Wow, 300 Juta Porsi Ayam Geprek Terjual Sepanjang 2019

Culinary | Rabu, 12 Februari 2020 10:03
Wow, 300 Juta Porsi Ayam Geprek Terjual Sepanjang 2019

Reporter : Mutia Nugraheni

Mungkin kamu termasuk orang yang rutin memesannya.

Dream - Hampir seluruh kegiatan sehari-hari dapat diakses secara online. Mulai belanja keperluan sehari-hari, ojek, taksi sampai pesan-antar makanan.

Sahabat Dream mungkin juga termasuk yang rutin memesan makanan secara online, karena lebih cepat dan praktis.

Gofood Indonesia, aplikasi layanan pesan-antar makanan dengan pengguna mencapai 20 juta orang di seluruh Indonesia, baru saja meluncurkan program #LebiHepi di The Tribrata Dharmawangsa, Jakarta Selatan pada Selasa, 11 Februari 2019. Dalam acara ini terungkap kalau sepanjang 2019 terjual 15 juta gelas kopi.

" Di tahun 2019, menu ayam geprek, es kopi susu, dan pisang goreng menjadi kuliner yang paling sering dipesan oleh konsumen," ujar Catherine Hindra Sutjahyo selaku Chief Food Officer Gojek Group.

 

2 dari 5 halaman

Pisang Goreng dan Es Kopi

Ia menambahkan, sebanyak 300 juta porsi ayam geprek telah laris terjual. Jumlahnya hampir setara dengan jarak pulang pergi pulau Jawa - Kalimantan.

" Es kopi terjual sebanyak 15 juta gelas," ujar Chaterine.

 Es Kopi© Pixabay

Menu tersebut sampai saat ini masih hits untuk menemani sore santai kamu sampai momen lembur di kantor. Catherine menambahkan hal tersebut setara dengan 2,5 kali kolam renang standar olimpiade.

" Sebanyak 5 juta pisang goreng dipesan sepanjang tahun 2019," tambah Catherine.

Ia menjabarkan, jumlah tersebut setara dengan 116 kali tinggi Gunung Rinjani. Salah satu cemilan khas Indonesia ini menjadi cemilan gorengan yang paling banyak dipesan sepanjang 2019.

Laporan  Raissa Anjanique  

3 dari 5 halaman

Ayam Goreng Kriuk Tanpa Tepung, Cari Tahu Trik Memasaknya

Dream - Ayam goreng termasuk hidangan yang paling 'aman'. Disukai oleh orang dewasa dan anak-anak dan mudah dipadukan dengan sajian lain seperti sayur dan tumisan atau sambal.

Tak heran kalau menu selalu ada saat ada jamuan makan. Apalagi jika yang disajikan menu ayam goreng garing tanpa tepung. Ingin membuatnya sendiri di rumah?

 Ayam Goreng Kriuk Tanpa Tepung, Cari Tahu Trik Memasaknya© Dream

Ayam goreng kriuk tanpa tepung tentunya lebih nikmat karena berbumbu lebih meresap. Kandungan karbohidratnya juga lebih sedikit. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk membuat ayam goreng kulit kriuk ini.

Berikut tiga tips dasar yang bisa diikuti untuk membuat ayam goreng kulit kriuk yang enak. Langsung saja simak yuk, Sahabat Dream.

 

4 dari 5 halaman

1. Bersihkan ayam hingga amisnya hilang

 Usahakan Tidak Mencuci Daging Ayam Saat Masih Mentah© MEN

Kita bisa menggunakan ayam kampung, bisa juga ayam broiler. Dalam proses pembersihannya, pastikan darahnya benar-benar hilang karena berpengaruh terhadap rasa. Selain memastikan tidak berbau amis, daging ayam yang digunakan juga harus bersih dari sisa darah.

 

5 dari 5 halaman

2. Taburi garam dan diamkan

Tempatkan daging ayam di wadah atau piring. Taburi dengan sekitar 4 sdt garam sampai rata. Setelah itu, masukkan daging ayam ke dalam kulkas selama sekitar 10 menit.

3. Ayam diungkep dengan bumbu banyak

Buatlah bumbu ungkepan sesuai dengan porsi ayam yang akan dimasak. Misalnya, untuk memasak satu ekor ayam, kita perlu memakai bumbu ungkep yang terdiri dari 6 siung bawang putih, 3 sdt ketumbar, 3 ruas jahe, 3 lembar daun salam, 5 lembar daun jeruk, 3 batang serai, dan kunyit.

 Ayam ungkep© Shutterstock

Tambahkan garam dan gula sesuai selera. Bumbu bawang putih, ketumbar, dan jahe perlu dihaluskan terlebih dahulu atau sebagian diparut. Kemudian masukkan semua bahan bumbu ke dalam panci, lalu masukkan daging ayam, tambahkan air secukupnya.

Rebus dengan api sedang sampai daging empuk dengan sesekali diaduk. Setelah bumbu mengental, ayam bisa digoreng dengan api sedang. 

Laporan Endah Wijayanti/ Sumber: Fimela.com

Terkait
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya
Join Dream.co.id