata rambut yang harus berurusan dengan hairspray, cat rambut, dan bahan kimia lain. Dan, juga seniman body spray painting, yang harus menggunakan bahan kimia seperti isocyanates.

 Pekerjaan yang Berbahaya bagi Paru-paru


Bahan-bahan yang digunakan oleh para pekerja salon dan seni ini mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan sesak napas dan masalah pernapasan lainnya, hingga resiko terburuknya kanker paru-paru.


Pemadam Kebakaran


Untuk pekerjaan yang satu ini tentu tidak perlu ditanyakan lagi. Selain memiliki resiko kesehatan, pemadam kebakaran harus mempertaruhkan nyawa mereka melawan api. Karena harus melawan api dan asap tebal yang disebabkan oleh pembakaran, membuat para pemadam kebaran ini memiliki resiko terkena penyaki paru-paru hingga kanker paru-paru.

 Pekerjaan yang Berbahaya bagi Paru-paru


Berbagai asap hasil pembakaran, seperti pembakaran plastik dan bahan-bahan kimia lain, tentu tidak baik bagi kesehatan paru-paru. Oleh karena itu, para pemadam kebaran dilengkapi dengan Self-Contained Breathing Apparatus (SCBA) yang mampu mengurangi resiko dari menghirup asap berbahaya tersebut.

(ism, Sumber: Bold Sky)

Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya
Join Dream.co.id